Inspiring Articles
BQ Islamic Boarding School

Rahasia Menjadi Guru yang Dikagumi dan Inspiratif

Prestasi-Siswa-Bina-Qurani-islamic-school

Penerimaan Peserta Didik Baru 2025-2026

BQ Islamic Boarding School Kota Bogor

Menjadi guru yang dikagumi dan inspiratif bukanlah hal yang mudah, namun bukan berarti mustahil untuk didapatkan. Terdapat rahasia yang dapat dipelajari dan diterapkan untuk memikat hati dan membangun hubungan positif dengan siswa agar menumbuhkan semangat belajar siswa.

Guru Inspiratif

Sejatinya menjadi guru atau pendidik dan pengajar yang dikagumi dan inspiratif. Hal itu merupakan dampak dari setiap rekaman perilaku yang kita tampilkan kepada para siswa dari beberapa sisi. Yaitu, dari sisi rukhiyah karena memang perilaku itu muncul dari dalam. oleh karena itu, sisi rukhiyah harus diperbaiki. Kemudian dari sisi amaliah ataupun dari sisi pemikiran dan kesiapan ruh ibadah pun harus diperbaiki.

Menjadi seorang guru atau pengajar yang dikagumi dan inspiratif hendaknya memiliki pemikiran yang besar. Kesiapan secara fisik dan kesiapan secara emosi. Ketika sudah menguasai itu semua, menjadi seorang guru yang tenang dan ramah menjadi contoh konkrit dari kurikulum. Sehingga secara otomatis siswa akan menyukai mengapa yang disampaikan juga dilakukan dan dimiliki oleh seorang guru atau pengajar. Ketika siswa sudah terbuka dan menyukai semua itu, maka akan lebih mudah proses pendidikan berikutnya.

Menjadi seorang guru yang dikagumi dan inspiratif akan berdampak pada proses pembelajaran yang lebih mudah.Nnamun, jika guru tersebut belum dikagumi bisa saja berjalan dengan baik akan tetapi lebih sulit. Cara untuk mempermudah agar dapat dikagumi dan inspiratif bagi siswa, sebagaimana Rasulullah  SAW mudah diterima musuhnya dan diterima oleh kaum muslimin karena sejak awal Rasulullah SAW sudah membuat integritas dan dikagumi oleh masyarakat arab pada waktu itu. Masyarakat dan orang-orang kafir Quraisy pada waktu itu mulai mengagumi sifat Rasulullah SAW mulai dari sifat Al-amin dapat dipercaya dan yang lainnya. Sehinnga dari sifat itu nantinya akan menghasilkan value yang kemudian dianggap layak untuk dijadikan sebagai seorang guru.

Sebagai seorang guru penggerak dan pendidik di SMP BQ Islamic Boarding School, guru yang dikagumi bukan hanya dilakukan di dalam ruang kelas saja tetapi sampai di luar kelas. Karena yang di ajarkan bukan hanya ilmu saja tetapi juga diajarkan tentang kehidupan. Kehidupan yang di dalamnya terdapat interaksi antar sesama yang terjadi di luar kelas setiap waktu semenjak santri kenal dan berinteraksi dengan kita sudah merasakan rasa kagum terhadap diri kita.

Guru Inspiratif Menurut Pendapat Ulama

Menjadi guru yang dikagumi dan inspiratif menurut pendapat ulama terbagi menjadi tiga. Diantaranya adalah:

  1. Dikagumi karena Ilmunya
  2. Dikagumi karena Akhlaknya
  3. Dikagumi karena Hartanya

Dari pendapat ulama di atas untuk menjadi seorang guru yang dikagumi dan inspiratif setidaknya memiliki dua dari ketiga aspek di atas, dikagumi karena ilmunya dan dikagumi karena akhlaknya. Sehinnga dari aspek ilmu dan akhlak itulah yang menjadi sebab siswa dapat kagum terhadap seorang guru. Seorang guru memiliki tuntutan untuk belajar dan mengajar baik di dalam maupun di luar kelas.

Namun sebagai satuan pendidikan berbasis pesantren boarding school yang di dalamnya terdapat berbagai bidang dan elemen masing-masing, semua orang dewasa atau yang tinggal berada di lingkungan pesantren itu pun harus menjadi guru untuk para santri sesuai dengan posisinya masing-masing. Petugas security bisa menjadi guru bagaimana cara bertanggung, bagaimana orang ketika interaksi dan tebar senyum sapa dan salam. Bagian BQ Mart & Resto dapat menyiapkan dan menyediakan makanan bagi santri dan tamu pengunjung. Dan seluruh bagian dari satuan pendidikan harus menjadi guru dari seluruh lini baik depan sampai ke belakang.

Untuk menjadi guru yang dikagumi dan inspiratif bukan perkara yang mudah, dimulai dengan menyelesaikan permasalahan dari dalam diri kita seperti ruh atau jiwa. Memperbaiki ruh yang keluar dari dalam diri kita sebagaimana hubungan kita kepada Allah dan tidak bermaksiat kepada Allah SWT. Seorang guru dituntut untuk selalu mengupgrade diri sebagai contoh konkret dari kurikulum yang kita ajarkan kepada para siswa. Kemudian dari sisi penampilan juga harus diperhatikan untuk membangun kesan siswa yang kagum kepada seorang guru.

Di balik kesuksesan guru-guru yang mampu memikat hati dan menumbuhkan semangat belajar siswa, terdapat rahasia yang dapat dipelajari dan diterapkan. Rahasia itu bukan berupa hadiah atau pemberian, materi pelajaran ataupun ketampanan. Namun untuk menjadi guru yang dikagumi dan inspiratif setidaknya harus memiliki dua aspek. Guru yang dikagumi karena ilmunya dan dikagumi karena akhlaknya.

Simak artikel khazanah lainnya di sini

Mamduh-Hafidz-Quran-Bina-Qurani-Islamic-Boarding-School
Nilai Pendidikan Nabi Muhammad SAW yang Masih Relevan di Era Modern

Kurikulum Inti BQ Islamic Boarding School

BQ Islamic Boarding School mengintegrasikan antara kurikulum Dinas Pendidikan & Kurikulum Inti Bina Qurani. Yaitu Tahfidz ...

Belajar Berkualitas dengan Fasilitas Berkelas

BQ Islamic Boarding School mengintegrasikan antara kurikulum Dinas Pendidikan & Kurikulum Inti Bina Qurani. Yaitu Tahfidz ...

Info Pendaftaran

Download Profil

© 2024 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved

Follow us :