Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Apa Itu Broadcasting

Bina-Qurani-Apa-Itu-Broadcasting
Apa Itu Broadcasting

Di era modern ini, mungkin kita sering mendengar tentang broadcasting. Lalu yang jadi pertanyaannya apa itu broadcasting? Broadcasting berasal dari bahasa Inggris yang dalam bahasa Indonesia bisa diartikan dengan kata penyiaran.

Broadcasting adalah sebuah proses pengiriman sinyal ke berbagai lokasi secara bersamaan, baik melalui satelit, radio, televisi dan media lainnya. Broadcasting merupakan salah satu bagian dari ilmu komunikasi. Broadcasting sendiri lebih memfokuskan ke bidang penyiaran dan orang yang melakukan penyiaran disebut broadcaster/penyiar.

Dalam mengkomunikasikan suatu karya dan informasi, broadcasting memiliki pengaruh yang sangat besar untuk disebarkan kepada masyarakat luas. Konten yang dibuat harus memiliki daya tarik yang tinggi agar tidak membosankan untuk dilihat dan didengar, tapi jangan sampai mengubah fakta yang ada.

Bina-Qurani-Apa-Itu-Broadcasting

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Apa Itu Broadcasting, Source: Photo by Wallace Pexels

Definisi Broadcasting Menurut Para Ahli

Untuk lebih mengetahui tentang apa itu broadcasting, berikut beberapa pengertian broadcasting (penyiaran) menurut para ahli:

1. Ben H. Henneke

Ben H. Henneke seorang ahli radio siaran mengartikan terkait apa itu broadcasting. Ia menjelaskan bahwa broadcasting adalah suatu usaha mengkomunikasikan informasi untuk memberitahukan sesuatu.

Meskipun informasi tersebut dapat mencapai jutaan pendengar, namun ditujukannya pada pendengar secara perorangan dan komunikasi tersebut sempurna bila pendengar mengerti dan merasa tertarik lalu melakukan apa yang ia dengar itu.

2. J. B. Wahyudi

Menurut J. B. Wahyudi tentang apa itu broadcasting menurutnya hal ini bisa dibagi menjadi dua. Pertama broadcasting adalah proses komunikasi suatu titik ke audiens. Jadi suatu proses pengiriman informasi dari seseorang atau produser kepada masyarakat melalui proses pemancaran elektromagnetik atau gelombang yang lebih tinggi.

Kedua, yaitu semua kegiatan yang memungkinkan adanya siaran radio atau televisi dan semisalnya yang meliputi segi ideal perangkat keras dan lunak yang menggunakan sarana pemancaran atau transmisi. Hal ini baik didarat atau di antariksa dengan menggunakan gelombang elektromagnetik atau gelombang yang lebih tinggi untuk dipancarluaskan dan dapat diterima oleh khalayak ramai.

3. Menurut Undang-Undang 32, Tahun 2002

Penyiaran atau yang disebut broadcasting memiliki pengertian sebagai kegiatan pemancarluasan siaran melalui sarana pemancaran dan atau sarana transmisi di darat, di laut dan di antariksa.

Dilakukan dengan menggunakan spektrum frekuensi radio yang berbentuk gelombang elektromagnetik yang merambat melalui udara kabel dan atau media lainnya. Untuk dapat diterima secara serentak dan bersamaan oleh masyarakat dengan perangkat penerima siaran.

Bina-Qurani-Apa-Itu-Broadcasting

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Apa Itu Broadcasting, Source: Photo by Little V Pexels

Terkait dengan apa itu broadcasting, dari ketiga pengertian diatas, maka terdapat lima syarat yang harus dipenuhi untuk dapat terjadinya broadcasting atau penyiaran. Kelima syarat itu adalah sebagai berikut: pertama, harus tersedia spektrum frekuensi radio. Kedua, sarana pemancaran. Ketiga, adanya perangkat penerima siaran. Keempat, adanya siaran (program atau acara). Lima, harus diterima secara serentak/bersamaan.

Industri penyiaran di Indonesia menunjukan perkembangan yang sangat pesat belakangan ini. Regulasi bidang penyiaran yang membawa berbagai perubahan memberikan tantangan baru bagi pengelola media penyiaran. Ada beberapa ruang lingkup dalam penyiaran atau broadcasting yaitu meliputi presenter, kameramen, wartawan media dan dunia perfilman (sutradara, produser, editing, dll).

Keberhasilan broadcasting ditopang oleh tiga pilar utama yaitu program, pemasaran dan teknik. Pengelola media broadcasting tidak dapat mengabaikan salah satu dari tiga pilar utama ini. Strategi pengelolaan yang baik terhadap tiga hal tersebut akan membawa keberhasilan media broadcasting.

Demikian sedikit ulasan terkait dengan apa itu broadcasting, semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat, dan bisa menambah pengetahuan tentang dunia broadcasting.

Thumbnail Source: Photo by Bulat L Pexels

Artikel Terkait:
Alat Pendukung Broadcasting

TAGS
#Augmented Reality #Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Jaringan #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Virtual Reality #Web Design #Web Developer
Login