Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Apa Arti Syariat

Syariat berasal dari bahasa Arab al-Syarī’ah yang secara bahasa artinya adalah apa-apa yang Allah tetapkan untuk hamba-hamba-Nya dari masalah keyakinan-keyakinan, hukum-hukum dan metode beragama. (Mu’jam al-Wasīth, 2004).

Wahbah ibn Musthafa az-Zuhaili (1985) menjelaskan definisi al-Syarī’ah secara istilah bahwa hukum-hukum yang telah ditetapkan oleh Allah Subaānhu Wa Ta’ālā untuk hamba-hamba-Nya, baik penetapannya dengan Alquran maupun sunah, baik terkait dengan keyakinan-keyakinan yang secara khusus dibahas dalam ilmu kalam atau ilmu tauhId, maupun terkait dengan amal yang secara khusus dibahas dalam ilmu fiKih.

Allah Subaānhu Wa Ta’ālā membekali para nabi dengan syariatnya masing-masing. Ada di antara mereka yang meneruskan syariat nabi sebelumnya dan adapula membawa syariat baru. Tetapi prinsip dasar dakwah mereka sama, yaitu menuahidkan Allah Subaānhu Wa Ta’ālā dan tidak berbuat syirik kepada-Nya.

Berkaitan dengan syariat setiap umat, Allah Subaḥānhu Wa Ta’ālā berfirman, “Setiap orang dari kalian telah Kami berikan syariat dan petunjuk penerapannya.” (QS. al-Maidah [05]: 48). Imam Ibnu Katsir rahimahullāh (2001) menukil penafsiran Imam Qatadah rahimahullāh bahwa syariat setiap nabi berbeda-beda, yaitu di dalam  Taurat ada syariat tersendiri dan di dalam Injil ada syariat tersendiri, begitu pula di dalam Alquran juga ada syariat tersendiri. Imam al-Syaukani (2007) rahimahullāh juga menjalaskan bahwa makna ayat ini adalah bahwa Allah menjadikan taurat sebagai syariat bagi pemeluknya, menjadikan injil sebagai syariat bagi pemeluknya, dan menjadikan Alquran sebagai syariat bagi pemeluknya, ini sebelum dihapusnya syariat-syariat terdahulu dengan Alquran. Adapun setelah adanya nasakh maka tidak ada syariat dan minhaj kecuali apa-apa yang datang dari Muhammad ṣallallāhu ‘alaihi wasallam.

 

Tim Penulis

1. Dr. Abdul Wahid, Lc., M.E.I.

2. Dr. Ade Wahidin, Lc., M.Pd.I.

3. Dr. Abu Mujahid al-Ghifari, Lc., M.E.I.

4. Fitri Priyanto, Lc., M.M.

5. Deni Kurniawan, S.Pd.I.

6. Ahmad Sulaksana

7. Zulfian Muslim

TAGS
#arti kata #definisi #glosarium #istilah
Login