Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Apa yang Dimaksud dengan Data Science

Bina-Qurani-Apa-yang-Dimaksud-dengan-Data-Science
Apa yang Dimaksud dengan Data Science

Munculnya himpunan data dengan volume yang besar atau big data, disebut-sebut sebagai salah satu faktor utama meningkatnya minat terhadap profesi di lingkup data science. Lingkup profesi data science ini meliputi data analyst, data engineer, data scientist, dan sejenisnya.

Meningkatnya hal tersebut dikarenakan hampir semua perusahaan tengah memberikan perhatian lebih terhadap data-data yang dimiliki oleh mereka. Dengan memanfaatkan pengolahan data yang benar, perusahaan dapat diprediksi akan memperoleh informasi penting yang berguna bagi perkembangan bisnis perusahaan.

Maka tidak heran apabila saat ini banyak orang berlomba-lomba untuk mempelajari data science, baik yang sedang mencari pekerjaan, maupun yang ingin beralih profesi menjadi seorang data scientist. Hal ini mereka lakukan demi memiliki keahlian dalam mengolah dan melakukan analisa data.

Oleh karena tingginya minat tersebut, maka pada kesempatan kali ini kami akan menulis tentang apa yang dimaksud dengan data science, mulai dari definisi, hal-hal yang dikerjakan oleh seorang data science, hingga keahlian-keahlian yang harus dimiliki.

Berikut penjelasannya!

Bina-Qurani-Apa-yang-Dimaksud-dengan-Data-Science

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Apa yang Dimaksud dengan Data Science, Source: Photo by Tiger L Pexels

Pengertian Data Science

Apa yang dimaksud dengan data science?

Data science adalah disiplin ilmu yang menggabungkan antara ilmu matematika dan statistik dengan ilmu komputer, yang bertujuan untuk menganalisa data dari himpunan-himpunan data yang ada. Baik himpunan data dalam skala yang kecil, maupun dalam skala yang besar, serta mengaplikasikan algoritma tertentu untuk menggali data dan mendapatkan pola data.

Hal ini dilakukan untuk melakukan perdiksi data dengan cukup akurat, sehingga bermanfaat dalam membantu mengambil keputusan bisnis. Selain itu juga dapat digunakan dalam membuat sistem artificial intelligence yang dapat terus belajar dengan sendirinya.

Menurut Prof. Murtaza Haider dari Ryerson University di Kanada, menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan data science melalui beberapa bukunya tentang data science.

Prof. Murtaza menjelaskan bahwa, “Secara sederhana dapatlah dikatakan bahwa data science terjadi ketika kita bekerja dengan data untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dengan data tersebut. Penekanannya lebih ke data itu sendiri dan bukan tentang sains atau ilmu yang dibutuhkan untuk menganalisanya. Jika kita memiliki data, lalu memiliki rasa ingin tahu terhadap kandungan dari data tersebut, lalu kita mempelajari, melakukan eksplorasi, memanipulasi, dan melakukan berbagai hal untuk menganalisis data tersebut dengan memanfaatkan ilmu dan teknologi tertentu untuk mendapatkan jawaban, itulah data science!”

Tujuan dari data science adalah untuk menemukan insight dari data. Data science juga dapat dipandang sebagai proses untuk mendestilasi atau mengekstraksi insight dari data. Data yang diolah dapat berukuran sedang hingga berukuran sangat besar.

Insight tersebut diibaratkan sebagai emas atau berlian yang meskipun hanya sedikit atau berukuran kecil, namun nilainya tetap tinggi. Insight merupakan informasi-informasi penting maupun model-model yang dibuat dari data yang bermanfaat dalam menentukan sebuah keputusan.

Bina-Qurani-Apa-yang-Dimaksud-dengan-Data-Science

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Apa yang Dimaksud dengan Data Science, Source: Photo by Pixabay Pexels

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Data Scientist

Data scientist adalah orang yang telah mempelajari ilmu data science dan mempunyai tugas untuk mengumpulkan, mengolah, dan melakukan analisa pada suatu basis data.

Seorang data scientist mempunyai tugas dan tanggung jawab khusus yang dibagi menjadi lima tahapan, yaitu:

1. Tahap Pendefinisian Masalah

Pada tahap ini seorang data scientist harus dapat mendefinisikan masalah atau mencari solusi dari sumber data suatu perusahaan. Data scientist harus mampu merumuskan insight yang spesifik yang akan digali. Pada tahap ini, rasa ingin tahu menjadi bekal yang sangat penting.

Adanya rasa keingin tahuan akan memberikan motivasi untuk menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan dalam menggali insight.

2. Tahap Pengumpulan Data

Setelah mampu menentukan insight yang akan digali, seorang data scientist perlu merumuskan data apa saja yang sekiranya dibutuhkan. Data tersebut harus dilihat apakah sudah tersedia keseluruhan atau baru tersedia sebagian. Jika belum tersedia seluruhnya, maka data scientist harus menggali data yang dibutuhkan dari berbagai sumber.

3. Tahap Eksplorasi dan Penyiapan Data

Setelah data terkumpul, maka tahapan selanjutnya adalah mempelajari seluruh komponen data dengan seksama. Misalnya, jika data tersebut berbentuk table, maka makna dan nilai tiap-tiap kolom harus dipahami.

Untuk memahami data-data yang cukup kompleks dan berukuran besar, seringkali perlu dibuat visualisasi, dan juga komputasi statistik untuk mendapatkan ringkasan data. Data tersebut juga harus diperiksa, karena seringkali data hasil pengumpulan tersebut masih kotor dan berisi nilai yang salah atau hilang. Maka data perlu dicek agar keseluruhannya siap untuk dianalisa.

4. Tahap Analisis Data

Jika data sudah disiapkan dengan sempurna dan matang, tahap selanjutnya adalah proses analisis data. Pada tahap ini dapat dilakukan dengan mudah apabila seorang data scientist telah menguasai teknik/algoritma, teknologi atau tools yang akan digunakan.

Analisis data dilakukan melalui beberapa proses dan pengulangan, hingga mendapatkan hasil yang matang sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan.

5. Tahap Storrytelling

Tahapan terakhir yang harus dikerjakan oleh seorang data scientist adalah storytelling. Pada tahap ini seorang data scientist menyampaikan dan mengkomunikasikan segala proses serta hasil temuan analisis data dengan sistematis, menarik, tidak ambigu dan mudah dipahami bagi perusahaan.

Dengan proses storytelling, insight yang ditemukan diharapkan dapat dimanfaatkan untuk menjadi kebijakan, program kerja, maupun action bagi perusahaan.

Itulah lima tahapan tugas, dan tanggung jawab seorang data scientist, yang sekaligus menutup tulisan tentang apa yang dimaksud dengan data science. Semoga bermanfaat!

Thumbnail Source: Photo by Lukas Pexels

Artikel Terkait:
Teknik Visualisasi Data Multidimensi

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login