Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Alquran 30 Juz

Bina-Qurani-Alquran-30-Juz-Makna-Kandungan-Dan Keutamaannya

Alquran 30 Juz – Sebagai seorang muslim tentu sudah tidak asing lagi bagi kita mendengar kalimat Alquran 30 juz. Namun sudahkah kita mengetahui apa itu Alquran 30 juz dan keutamaan ketika kita membacanya?

Dalam pembahasan kali ini, kami akan sedikit menjelaskan mengenai arti dan makna Alquran, serta keutamaan membaca Alquran. Seperti yang telah kita ketahui bahwa diturunkannya Alquran 30 juz oleh Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā adalah sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi manusia.

Alquran secara bahasa memiliki dua makna. Makna yang pertama yaitu, Alquran adalah sesuatu yang dibaca, karena Alquran dibaca oleh lisan-lisan manusia. Makna yang kedua, Alquran adalah pengumpul karena di dalam Alquran 30 juz dikumpulkan kabar dan hukum yang datang dari Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā.

Bina-Qurani-Alquran-30-Juz-Makna-Kandungan-Dan Keutamaannya

Source: Photo By Ramin Labisheh From Unsplash

Sedangkan pengertian Alquran secara istilah syar’i adalah Firman Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā yang diturunkan kepada penutup para Nabi yaitu, Rasulullah Muhammad Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam yang diawali dengan surat Al-Faatihah dan ditutup dengan surat An-Naas.

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman:

الر كِتَابٌ أُحْكِمَتْ آيَاتُهُ ثُمَّ فُصِّلَتْ مِنْ لَدُنْ حَكِيمٍ خَبِيرٍ

“Alif laam raa, inilah suatu kitab yang ayat-ayatnya disusun dengan rapi serta dijelaskan secara terperinci, yang diturunkan dari sisi Allah Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui.” (QS. Hud [11]: 1)

Imam Al-Muzani berkata, “Alquran adalah kalamullah (firman Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā), berasal dari sisi Allah, dan Alquran bukanlah makhluk yang akan binasa.”

Menurut Ibnu Taimiyyah Raḥimahullāh, Alquran adalah obat yang mujarab untuk hati yang terkena syubhat (racun pemikiran) dan syahwat (nafsu jelek untuk bermaksiat). Di dalam Alquran terdapat penjelas, di mana kebatilan dienyahkan oleh kebenaran. Penyakit syubhat yang merusak bisa enyah karena adanya ilmu dan keinginan yang baik, di mana hakikat sesuatu begitu jelas karenanya.

Di dalam Alquran 30 juz, terdapat 114 surat dan terkandung 6.236 ayat yang diturunkan oleh Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā sebagai kabar dan petunjuk bagi kehidupan manusia.

Oleh karenanya, wajib bagi kita untuk senantiasa mempelajari Alquran 30 juz agar dijauhkan dari syubhat dan kesesatan, serta agar diberikan keselamat dalam menjalani kehidupan di dunia dan di akhirat.

Bina-Qurani-Alquran-30-Juz-Photo-By-Ramin-Labisheh-From-Unsplash

Source: Photo By Adli Wahid From Unsplash

Keutamaan membaca Alquran 30 Juz

Membaca Alquran adalah perdagangan yang tidak akan mendatangkan kerugian. Dengan membaca Alquran Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā akan memberikan banyak keutamaan. Berikut ini beberapa keutamaan membaca Alquran:

1. Membaca Alquran akan diberikan pahala yang berlipat

‘Aisyah Raḍiallāhu ‘Anhā meriwayatkan hadis bahwa Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

الْمَاهِرُ بِالْقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ وَالَّذِى يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْرَانِ

“Seseorang yang lancar membaca Alquran akan bersama para malaikat yang mulia dan sesantiasa taat kepada Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā, adapun yang membaca Alquran terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala.” (HR. Muslim)

Abdullah bin Mas’ud meriwayatkan hadis bahwa Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ ، وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُوْلُ : آلم حَرْفٌ ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَمِيْمٌ حَرْفٌ

“Siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah, maka baginya satu kebaikan. Satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kebaikan. Aku tidak mengetakan alif laam miim itu satu huruf. Namun alif itu satu huruf, laam itu satu huruf, dan miim itu satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi)

Bina-Qurani-Alquran-30-Juz-Photo-By-Ramin-Labisheh-From-Unsplash

Source: Photo By Masjid Pogung Dalangan From Unsplash

2. Membaca Alquran dapat mengobati penyakit hati dan fisik

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman:

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

“Dan kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. Dan Alquran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (QS. Al-Isra’ [17]: 82)

Dalam ayat lain Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman:

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ  أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

“(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tentram.” (QS. Ar-Rad [13]: 28)

3. Membaca Alquran mendatangkan syafaat pada hari kiamat

Abu Umamah Al-Bahily meriwayatkan hadis bahwa Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ

“Bacalah Alquran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat kepada orang yang membacanya.” (HR. Muslim)

Demikian beberapa keutamaan dari membaca Alquran dan masih banyak lagi keutamaan-keutamaan lain dari membaca Alquran yang dapat memotivasi seorang muslim untuk sesantiasa memperbanyak bacaan Alquran 30 Juz dalam kehidupannya.

Thumbnail Source: Photo By Sidik Kurniawan From Unsplash

Artikel Terkait:
Amalan Sunah Sehari-hari yang Ringan dan Berpahala Besar

TAGS
#Alquran 30 Juz #Alquran adalah Cahaya #Alquran adalah Kalamullah #Alquran adalah Obat #Alquran Adalah Petunjuk #Alquran bukan makhluk #Alquran Pedoman Hidup #Daftar Alquran 30 Juz #Keutamaan Membaca Alquran #Pengertian Alquran #Alquran
Login