Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Apa Itu Hacking

Bina-Qurani-Apa-Itu-Hacking
Apa Itu Hacking

Mendengar kata hacking, tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Terlebih pada beberapa tahun terakhir, sering terdengar berita yang cukup viral berkaitan dengan jebolnya keamanan suatu situs ataupun program tertentu karena aktivitas hacking oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Aktivitas hacking ini kemudian dianggap oleh sebagian orang sebagai ancaman kejahatan di Internet, karena aktivitas ini menimbulkan banyak kerugian bagi para korban.

Definisi Hacking

Apa itu Hacking?

Untuk dapat mengetahui tentang apa itu hacking, kita dapat melihat dari pendapat Sova Pal Bera dalam jurnalnya yang berjudul “Overview of Hacking” yang dimuat di dalam Ios Journals.

Tulis Sova Pal Bera tentang apa itu hacking,

“Hacking is the process of attempting to gain or successfully gainning, unauthorized access to computer resources. Computer hacking is the practice of modifiying computer hardware and software to accomplish a goual outside of the creator’s original purpose.”

Yang artinya,

“Hacking adalah sebuah proses untuk mencoba mendapatkan atau telah berhasil mendapatkan akses ke dalam sebuah komputer melalui akses yang tidak resmi (ilegal). Computer hacking merupakan kegiatan memodifikasi perangkat keras dan perangkat lunak sebuah komputer dengan tujuan untuk mencapai tujuan tertentu diluar dari dujuan pemilik aslinya.”

Sedangkan pada Cambridge Dictionary disebutkan bahwa apa itu hacking,

“Hacking is the activity of using a computer to access information stored on another computer system without permission, or to spread a computer virus.”

Yang artinya,

“Hacking adalah aktivitas yang dilakukan dengan menggunakan komputer untuk mengakses suatu informasi yang tersimpan pada sistem komputer lain tanpa izin, atau untuk menyebarkan virus komputer.”

Berdasarkan dua pendapat di atas tentang apa itu hacking, maka dapat disimpulkan bahwa, hacking adalah aktivitas penyusupan ke dalam sebuah komputer maupun jaringan yang bertujuan untuk merusak dan menyalahgunakan sistem yang ada pada komputer tersebut.

Penyalahgunaan sistem tersebut dapat berupa pencurian data rahasia, penggunaan email yang tidak semestinya, spamming, atau sekedar mencari celah jaringan yang memungkinkan untuk dimasuki.

Istilah yang semisal dengan hacking adalah ethical hacking. Meskipun mempunyai istilah yang hampir sama, namun hacking dan ethical hacking tidaklah sama.

Ethical hacking merupakan aktivitas hacking yang dilakukan untuk menemukan kelemahan dalam suatu sistem komputer atau jaringan untuk tujuan pengujian. Aktivitas ini biasanya dilakukan atas izin dan sepengetahuan pemilik program yang bersangkutan.

Dari penjelasan di atas kita telah mengetahui tentang apa itu hacking dan perbedannya dengan ethical hacking.

Jenis-Jenis Hacking (Type of Hacking)

Di dalam dunia internet dan jaringan, terdapat beberapa jenis hacking atau type of hacking yang cukup populer. Berikut ini adalah beberapa jenis hacking:

1. Website Hacking

Website Hacking adalah sebuah aktivitas ilegal yang bertujuan untuk mengambil alih kontrol atas web server dan perangkat lunak terkait, seperti database maupun interface lainnya.

2. Network Hacking

Network hacking yaitu sebuah aktivitas untuk mengumpulkan informasi tentang jaringan dengan maksud untuk membahayakan sistem jaringan dan menghambar operasinya. Aktivitas ini biasanya menggunakan peralatan seperti Telnet, NS Lookup, Ping, Tracert, Netstat.

3. Ethical Hacking

Sebagaimana yang telah di jelaskan di atas, ethical hacking adalah sebuah aktivitas hacking yang bertujuan untuk menemukan kelemahan pada sistem atau jaringan untuk dilakukan pengujian agar diketahui dimana letak kesalahan dan kelemahannya. Hal ini dilakukan agar dapat segera dilakukan perbaikan.

4. Email Hacking

Email hacking merupakan sebuah aktivitas untuk mendapatkan akses email dengan cara yang tidak legal, dan meggunakannya tanpa mendapat persetujuan dari pemiliknya.

5. Komputer Hacking

Komputer hacking adalah kegiatan menyusup ke dalam sebuah sistem komputer secara ilegal dengan tujuan untuk mendapatkan komputer ID dan password sistem tertentu.

6. Password Hacking

Kegiatan ini merupakan sebuah proses untuk melakukan pemulihab terhadap password rahasia dari data yang tersimpan di dalam komputer, atau dikirimkan oleh sistem komputer.

Itulah beberapa jenis hacking yang perlu kita ketahui. Pembahasan tentang jenis-jenis hacking ini sekaligus menjadi penutup untuk tulisan tentang apa itu hacking sebagaimana yang telah kami uraikan di atas. Semoga bermanfaat.

Thumbnail Source: Photo From Esilo

Artikel Terkait:
Coding Dasar

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login