Personal branding adalah salah satu strategi untuk membentuk citra terhadap diri sendiri, untuk mengambil kendali atas penilaian orang lain terhadap dirinya sendiri. Personal branding merupakan suatu proses untuk membentuk, menarik, dan memelihara persepsi masyarakat yang berkaitan dengan aspek-aspek yang dimiliki seseorang
Di antara aspek-aspek tersebut yaitu seperti keahlian, prestasi, kepribadian, dan nilai-nilai yang dibangun secara sengaja maupun tidak sengaja, dengan tujuan menampilkan citra positif sehingga dapat berlanjut kepada kepercayaan dan loyalitas yang dapat digunakan sebagai alat pemasaran.
Adanya personal branding membuat orang lain dapat memandang seseorang dari sudut pandang yang lebih unik dan berbeda. Dengan personal branding, seseorang juga dapat menjelaskan 3W kepada audiens tertarget, yaitu:
Adapun secara lebih spesifik, pengertian personal branding menurut para ahli kami rangkum dalam melalui tulisan di bawah ini.
Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Apa itu Personal Branding? Image: Photo by Pavel Pexels
Berikut ini beberapa pengertian personal branding berdasarkan pandangan-pandangan dari para ahli:
Haroen menjelaskan bahwa personal branding adalah proses membentuk persepsi masyarakat terhadap aspek-aspek yang dimiliki seseorang, seperti kepribadian, kemampuan, atau nilai-nilai dan bagaimana semua itu menciptakan persepsi positif dari masyarakat yang dapat digunakan sebagai alat pemasaran.
Menurut Mc Nally dan Speak, personal branding adalah persepsi yang tertanam dan terpelihara di benak orang lain yang memiliki tujuan akhir agar publik mempunyai pandangan positif terhadapnya, sehingga dapat berlanjut pada kepercayaan dan loyalitas.
Menurut Wasesa, personal branding adalah proses ketika orang menggunakan dirinya atau karirnya sebagai merek atau brand. Personal branding merupakan seni untuk menarik dan menjaga persepsi public secara aktif yang mana membangunnya bida dari orang, nama, tanda, symbol, atau desain yang dapat dijadikan pembeda dari kompetitornya.
Parengkuan dan Becky menjelaskan bahwa personal branding adalah suatu kesan yang berkaitan dengan keahlian, perilaku, maupun prestasi yang dibangun oleh seseorang baik secara sengaja maupun tidak sengaja dengan tujuan untuk menampilkan citra pada dirinya. Personal branding dapat dijadikan suatu identitas yang digunakan orang lain dalam mengingat seseorang.
Itulah beberapa pengertian personal branding menurut para ahli.
Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Apa itu Personal Branding? Image: Photo by Dinielle Pexels
Ada beberapa manfaat dari personal branding yang dapat didapatkan dari pelaksanaan proses ini. Di antara manfaat personal branding yaitu:
Salah satu manfaat personal branding yang dibangun oleh seseorang adalah dapat meningkatkan kredibilatas dan rasa percaya diri pelakunya.
Meski demikian, personal branding yang dilakukan melalui sosial media atau media-media lainnya harus menampilkan sesuatu yang selaras dengan kehitupan nyata, agar brand yang dibangun secara personal tidak terlihat seperti dibuat-buat atau berbohong. Selain itu, tujuan dari personal branding adalah untuk menunjukkan keunggulan Anda yang menjadi ciri khas, sehingga kepercayaan diri Anda juga semakin meningkat.
Memiliki personal brand yang kuat dapat membantu seseorang untuk memperluas dan membangun koneksi dengan orang-orang di berbagai bidang. Hal tersebut tentu dapat membantu seseorang bertemu dengan mentor yang pastinya dapat membantu untuk mengembangkan potensi yang dimiliki dalam dunia professional.
Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Apa itu Personal Branding? Image: Photo by Minerva Studio Pexels
Personal branding yang dibangun secara natural, secara berjalannya waktu akan membantu Anda menunjukkan dan mengembangkan kemampuan yang Anda miliki. Hal ini tentu mendorong Anda menjadi lebih focus dalam mengenali diri Anda secara strategis.
Kesuksesan personal branding akan menjadikan nilai jual personal semakin tinggi. Artinya, dari kesuksesan tersebut, Anda dapat memiliki kesempatan untuk menuai hasil lebih tinggi dari yang biasa Anda terima.
Personal branding adalah pembeda antara Anda dengan pesaing yang menawarka hal yang sama. Semakin Anda berbeda dengan pesain dalam artian positif, semakin mudah kamu memenangkan persaingan di pasar. Atau jika kamu menawarkan jasa atau keahlian secara individu, Anda juga bisa menaikkan harga yang sesuai dengan brang yang sudah terbangun.
Thumbnail Source: Photo by Lukas Pexels
Artikel Terkait:
Strategi Pemasaran Produk