Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Ananda, Apa yang Kau Cari di Islamic Boarding School

Ketika seorang anak menuntut ilmu di Islamic Boarding School, pasti ada visi dan misi yang ingin dicapai. Baik itu visi misi pribadi si anak tersebut maupun visi misi orang tua dari anak tersebut. Mungkin untuk anak seusia SMP dan SMA ketika masuk sekolah di Islamic Boarding School belum menyadari sepenuhnya tentang visi misi atau tujuan ia sekolah di Islamic Boarding School tersebut. Bahkan, bisa jadi ada di antara peserta didik yang sama sekali tidak tahu dan tidak menyadari tujuan ia sekolah di Islamic Boarding School tersebut, karena memang murni dari keinginan orang tua yang peduli terhadap masa depan anaknya yang diharapkan menjadi anak baik dan pintar.

Terlepas dari itu semua, sepertinya pertanyaan yang mungkin bisa dilayangkan oleh tenaga pendidik atau tenaga kependidikan kepada peserta didik yang mendaftar di Islamic Boarding School tentang remainder tujuan si anak belajar di Islamic Boarding School cukup penting untuk disampaikan. Karena tidak sedikit di antara peserta didik yang memang tidak tahu menahu kenapa dan untuk apa ia sekolah di Islamic Boarding School.

Uslūb atau metode dialog dalam bentuk pertanyaan ini cukup banyak Allah gunakan dalam Alquran untuk mendidik dan membimbing umat manusia ke dalam jalan yang benar. Baik pertanyaan ini sifatnya taqrīrī (pertanyaan sekaligus ada jawabannya) maupun inkārī (pertanyaan yang tidak sekaligus dengan jawabannya karena untuk mengingkari suatu perbuatan). Di antaranya contoh pertanyaan taqrīrī adalah sebagaimana dalam surat al-Qari’ah, Allah berfirman:

وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْقَارِعَةُ. يَوْمَ يَكُونُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوثِ . وَتَكُونُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوشِ 

Dan tahukah kamu apakah hari Kiamat itu? Pada hari itu manusia seperti laron yang beterbangan, dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan. (QS. Al-Qari’ah [101]: 3-5)

Adapun contoh pertanyaan inkārī (pertanyaan yang tidak sekaligus dengan jawabannya karena untuk mengingkari suatu perbuatan) dalam Alquran sebagaimana firman Allah berikut:

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِفَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ 

Dan sungguh, telah Kami mudahkan Al-Qur’an untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran? (QS. Al-Qamar [54]: 17)

Remainder terkait tujuan peserta didik sekolah di Islamic Boarding School dengan narasi apapun cukup signifikan untuk menumbuhkan mental petarung dalam diri peserta didik. Karena memang banyak hambatan dan rintangan dalam menuntut ilmu, terlebih ilmu agama. Hanya peserta didik yang memiliki jiwa petarung yang akan sukses menaklukkan dunia dengan ilmu pengetahuan umum yang mumpuni dan ilmu agama yang memadai.

Oleh karena itu, mungkin salah satu rahasia mengapa pesantren Darussalam Gontor yang berlokasi di kabupaten Ponorogo melahirkan banyak lulusan yang cukup kontributif bagi dunia nasional maupun internasional adalah karena di salah satu sudut bangunannya tertulis dengan jelas dalam papan dalam ukuran besar pertanyaan remainder tentang tujuan setiap santri di pondok tersebut, yaitu Ke Gontor Apa yang Kau Cari? (https://www.gontor.ac.id/catatan/niat, 2020)

Jadi, Ananda, apa yang kau cari di Islamic Boarding School?

TAGS
#Ade Wahidin #Gontor #Islamic Boarding School #Pendidikan
Login