Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Analisa SWOT: Pengertian, Teori, Matriks, dan Contohnya

Bina-Qurani-Analisa-SWOT-Pengertian-Teori-Matriks-Contohnya
Analisa SWOT: Pengertian, Teori, Matriks dan Contohnya

Untuk memulai suatu bisnis, setiap pelaku bisnis tentu membutuhkan suatu perencanaan yang matang. Perencanaan bisnis dapat dimulai dengan melakukan analisa SWOT.

Apa itu analisa SWOT?

Bagi Anda yang masih asing atau baru pertama kali mendengar istilah ini, pasti akan bertanya-tanya tentang apa itu analisa SWOT dan sejauh apa peran SWOT pada bisnis Anda. Maka, pada kesempatan kali ini kami akan menjelasakan secara detail mengenai apa itu analisa SWOT melalui tulisan kali ini.

Pengertian Analisa SWOT

Analisa SWOT adalah tools yang sangat sederhana, yang sangat membantu Anda dalam membangun dan mengembangkan strategi bisnis agar perusahaan dapat mencapai hasil yang jauh lebih baik.

SWOT merupakan istilah dan singkatan yang diambil dari kata Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (Peluang), dan Threats (kendala). SWOT dijadikan patokan bagi pelaku bisnis untuk melihat rencana dengan matang, apakah rencana tersebut bisa membawa dampak yang baik bagi perusahan dalam jangka pendek atau dalam jangka yang panjang.

Analisa SWOT pada awalnya diperkenalkan oleh Albert S Humphrey pada tahun 1960an ketika sedang memimpin proyek riset di Standford Research Institute, yang memanfaatkan data dari perusahaan Fortune 500. Analisa ini akhirnya terus digunakan hingga sekarang, karena dinilai sangat relevan dengan berbagai perubahan zaman.

Secara sederhana, analisa SWOT berarti melakukan pendekatan terhadap beberapa faktor-faktor terkait Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats. Apabila diartikan lebih detail maka analisa SWOT adalah teknik yang dilakukan untuk perencanaan suatu strategi yang dapat digunakan untuk melakukan evaluasi.

Bina-Qurani-Analisa-SWOT-Pengertian-Teori-Matriks-Contohnya

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Analisa SWOT – Pengertian, Teori, Matriks, dan Contohnya, Source: Photo by Lukas Pexels

Teori Analisa SWOT Menurut Para Ahli

Menurut Fredy Rangkuti, analisa SWOT adalah identifikasi dalam bernagai faktor yang secara sistematis merumuskan strategi perusahaan. Analisa SWOT ini didasarkan pada hubungan atau interaksi antara unsur internal dan unsur eksternal yang meliputi kekuatan dan kelemahan, serta peluang dan ancaman.

Penafsiran akan teori analisa SWOT kemudian menjadi beragam. Beberapa ahli terkemuka, memiliki pandangan-pandangan tersendiri dalam menyimpulkan apa itu analisa SWOT. Di antara pandangan para ahli yang memberikan pandangannya terkait analisa SWOT, antara lain:

1. Robinson dan Pearce

Menurut Robinson dan Pearce, analisa SWOT adalah komponen terpenting dalam melakukan manajemen strategi yang akan menghasilkan profil perusahaan. Dimana profil perusajaan tersebut bisa mengidentifikasi apa saja kelemahan dan kekuatan dari perusahaan tersebut.

2. Galavan

Galavan juga memberikan pandangannya terkait analisa SWOT. Galavan mengatakan bahwa analisa SWOT adalah proses analisa yang dibuat untuk mendapatkan strategi yang nantinya akan efektif dan berguna ketika diterapkan sesuai pasar atau keadaan publik saat itu.

Peluang dan ancaman digunakan untuk mengetahui lingkungan eksternal perusahaan. Sementara kekuatan dan kelemahan, diketahui melalui proses analisa internal.

Bina-Qurani-Analisa-SWOT-Pengertian-Teori-Matriks-Contohnya

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Analisa SWOT – Pengertian, Teori, Matriks, dan Contohnya, Source: Photo by Fauxels Pexels

Matriks dan Strategi Analisa SWOT

Apa itu matriks SWOT?

Matriks SWOT adalah formula atau al

at yang digunakan untuk menyusun faktor strategi perusahaan. Matriks dapat menggambarkan secara rinci apa saja peluang dan ancaman eksternal bagi perusahaan sesuai dengan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan.

Berikut ini adalah matriks SWOT yang diperoleh dari strategi SO, ST, WO, dan WT:

1. SO (Strength-Opportunity)

Pada matriks ini, perusahaan menggunakan semua kekuatan yang dimiliki untuk memanfaatkan peluang yang ada.

Matriks ini juga merupakan strategi kekuatan-kesempatan yang sering disebut sebagai Maxi-Maxi, karena memadukan kekuatan dan kesempatan yang dimiliki oleh perusahaan. Strategi ini memanfaatkan kekuatan dari peluang yang telah diketahui.

2. ST (Strength-Threat)

Matriks ini dibuat dengan menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan sebagai tameng yang melindungi perusahaan dari ancaman yang akan datang. Matriks ini juga disebut sebagai strategi Maxi-Mini karena memadukan kekuatan untuk meminimalisir ancaman yang datang bagi perusahaan.

3. WO (Weakness-Opportunity)

Matriks ini dibuat dengan memanfaatkan peluang untuk menyingkirkan kelemahan-kelemahan yang ada pada sebuah perusahaan. Matriks ini juga termasuk strategi sebagai Mini-Maxi karena memadukan antaran kelemahan dengan kesempatan.

4. WT (Weakness-Threat)

Matriks ini digunakan oleh perusahaan untuk menutupi kelemahan sekaligus menghindari ancaman yang akan datang. Weakness-Threat ini merupakan strategi Mini-Mini karena memadukan kelemahan dan ancaman. Suatu strategi yang dapat dilakukan dan diterapkan ketika berada di tengah ancaman dan dengan kondisi lemah.

Bina-Qurani-Analisa-SWOT-Pengertian-Teori-Matriks-Contohnya

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Analisa SWOT – Pengertian, Teori, Matriks, dan Contohnya, Source: Photo by Burak Pexels

Contoh Analisa SWOT pada Perusahaan

Berikut ini contoh penerapan analisa SWOT dalam suatu perusahaan:

1. Strength atau Kekuatan
  • Perusahaan kami memiliki reputasi yang baik di bidang bisnis yang kami tekuni.
  • Perusahaan kami sangat fleksibel dalam menangani kasus dan permintaan dari pelanggan.
  • Perusahaan kami sangat memperhatikan semua permintaan serta kebutuhan pelanggan.
  • Perusahaan kami memiliki biaya overhead yang rendah, maka biaya yang kami tawarkan tentunya lebih baik dari yang lain.
  • Perusahaan kami dapat memberikan respons yang cepat untuk tiap-tiap permintaan pelanggan tanpa harus melalui alur birokrasi yang panjang.
2. Weakness atau Kelemahan
  • Rendahnya kemampuan yang dimiliki karyawan pada perusahaan kami dalam bidang-bidang tertentu.
  • Permodalan yang dimiliki perusahaan kami masih terbatas.
  • Tidak lancarnya cash flow atau arus kas perusahaan.
  • Lokasi bisnis yang kurang strategis.
3. Opportunities atau Peluang
  • Mendapatkan dukungan dari pemerintah bagi perusahaan lokal seperti kami.
  • Sektor bisnis yang perusahaan kami tekuni mengalami kenaikan.
4. Threats atau Ancaman
  • Kurangnya minat investor untuk membiayai industri yang sedang kami tekuni.
  • Perubahan strategi bisnis yang dilakukan oleh pesaing sehingga mengancam posisi kami di pasaran.
  • Perkembangan teknologi di luar kemampuan perusahaan kami yang terlalu cepat di pasaran, sehingga mengakibatkan perusahaan kami terlambat dalam mengadopsinya.

Itulah beberapa contoh analisa SWOT yang didahului oleh pengertian, matriks dan strategi analisa SWOT. Semoga tulisan ini dapat memberi manfaat.

Thumbnail Source: Photo by Tima Pexels

Artikel Terkait:
Konsep Pemasaran Digital

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Jaringan #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login