Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Apa Arti Hadis Dhaif

Hadis dhaif adalah hadis yang tertolak dan tidak bisa dijadikan landasan hukum dalam Islam. Hadis dhaif memiliki banyak ragam jenis dan nama-nama khusus. Akan tetapi, secara umum disebut dengan hadits dhaif. Penyebab tertolaknya sebuah hadits sangat banyak, namun dapat dikategorikan dua sebab pokok:

  1. Sanadnya gugur, yaitu terputusnya rangkaian sanad dengan gugurnya seorang perawi atau lebih secara sengaja. Baik gugur secara dzahir ataupu tersembunyi.
  2. Perawinya cacat, yaitu cacatnya seorang rawi dari sisi cemarnya perkataan, aspek keadilan, agamanya menjadi pembicaraan, aspek ke-ābit-an, hafalan dan juga kecerdasan.

Contoh penyebab cacatnya perawi dari sisi keadilan adalah dusta, dituduh pendusta, fasik, pembuat bid’ah, dan bodoh. Contoh penyebab cacatnya perawi dari sisi ke-ābit-an yaitu kekeliruannya amat parah, hafalannya buruk, lupa, banyak prasangka dan bertentangan dengan rawi yang tsiqah.

Contoh hadis yang derajatnya dhaif adalah sebagai berikut:

نَوْمُ الصَّائِمِ عِبَادَةٌ

“Tidurnya orang yang sedang berpuasa adalah ibadah.” (HR. al-Baihaqī dalam Syu’ab al-Īmān dan al-Dailamī)

Sebab kedhaifan hadis ini adalah karena salah satu perawinya yang bernama Sulaiman bin Amr an-Nakha’i adalah salah seorang pendusta.

Tim Penulis

1. Ustaz Dr. Abdul Wahid, Lc., M.E.I.

2. Ustaz Dr. Abu Mujahid al-Ghifari, Lc., M.E.I.

3. Ustaz Dr. Ade Wahidin, Lc., M.Pd.I.

4. Ustaz Fitri Priyanto, Lc., M.M.

5. Ustaz Deni Kurniawan, S.Pd.I.

6. Ustaz Ahmad Sulaksana

7. Ustaz Zulfian Muslim

TAGS
#arti kata #definisi #glosarium #hadis dhaif #kamus
Login