Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Alquran sebagai Petunjuk, Rahmat dan Kabar Gembira

Allah Subānahu Wa Ta’ālā dan Rasul-Nya allallāhu ‘alaihi wasallam telah menjelaskan segala persoalan yang dibutuhkan oleh manusia dengan sangat terang benderang dalam al-Qur’an dan al-Sunnah. Baik persoalan akidah, ibadah, muamalah, halal haram, dan lain-lain. Allah Subānahu Wa Ta’ālā berfirman:

وَنَزَّلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَابَ تِبْيَانًا لِكُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً وَبُشْرَى لِلْمُسْلِمِينَ

“.. Dan Kami telah menurunkan kitab Alquran kepada kamu untuk menjelaskan segala sesuatu sebagai petunjuk, rahmat, dan kabar gembira bagi orang-orang muslim.” (QS. Al-Nahl [16]: 89)

Sahabat Ibnu Mas’ud radhiallāhu ‘anhu mengatakan bahwa Allah Subānahu Wa Ta’ālā telah menjelaskan kepada kita di dalam Alquran seluruh ilmu dan segala sesuatu. Menurut Imam Ibnu Katsir bahwa perkataan Ibnu Mas’ud tersebut lebih komprensif karena al-Qur’an mencakup seluruh ilmu yang bermanfaat berupa kabar masa lalu dan akan terjadi serta seluruh hukum halal haram. Seluruh yang dibutuhkan oleh manusia dalam persoalan agama, dunia, kehidupan, dan tempat kembali mereka.  Imam al-Baghawi dalam kitab Ma’alim al-Tanzil menjelaskan bahwa tafsir penjelas segala sesuatu adalah apa-apa yang dibutuhkan dari perintah dan larangan, halal dan haram, hudud, dan hukum.


Download Poster Dakwah

TAGS
#Poster Dakwah
Login