Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

9 Jurus Sakti Menghafal Alquran

Pesantren terbaik di Bogor dan juga kota santri lainnya menjadikan salah satu keunggulan pesantrennya dengan lulusan yang memiliki banyak hafalan Alquran. Hal ini tentu saja menjadikan pesantren terbaik di Bogor selalu berinovasi dalam mencari kiat termudah dalam menghafal Alquran.

Dari beragam trik menghafal Alquran yang ada di pesantren terbaik di Kota Bogor diantaranya adalah sebagai berikut; Pertama, Tikrar al Āyah (membaca dan menghafal ayat demi ayat secara berulang-ulang). Semua pesantren terbaik pasti mendahulukan cara ampuh ini dibandingkan cara yang lain. Dalam metode ini santri membaca satu ayat yang akan dihafal secara berulang-ulang, ada yang pengulangannya 20 kali, 30 kali, dan bahkan lebih sesuai dengan tingkat kecerdasan santri. Jika ayat tersebut telah dihafal maka berlanjut ke ayat setelahnya dengan pengulangan yang sama kemudian 2 ayat yang dihafal pun diulang lagi 20-30 kali baru setelah itu ke ayat ketiga dan begitu seterusnya.

Jika 1 kaca atau satu halaman telah dihafal, maka diulang lagi 20-30 kali. Baru kemudian kehalaman berikutnya. Saat di halaman berikutnya juga sama mengulang ayat dan jika selesai 1 halaman maka digabungkan hafalam halaman sebelumnya dan hafalan di halaman yang baru. Jadi dalam sehari setidaknya ada 2 halaman yang dihafal dan diulang terus sampai hafalan kuat.

Kedua, pesantren terbaik di Kota Bogor memberikan jadwal khusus untuk menghafal. Karena waktu terbaik untuk menghafal sangatlah penting. Al Hafiz Khatib Al Baghdadi Rahimahullah mengatakan, “Waktu terbaik untuk menghafal adalah di waktu sahur, di waktu pagi, dan di waktu tengah hari. Selain itu, waktu menghafal di malam hari lebih baik daripada di waktu siang dan menghafal dalam keadaan lapar (tidak sangat lapar) lebih baik daripada menghafal dalam keadaan perut kenyang. (Tazkirah al Sami’ wa al Mutakallim fi Adab al ‘Alim wa al Muta’allim, 2018).

Ketiga, Pesantren terbaik di Kota Bogor juga menentukan tempat terbaik untuk menghafal seperti di masjid dan kelas pesantren. Hal ini tidak lain agar santri fokus dalam menghafal tidak terganggu baik itu oleh pemandangan, aktivitas orang dan hal lainnya.

Keempat, hal terpenting dalam menghafal Alquran adalah meluruskan niat karena Allah semata, setelah itu kuatkan tekad jangan lelah lalu menyerah dan jangan jenuh sehingga sindrom malas kambuh.

Kelima, menjaga diri dari perbuatan dosa baik kecil ataupun dosa besar terkhusus menjaga mata dari hal yang diharamkan.

Keenam, Gunakan sebuah mushaf khusus. Jangan gonta-ganti mushaf.

Ketujuh, Ista’in Billah wala Ta’jiz (memohon pertolongan Allah dan jangan tergesa-gesa). Menghafal Alquran harus sabar, tenang dan jangan terburu-buru pada target. Sampai target namun hafalan lemah karena tergesa-gesa dalam menghafal akan menjadikan hafalan mudah hilang.

Kedelapan, talaqi ke teman atau ustaz. Setorkan hafalan ke ustaz atau teman yang mau diajak mendengarkan hafalanmu. Ini akan membantu menguatkan hafalanmu dan mengetahui di huruf mana yang suka terluput.

Kesembilan, Berdoa. Mintalah kepada Allah dan merengeklah kepadaNya agar memudahkan dalam menghafalkan Alquran dan menguatkan hafalan Alquran.

TAGS
#Cara Menghafal Quran #Kiat Menghafal #Metode Tahfiz #Pesantren Terbaik di Bogor
Login