Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Alquran adalah Obat

Alquran merupakan obat penawar dan rahmat bagi manusia. Mengimani, mempercayai, dan mengamalkannya berarti kesembuhan dari berbagai macam penyakit hati. Allah Subānahu Wa Ta’ālā berfirman:

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

“Dan Kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Alquran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian”. (QS. al-Isra’ [17]: 82)

Imam Ibnu Katsir raḥimahullāh menjelaskan bahwa Alquran adalah penawar dan rahmat bagi orang-orang mukmin. Yaitu dapat menghilangkan berbagai penyakit hati. Seperti penyakit keragu-raguan, kemunafikan, kesyirikan, penyimpangan, dan kecenderungan kepada kebatilan. Alquran pun adalah rahmat bagi orang-orang mukin. Karena dengan Alquran dapat menambah keimanan, memperoleh hikmah, meraih kebaikan, dan menambah kecintaan padanya. Itu semuanya hanya akan diraih bagi orang yang mengimani, mempercayai, dan mengikuti petunjuknya.

Imam Ibnu al-Jauzi raḥimahullāh menjelaskan bahwa tafsir makna penawar dalam ayat ini ada tiga pendapat. Yaitu: 1) penawar dari kesesatan karena isi al-Quran adalah hidayah. 2) penawar dari penyakit karena terdapat keberkahan di dalam al-Qur’an. 3) penawar dari penjelasan-penjelasan tentang kewajiban-kewajiban dan hukum. Adapun maksud rahmat dalam ayat ini ada dua pendapat. Yaitu kenikmatan dan sebab mendapatkan rahmat.


Download Poster Dakwah

TAGS
#Poster Dakwah
Login