Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Aktivitas Eco Green di Lingkungan Pekerjaan

Bina-Qurani-Aktivitas-Eco-Green-di-Lingkungan-Pekerjaan
Aktivitas Eco Green di Lingkungan Pekerjaan

Eco green adalah sebuah program atau gerakan berkelanjutan yang mencita-citakan perancangan dari tahap perencanaan atau planning, action, dan material ramah lingkungan, serta penggunaan energi dari sumber daya yang efektif dan efisien. Eco green merupakan aktivitas yang mengusung perihal lingkungan yang ramah dan usaha untuk menyelamatkan dunia dari kerusakan fatal akibat ulah manusia yang sangat rakus.

Aktivitas eco green menyangkut kehidupan sehari-hari manusia seperti aktivitas ekonomi, sosial, dan aktivitas kehidupan lainnya yang tanpa disadari dapat membawa konsekuensi terhadap kualitas alam di lingkungan sekitar. Dapat dibayangkan betapa bumi yang kita huni sekarang ini jika program eco green gagal. Hal ini tentu dapat menyebabkan kerugian yang tidak hanya berimbas pada satu pulang, satu negara, satu continental, satu bangsa, atau satu benua, akan tetapi satu planet akan musnah dari ketidak berhasilan program eco green ini.

Oleh karena itu, kita sebagai pekerja sudah seharusnya menerapkan gaya hidup atau aktivitas eco green di lingkungan pekerjaan dalam setiap aktivitas yang dilakukan. Dengan begitu, planet bumi yang sudah mulai tua ini bias terjada dengan baik dan mampu bertahan serta memberikan hunian yang nyaman bagi manusia lebih lama lagi.

Bina-Qurani-Aktivitas-Eco-Green-di-Lingkungan-Pekerjaan

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Aktivitas Eco Green di Lingkungan Pekerjaan, Source: Photo by Pixabay Pexels

Aktivitas Eco Green di Lingkungan Pekerjaan yang Dapat Diterapkan oleh Pekerja

Untuk mensukseskan program eco green, Anda dapat memulainya dari lingkungan sekitar yang dekat dengan Anda. Baik itu dari rumah maupun lingkungan pekerjaan yang sehari-hari sering Anda singgahi dengan waktu yang cukup lama. Dimanapun dan kapanpun Anda berada, aktivitas eco green ini harus senantiasa dibiasakan.

Adapun beberapa aktivitas eco green di lingkungan pekerjaan yang dapat Anda lakukan antara lain yaitu:

1. Mengurangi Penggunaan Kertas di Lingkungan Kerja

Hal pertama yang dapat dilakukan sebagai seorang pekerja untuk berpartisipasi dalam program eco green adalah dengan membatasi pemakaian kertas hanya untuk keperluan pekerjaan yang mendesak. Gunakanlah kertas untuk kondisi-kondisi tertentu saja, seperti surat kontrak kerja yang tentu membutuhkan tanda tangan dan juga materai.

Di zaman digital seperti sekarang ini, mengurangi penggunaan kertas tentu menjadi hal yang sangat mudah dilakukan. Sebab, teknologi cloud sudah banyak beredar dan memberikan banyak kemudahan. Dengan teknologi ini, para pekerja dapat melakukan penyimpanan data dengan jumlah yang ckup besar tanpa harus mencetak menggunakan kertas. Kecuali dalam situasi yang sangat penting dan genting.

Bina-Qurani-Aktivitas-Eco-Green-di-Lingkungan-Pekerjaan

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Aktivitas Eco Green di Lingkungan Pekerjaan, Source: Photo by Anete Pexels

2. Hemat Menggunakan Listrik

Aktivitas eco green yang dapat Anda lakukan berikutnya adalah dengan menghemat pemakaian energi listrik. Aktivitas menghemat energi ini terbilang cukup sederhana. Setelah Anda selesai bekerja, jangan hanya mematikan perangkat komputer atau laptop Anda.

Alangkah baiknya apabila Anda juga mencabut adapter dari stop kontak untuk memutus aliran listrik. Sebab, apabila adapter ini tidak dicabut maka aliran listrik akan tetap mengalir dan memakan biaya walaupun perangkat komputer dalam keadaan mati.

3. Membeli Kebutuhan Kantor dalam Jumlah yang Besar

Activitas eco green di lingkungan pekerjaan yang selanjutnya adalah melakukan pembelian kebutuhan kantor dengan jumlah yang besar sekaligus. Selain bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau, dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, sampah yang dihasilkan dari aktivitas ini juga menjadi lebih sedikit.

Di antara kebutuhan kantor yang dimaksud yaitu seperti kopi, gula, the, dan sebagainya yang mampu menghasilkan banyak sampah plastic yang akhirnya menumpuk dan susah untuk terurai.

Bina-Qurani-Aktivitas-Eco-Green-di-Lingkungan-Pekerjaan

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Aktivitas Eco Green di Lingkungan Pekerjaan, Source: Photo by Lisa Pexels

4. Menggunakan Peralatan Makan dan Minum Pribadi

Gunakanlah peralatan makan dan minum sendiri, atau yang biasa disediakan oleh pantry kantor. Aktivitas ini dapat mengurangi limbah atau sampah plastic yang dihasilkan dari bungkus makan siang atau cemilan yang Anda beli di luar.

Untuk membiasakan aktivitas ini, maka Anda juga harus membiasakan diri untuk membawa bekal ke kantor. Selain hemat, Anda juga bisa mengurangi potensi penggunaan wadah plastik yang tidak ramah lingkungan.

5. Memilah dan Memisahkan Sampah

Buanglah sampah Anda pada tempat sampah yang telah disediakan. Pisahkan sampah-sampah yang Anda buang itu sesuai kategorinya agar mudah dalam pembuangannya nanti. Dengan membuang sampah sesuai dengan kategori sampah, tentu akan memudahkan petugas sampah untuk melakukan finalisasi terhadap sampah yang ada.

Thumbnail Source: Photo by Max Pexels

Artikel Terkait:
FOMO Syndrome

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Alquran 30 Juz #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam #Sekolah Tahfiz
Login