Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Apa Arti Syirik

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata Syirik diartikan sebagai penyekutuan Allah Swt. dengan yang lain, misalnya pengakuan kemampuan ilmu daripada kemampuan dan kekuatan Allah, pengabdian selain kepada Allah Swt. dengan menyembah patung, tempat keramat, dan kuburan, dan kepercayaan terhadap keampuhan peninggalan nenek moyang yang diyakini akan menentukan dan memengaruhi jalan kehidupan.

Terminologi Syirik dibahas secara mendalam dan komprehensif dalam kitab-kitab Akidah. Karena Syirik merupakan lawan dari Tauhid. Syirik ini secara asasi terbagi menjadi dua yaitu Syirik besar dan Syirik kecil. Ketika kata Syirik disebutkan secara mutlak maka maknanya adalah Syirik besar.

Syirik besar adalah seseorang yang menjadikan selain Allah sebagai tandingan dalam berdoa, berharap, merasa takut, cinta, atau mengarahkan ritual ibadah kepada selain Allah. Syirik inilah yang menyebabkan pelakunya jika tidak bertaubat akan diharamkan masuk surga (QS. Al-Maidah [05]: 72) dan dosanya tidak diampuni (QS. Al-Maidah [04]: 48).

Adapun Syirik kecil adalah segala perkataan dan perbuatan yang mengantarkan seseorang kepada Syirik besar seperti mengkultuskan makhluk yang tidak mencapai derajat ibadah, bersumpah dengan nama selain Allah, dan beribadah secara riyā (ingin dilihat oleh orang lain).

Tim Penulis

1. Dr. Abdul Wahid, Lc., M.E.I.

2. Dr. Ade Wahidin, Lc., M.Pd.I.

3. Dr. Abu Mujahid al-Ghifari, Lc., M.E.I.

4. Fitri Priyanto, Lc., M.M.

5. Deni Kurniawan, S.Pd.I.

6. Ahmad Sulaksana

7. Zulfian Muslim

TAGS
#arti kata #definisi #glosarium #istilah #kamus
Login