Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Apa itu Teks Narasi?

Bina-Qurani-Apa-itu-Teks-Narasi
Apa itu Teks Narasi?

Teks narasi adalah karangan susunan kata yang menceritakan tentang sebuah peristiwa secara terstruktur dan berurutan, baik berupa fiksi atau imajinasi penulis maupun non fiksi. Teks narasi disusun oleh penulis untuk menyampaikan informasi, memberikan pengetahuan, dan untuk menghibur pembacanya.

Selain itu, teks narasi juga bisa digunakan untuk menggambarkan suatu peristiwa, pengalaman, maupun gagasan kepada orang lain secara rinci, berdasarkan perkembangan dari waktu ke waktu.

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, teks narasi berarti suatu teks atau susunan kata yang mengisahkan suatu kejadian atau cerita. Selain itu, teks narasi juga dikatakan sebagai suatu karya seni yang menyajikan sebuah kejadian yang disusun berdasarkan urutan waktu.

Mengutip dari situs gramedia, bahwa Widjono menjelaskan mengenai pengertian narasi sebagai:

“Uraian yang mengisahkan kejadian, tindakan, maupun keadaan secara berurutan dari awal sampai akhir, sehingga saling berhubungan antara satu dan yang lainnya. Bahasa yang digunakan biasanya bersifat naratf. Contohnya seperti roman, kisah, novel, biografi atau cerpen.”

Untuk lebih mengetahui tentang apa itu teks narasi, Anda perlu memperhatikan ciri-ciri teks narasi dan struktur penyusunnya. Simak penjelasan lengkapnya melalui tulisan di bawah ini!

Bina-Qurani-Apa-itu-Teks-Narasi

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Apa itu Teks Narasi, Source: Photo by Ugurlu Pexels

Ciri-ciri Teks Narasi

Teks narasi merupakan suatu teks yang bertujuan untuk membagikan atau menyampaikan suatu pengalaman supaya para pembaca turut merasakan pengalaman tersebut. Namun, meskipun teks narasi lebih fokus pada cerita tentang peristiwa atau kejadian, namun tidak semua teks yang memuat peristiwa maupun kejadian bisa disebut teks narasi.

Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan karakteristik atau ciri-ciri teks narasi, untuk bisa mengidentifikasi teks narasi dan membedakannya dengan jenis teks lainnya. Berikut ciri-ciri teks narasi:

  1. Menceritakan peristiwa atau pengalaman penulisnya.
  2. Kejadian atau peristiwa yang diceritakan merupakan kejadian yang benar-benar terjadi atau imajinasi, atau gabungan dari keduanya.
  3. Berdasarkan pada konfliks yang terjadi.
  4. Mempunyai nilai estetika.
  5. Harus disusun secara kronologis.

Itulah beberapa ciri yang menandai suatu teks yang disebut sebagai teks narasi.

Bina-Qurani-Apa-itu-Teks-Narasi

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Apa itu Teks Narasi, Source: Photo by Karolina G Pexels

Struktur Teks Narasi

Selain mengetahui pengertian dan ciri-ciri teks narasi, Anda juga harus mengetahui struktur teksnya agar lebih memahami tentang apa itu teks narasi. Dengan demikian, Anda juga akan mengetahui mana yang menjadi bagian awal, klimaks atau puncak cerita, dan akhir dari cerita yang Anda baca.

Struktur utama teks narasi terdiri dari empat bagian utama. Bagian pertama yaitu bagian orientasi, lalu komplikasi, resolusi, dan terakhir adalah coda. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan singkatnya di bawah ini:

1. Orientasi

Struktur awal dari teks narasi adalah orientasi. Orientasi merupakan tahap awal pengenalan cerita. Pada bagian ini penulis biasanya memberikan berbagai informasi detail mengenai tokoh-tokoh yang terlibat dalam cerita, latar belakang tempat, dan juga waktunya.

2. Komplikasi

Kompilkasi yaitu bagian yang menjadi tahap penggambaran yang berisikan awal mula dari terjadinya masalah atau konflik, yang tertuang dalam cerita atau teks narasi tersebut. Kemudian ada juga reaksi yang diberikan oleh tokoh-tokoh yang terlibat dalam masalah tersebut.

Bagian komplikasi inilah, bagian yang paling seru dari teks narasi. Sebab, pada bagian ini, Anda bisa menemukan proses jatuh bangun tokoh utamanya, bagaimana cara dia melewati titik terendah dalam hidupnya, dan momen yang bisa membuat sang tokoh bangkit kembali.

Bina-Qurani-Apa-itu-Teks-Narasi

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Apa itu Teks Narasi, Source: Photo by Jens Pexels

3. Resolusi

Resolusi merupakan tahap pemecahan masalah dan ditandai dengan penurunan konflik sampai dengan selesai atau tuntas. Seringkali, banyak orang yang membaca teks narasi mengharapkan akhir atau penyelesaian yang bahagia. Padahal, teks narasi bisa berakhir bagaimana saja sesuai dengan kehendak penulisnya.

Bahkan, ada beberapa teks narasi yang membuat pembacanya merasa sedih, karena memiliki akhir yang tragis yang tidak sesuai dengan harapan para pembaca. Terlepas dari itu semua, seorang pembaca teks narasi tentu akan mendapatkan kesan yang mendalam dari cerita yang dibacanya.

4. Coda atau Re-Orientasi

Coda adalah bagiann atau tahap pemuatan pesan moral atau amanat dari kisah yang diceritakan. Bagian ini jamak ditulis sebagai penutup cerita. Dan yang paling penting, coda dalam teks narasi itu bersifat opsional alias tidak diwajibkan.

Itulah empat struktur utama teks narasi, yang menjadi penutup tulisan mengenai apa itu teks narasi, yang diawali dengan pengertian teks narasi dan ciri-cirinya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat.

Thumbnail Source: Photo by Lisa Pexels

Artikel Terkait:
Teks Persuasi: Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, dan Kaidah Penulisannya

TAGS
#Batas Wilayah Indonesia #Indonesia #khazanah #Lambang Sila Pertama #Olimpiade Tokyo 2020 #Pancasila #Pendiri Paskibraka #PPKM Level 4 #Struktur Teks Persuasi #Teks Ceramah #Teks Eksplanasi #Warga Negara #Sekolah Islam
© 2023 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login