Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Apa Itu Sekolah Tahfiz?

Indonesia merupakan negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam. Negara di Asia Tenggara ini disebut sebagai tanah dengan populasi Muslim tertinggi di seluruh dunia. Persentase Muslim Indonesia mencapai hingga 12,7 persen dari populasi dunia. Dari 205 juta penduduk Indonesia, dilaporkan sedikitnya 88,1 persen beragama Islam. (republika.co.id, 2015).

Jumlah muslim dengan populasi tertinggi di dunia ini tidak lepas dari keberadaan lembaga-lembaga pendidikan yang menitikberatkan pada kurikulum agama Islam, di mana baik secara langsung atupun tidak keberadaan lembaga-lembaga pendidikan tersebut ikut berkontribusi dalam mempertahankan akidah setiap muslim. Di samping itu ormas-ormas Islam seperti Muhammadiyah, NU, PERSIS, AL-IRSYAD, HASMI, dan lain-lain tidak kalah besar perannya dalam mengembangkan ajaran Islam di bumi nusantara.

Lembaga-lembaga pendidikan Islam di Indonesia cukup beragam, mulai dari sistemnya, modelnya, kurikulumnya, sampai kepada namanya. Di antara model lembaga pendidikan Islam yang cukup diperhitungkan adalah Sekolah Tahfiz.

Jika kita termasuk pemerhati pendidikan Islam baik sebagai akademisi maupun praktisi, pasti kita sering mendengar istilah Sekolah Tahfiz. Bahkan, bisa jadi di era digital saat ini di mana akses informasi begitu mudah didapat oleh siapa saja; Sekolah Tahfiz sudah menjadi istilah yang berslieran di telinga dan mata masyarakat umum. Meskipun demikian, tidak ada salahnya jika kita membahas tentang Apa Itu Sekolah Tahfiz?

Secara sederhana, Sekolah Tahfiz dapat didefiniskan sebagai sekolah yang menjadikan konsentrasi pembelajarannya pada menghafal Alquran. Bisa juga dikatakan bahwa Sekolah Tahfiz merupakan sekolah yang tujuan pendidikannya adalah menjadikan output-outputnya berhasil menghafal Alquran.

Kedua pengertian Sekolah Tahfiz sebagaimana di atas tidaklah saling bertentangan, tetapi saling melengkapi bahkan saling menguatkan. Definisi pertama ditinjau dari aspek proses dan kurikulumnya, sedangkan definisi Sekolah Tahfiz kedua ditinjau dari aspek tujuan pendidikannya.

Tahfiz sendiri merupakan bahasa Arab yang artinya proses menghafal atau lebih tepatnya proses menjadikan peserta didik hafal. Ketika disebutkan kata Tahfiz maka konotasi objek yang dihafalnya adalah Alquran. Jadi, Sekolah Tahfiz adalah sekolah yang bertujuan menjadikan para peserta didiknya hafal Alquran dengan kurikulum utama menghafal Alquran, di samping ada pelajaran-pelajaran yang menjadi penguat dan pelengkap dalam menghafal Alquran seperti Tajwid, Tahsin, Bahasa Arab, dan lain sebagainya.

Dalam perkembangan selanjutnya, Sekolah Tahfiz ini juga melekat pada sekolah-sekolah yang memadukan atau yang mengintegrasikan ilmu-ilmu pengetahuan umum dengan ilmu-ilmu agama, di mana salah satu program unggulannya adalah menghafal Alquran.

Semoga kita semua bisa menjadi generasi yang ikut andil dalam mensukseskan Sekolah Tahfiz di bumi Indonesia. Amin.

TAGS
#Menghafal #Tahsin #Tajwid #Sekolah Tahfiz
Login