Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Adab Bergaul Siswa Islamic Boarding School

Melihat pergaulan anak muda zaman sekarang memang sangat mengerikan. Tidak hanya di dunia nyata saja bahkan di dunia maya pun penyimpangan pergaulan remaja banyak terjadi. Hal inilah yang membuat banyak orang tua melakukan penyelamatan pergaulan anaknya dengan menyekolahkan sang buah hati ke islamic boarding school. Padahal sebenarnya dimanapun berada bahkan di dalam islamic boarding school sekalipun tidak menutup kemungkinan penyimpangan pergaulan pun bisa terjadi. Hanya saja sebesar apapun kesalahan pergaulan dalam islamic boarding school sangat mudah diminimalisir dan dikontrol penanganannya berbeda dengan pergaulan di luar yang masive dan sulit terkontrol penanganannya.

Untuk itu baik siswa islamic boarding school atau siswa-siswi secara umum hendaknya memperhatikan betul adab bergaul yang telah diajarkan oleh Islam. Agar tidak salah dalam pergaulan lalu menyesal kemudian. Imam Ibnu Baththal Rahimahullah mengingatkan hadis masyhur tentang pergaualan dari Abu Musa berkata Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasalam bersabda:

مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالْجَلِيسِ السَّوْءِ كَمَثَلِ صَاحِبِ الْمِسْكِ وَكِيرِ الْحَدَّادِ لاَ يَعْدَمُكَ مِنْ صَاحِبِ الْمِسْكِ إِمَّا تَشْتَرِيهِ أَوْ تَجِدُ رِيحَهُ وَكِيرُ الْحَدَّادِ يُحْرِقُ بَدَنَكَ أَوْ ثَوْبَكَ أَوْ تَجِدُ مِنْهُ رِيحًا خَبِيثَةً

Perumpamaan teman yang baik dan teman yang buruk adalah bagaikan berteman dengan pemilik minyak kesturi yang wangi dan tukang besi. Pemilik minyak wangi akan memberi minyak wanginya atau engkau membelinya atau engkau bisa merasakan wanginya. Adapun pandai besi bisa saja membakar badanmu atau pakaianmu atau paling tidak engkau akan mendapati bau tidak sedap darinya. (Syarah Sahih Al Bukhari Li Ibni Baththal, 2003).

Di lingkungan islamic boarding school banyak teman baik, tapi pilihlah yang terbaik untuk kita jadikan teman dekat. Hal itu bisa dinilai dari bagaimana semangatnya ketika beribadah seperti selalu di saf pertama, rajin puasa dan salat sunah dan ibadah lainnya. Juga yang bagus kesungguhan belajarnya seperti disiplin waktu ketika belajar, rajin membaca dan tidak pernah lupa mengerjakan tugas. Juga yang bagus akhlaknya seperti tidak pernah menyakiti teman lewat lisan atau perbuatan, selalu membantu teman dalam belajar dan hal lainnya.

Inilah teman dekat yang harus dipegang erat dan bukan berarti tidak peduli dengan teman yang lain. Karena teman yang lain pun juga bagian dari pahit manisnya dunia pergaulan. Dengan kata lain, teman yang lain pun tetap mendapatkan attitude yang baik seperti saling sapa/salam, bermuka manis ketika berpapasan tidak membuang muka atau berwajah tidak mengenakkan, berucap dan berbuat dengan lemah lembut kepada teman, mencintai dan membenci secukupnya tidak berlebihan, bersikap bijak dengan kekurangan teman karena tidak ada manusia yang sempurna, menjaga aib atau kekurangan yang ada pada diri teman kita, memudahkan urusannya, memaafkan kesalahannya, dan saling mengingatkan dalam kebaikan dan kesabaran. Inilah adab bergaul yang semoga Allah memudahkan dan menguatkan komitmen kita untuk mengamalkannya, Amin.

TAGS
#Adab Bergaul #Adab Berteman #Islamic Boarding School
Login