Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Apa Arti Sunah

Arti sunah secara bahasa adalah cara yang biasa dilakukan, apakah cara tersebut adalah sesuatu yang baik ataupun sesuatu yang buruk. Di dalam Alquran, terdapat penggunaan kata sunah di dalam 16 tempat yang memiliki arti “kebiasaan yang berlau” dan “jalan yang diikuti”. Misalnya dalam Alquran surat Ali Imran ayat 137 dan surat al-Isra ayat 77. Karenanya kata sunah di periode awal Islam dikenal dengan arti cara yang biasa dilakukan dalam pengalaman agama. (Amir Syarifuddin, 2008)

Sunah secara istilah memiliki banyak sekali arti, tergantung dari sudut mana kata sunah didefinisikan. Abdurrahman ibnu Rajab al-Hanbali (2006) dalam kitab Jāmi’ al-‘Ulūm Wa al-ikam menjelaskan bahwa banyak para ulama yang mengkhususkan arti sunah dengan akidah. Karena akidah dalah prinsip dasar agama yang penyimpangan terhadapnya berakibat pada bahaya yang sangat besar. Jadi menurutnya bahwa sunah itu berarti akidah dan prinsip-prinsip dasar agama.

Sunah dalam ilmu fikih juga memiliki arti yang berbeda, para ulama ahli fikih mendefinisikan sunah sebagai sifat hukum bagi suatu perbuatan yang dituntut melakukannya dalam bentuk tuntutan yang tidak pasti, di mana pelakunya diberi pahala jika mengerjakannya dan tidak berdosa jika meninggalkannya. Menurut mayoritas ulama mazhab Syafii bahwa nama lain yang memiliki arti yang sama dengan sunah adalah mandub, nafilah, mustahab, dan tathawu’. Semua lafaz tersebut bersinonim. (Abdul Hayy, 2006)

Definisi sunah menurut ulama ushul fikih berbeda lagi, menurut ulama ushul bahwa sunah adalah apa-apa yang diriwayatkan dari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, baik dalam bentuk ucapan, perbuatan, pengakuan, dan sifat nabi. Definisi sunah ini mirip dengan definisi hadis dalam ilmu hadis, yaitu apa-apa yang disandarkan kepada Nabi shallallahu a’alaihi wasallam, baik berupa ucapan, perbuatan, maupun ketetapan.

Sunah jika terkadang bermakna seluruh isi agama Islam, Alquran, dan hadis serta mencakup seluruh keadaan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Sunah bisa bermakna lawan dari perbuatan bid’ah.

Dengan demikian, kata sunah memiliki beragam makna, tergantung dari sudut mana memandangnya. Karenanya, hendaknya dapat memahami konteks pembicaraan agar dapat memahami makna sunah yang dimaksud.

Tim Penulis

1. Dr. Abdul Wahid, Lc., M.E.I.

2. Dr. Ade Wahidin, Lc., M.Pd.I.

3. Dr. Abu Mujahid al-Ghifari, Lc., M.E.I.

4. Fitri Priyanto, Lc., M.M.

5. Deni Kurniawan, S.Pd.I.

6. Ahmad Sulaksana

7. Zulfian Muslim

TAGS
#arti kata #definisi #glosarium #istilah
Login