Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Apa Arti Mazhab

Arti mazhab secara bahasa adalah jalan yang dilalui dan dilewati. Sesuatu dikatakan mazhab bagi seseorang jika cara atau jalan tersebut menjadi ciri khasnya. Mazhab juga berarti metode dan kepercayaan yang diikuti. Menurut para ulama bahwa mazhab adalah kumpulan pemikiran-pemikiran, teori-teori ilmiah, dan filsafat yang saling berkaitan hingga menjadi satu kesatuan yang utuh. (Mu’jam al-Wasīth, 2004).

Umar Sulaiman al-Asyqar (1998) menjelaskan bahwa mazhab adalah metode (manhaj) yang dibentuk setelah melalui pemikiran dan penelitian, kemudian orang yang menjalaninya menjadikannya sebagai pedoman yang jelas batasan-batasannya, bagian-bagiannya, dibangun di atas prinsip-prinsip dan kaidah-kaidah.

Wahbah ibn Musthafa Az-Zuhaili (1985) menjelaskan arti mazhab, bahwa mazhab adalah hukum-hukum yang mencakup di dalamnya beragam masalah. Diumpamakan dengan tempat pergi disebabkan jalan itu bisa mengantarkan seseorang pada kehidupan, dan hukum-hukum tersebut bisa mengantarkan seseorang menuju tempat kembali.

Mazhab fikih dalam Islam cukup banyak, tapi yang sangat terkenal dan masih mempunyai banyak pengikut hingga saat ini ada empat, yaitu Mazhab Hanafi, Mazhab Maliki, Mazhab Syafii, dan Mazhab Hambali.

Tim Penulis

1. Dr. Abdul Wahid, Lc., M.E.I.

2. Dr. Ade Wahidin, Lc., M.Pd.I.

3. Dr. Abu Mujahid al-Ghifari, Lc., M.E.I.

4. Fitri Priyanto, Lc., M.M.

5. Deni Kurniawan, S.Pd.I.

6. Ahmad Sulaksana

7. Zulfian Muslim

TAGS
#arti kata #definisi #glosarium #istilah
Login