Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Apa Arti Fikih

Fikih mempunyai dua arti, yaitu arti secara bahasa dan arti secara istilah. Kata fikih sebenarnya berasal dari bahasa Arab, yaitu al-Fiqh yang artinya al-Fahmu (faham). Kata fikih yang berarti faham disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dan Muslim:

مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِى الدِّينِ

“Barangsiapa yang dikehendaki oleh Allah kebaikan niscaya diberikan kepadanya pemahaman yang mendalam tentang pengetahuan agama.”

Adapun arti fikih secara istilah adalah ilmu yang menerangkan tentang hukum-hukum syariat yang berkenaan dengan amal perbuatan manusia yang diperoleh dari dalil-dalil yang rinci dan jelas. Orang yang mendalami fikih disebut dengan fāqih, bentuk pluralnya adalah fuqaha, yakni orang-orang yang mendalami fikih. Menurut para ahli fikih (fuqaha), bahwa fikih adalah mengetahui hukum-hukum syariat yang menjadi sifat bagi perbuatan para hamba (mukallaf), yaitu wajib, sunah, haram, makruh dan mubah.

Jadi fikih merupakan seperangkat aturan hukum-hukum atau tata aturan yang menyangkut kegiatan dalam kehidupan manusia dalam berinteraksi, bertingkah laku dan bersikap yang bersifat lahiriyah dan amaliah.

Tim Penulis

1. Dr. Abdul Wahid, Lc., M.E.I.

2. Dr. Abu Mujahid al-Ghifari, Lc., M.E.I.

3. Dr. Ade Wahidin, Lc., M.Pd.I.

4. Fitri Priyanto, Lc., M.M.

5. Deni Kurniawan, S.Pd.I.

6. Ahmad Sulaksana

7. Zulfian Muslim

TAGS
#arti kata #definisi #Fikih #glosarium #istilah #kamus
Login