Untuk mengenal lebih dekat tentang sosok para al-Khulafā’ al-Rāshidūn, maka penulis akan menjelaskan biografi singkat masing-masing al-Khulafā’ al-Rāshidūn. Pembahasan setiap biografi meliputi nama beserta nasab lengkapnya, anak-anak dan istrinya, keislamannya, keutamaan-keutamaannya, pengangkatannya sebagai khalifah, dan wafatnya. Adapun kebijakan-kebijakan yang ditetapkan al-Khulafā’ al-Rāshidūn dibahas pada sub bab khusus tentang kebijakan-kebijakan al-Khulafā’ al-Rāshidūn dalam mengelola keuangan negara.
Khalifah pertama dari kalangan al-Khulafā’ al-Rāshidūn adalah ’Abū Bakr al-Ṣiddīq r.a.. Menurut ’Abū Ja’far Muhammad ibn Jarīr al-Ṭabarī bahwa nama asli ’Abū Bakr al-Ṣiddīq adalah ‘Abd Allāh. Adapun nama bapaknya ’Abū Bakr al-Ṣiddīq r.a. adalah ‘Uthmān dan kunyah-nya adalah ’Abū Quḥāfah.[1] Karenanya, nama lengkap beliau berserta nasabnya adalah ’Abū Quḥāfah ‘Abd Allāh ibn ‘Uthmān ibn ‘Āmir ibn ‘Amr ibn Ka’ab ibn Sa’ad ibn Tāim ibn Murrah ibn Ka’ab ibn Lu’ay ibn Ghālib ibn Fihr. Silsilah yang bertama Tāim tersebut merupakan satu di antara dua belas cabang suku Quraish. Sedangkan nama Fihr dalam nasab tersebut adalah Quraish itu sendiri. Nasabnya bertemu dengan nasab Nabi S.A.W. pada kakek moyangnya yang bernama Murrah. Ibunda ’Abū Bakr al-Ṣiddīq adalah Salma binti Shakhr ibn Amir ibn Ka’ab. Ibunya dijuluki dengan ’Ummu al-Khair dan beliau adalah anak dari paman ayahnya. ’Abū Bakr al-Ṣiddīq memiliki beberapa isteri, yaitu; pertama, Qutailah binti ‘Abd al-‘Uzzā yang lahir darinya ‘Abd Allāh dan ’Asmā’, kedua, ’Ummu Rummān al-Kinaniyah yang lahir darinya ‘Āishah dan ‘Abd al-Raḥmān, ketiga, ‘Asmā’ binti Umais al-Khats’maiyyah yang lahir darinya Muhammad, keempat, Ḥabībah binti Kharījah yang lahir darinya ’Ummu Kulthūm. ’Abū Bakr al-Ṣiddīq r.a. lahir dua tahun dua bulan setelah kelahiran Rasulullah S.A.W. dan meninggal ketika beliau berusia 63 tahun sebagaimana usia wafatnya Rasulullah S.A.W.. ’Abū Bakr r.a. tumbuh besar di Mekah dan tidaklah keluar dari Mekah melainkan untuk urusan bisnis.[2]
Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: ’Abū Bakr al Ṣiddīq, Source: Photo by Yasir Pexels
’Abū Bakr al-Ṣiddīq r.a. termasuk di antara orang-orang yang pertama kali memeluk agama Islam. Selain beliau yang masuk Islam pertama kali adalah Khadījah r.a., Zaid ibn Tsābit beserta isterinya r.a., ‘Alī ibn ’Abī Ṭālib r.a., dan Waraqah r.a.. ’Abū Bakr al-Ṣiddīq r.a. mengajak sahabat-sahabatnya untuk memeluk Islam setelah beliau beragama Islam. Melalui perantara beliau lima di antara sepuluh orang yang dijamin masuk Surga memeluk agama Islam di awal dakwah Nabi. Mereka adalah ‘Uthmān, Zubair, Ṭalḥah, ‘Abd al-Raḥmān, dan Sa’ad ibn Abī Waqqās.[3]
’Abū Bakr al-Ṣiddīq r.a. memiliki keutamaan yang sangat istimewa. Beliau adalah sahabat dekat Nabi S.A.W. dari sejak sebelum menjadi seorang rasul. Beliau senantiasa menemani Rasulullah S.A.W. dalam kondisi apapun kecuali hanya saat tidur. Seluruh harta, jiwa, dan raganya dikorbankan untuk membela dakwah Islam yang dibawa oleh Rasulullah S.A.W.. Beliau adalah manusia yang paling memahami Alquran dan sunah dibanding para sahabat nabi yang lainnya. Bahkan disepakati bahwa beliau adalah manusia terbaik setelah Rasulullah S.A.W. dan para nabi.[4]
==========
[1] ’Abū Ja’far Muhammad ibn Jarīr al-Ṭabarī, Tārīkh al-Ṭabarī: Ṭārīkh al-’Umam Wa al-Mulūk, (Beirūt: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2005), 2, 350.
[2] ‘Abd al-Raḥmān ibn ’Abī Bakr al-Suyūtī, Tārīkh al-Khulafā’, (Beirūt: Dār al-Minhāj, 2013), 99-110. ‘Aḥmad Ma’mūr al-‘Usairī, Mūjaz al-Tārīkh al-Islāmī Mundhu Ᾱdam ‘Alaihi al-Salām Ilā ‘Asrina al-Hādir 1417, (Damām: Dār al-Imām Mālik, 1996), 98. ‘Uthmān ibn Muhammad al-Khamīs, Ḥuqbah Min al-Tārīkh, (Iskandariyah: Dār al-Imān, 1999), 51-53. ’Abū Ja’far Muhammad ibn Jarīr al-Ṭabarī, Tārīkh al-Ṭabarī: Ṭārīkh al-’Umam Wa al-Mulūk, (Beirūt: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2005), 2, 350-351.
[3] ‘Abd al-Raḥmān ibn ’Abī Bakr al-Suyūtī, Tārīkh al-Khulafā’, (Beirūt: Dār al-Minhāj, 2013), 110-136, Ibrahim al-Quraibi, Tarik Khulafa; Sejarah Lengkap Kehidupan Empat Khalifah Setelah Wafatnya Rasulullah S.A.W., (Jakarta: Qistri Press, 2012), 112-117, dan ‘Aḥmad Ma’mūr al-‘Usairī, Mūjaz al-Tārīkh al-Islāmy Mundhu Ᾱdam ‘Alaihi al-Salām Ilā ‘Asrina al-Hādir 1417, (Damām: Dār al-Imām Mālik, 1996), 98-99.
[4] Ibrahim al-Quraibi, Tarikh Khulafa; Sejarah Lengkap Kehidupan Empat Khalifah Setelah Wafatnya Rasulullah S.A.W., (Jakarta: Qistri Press, 2012), 112-117. Hāfiẓ ibn ‘Aḥmad al-Ḥakamī, Ma’ārij al-Qabūl, Taḥqīq Muhammad Subḥī ibn Ḥasan Hallāq, (Damām: Dār Ibn al-Jauzi, 1427H), 3, 1311-1313. ‘Abd al-Raḥmān ibn ’Abī Bakr al-Suyūtī, Tārīkh al-Khulafā’, (Beirūt: Dār al-Minhāj, 2013), 99-104.
Dikutip dari: Dr. Ghifar, Lc., M.E.I., Konsep dan Implementasi Keuangan Negara pada Masa Al-Khulafa Al-Rashidun, (Cirebon: Nusa Literasi Inspirasi, 2020), 89-91.
Thumbnail Source: Photo by Shahram Pexels
Artikel Terkait:
Keutamaan dan Keistimewaan Al-Khulafā’ Al-Rāshidūn