Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Apa yang Dimaksud Teks Eksplanasi

Bina-Qurani-Apa-Yang-Dimaksud-Teks-Eksplanasi

Apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi? – Di antara kita mungkin sering membaca sebuah tulisan di media elektronik maupun di media cetak yang di dalamnya berisi tentang sebuah proses terjadinya bencana alam atau proses terbentuknya suatu negara dan proses-proses yang lainnya.

Tulisan yang di dalamnya menjelaskan tentang proses terjadinya sesuatu itulah yang dimaksud sebagai teks eksplanasi. Meskipun teks eksplanasi terdengar asing di telinga, namun pada kenyataannya kita sudah sering membaca teks jenis ini.

Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan terkait dengan teks eksplanasi antara lain yaitu:

  • Apa yang dimaksud teks eksplanasi?
  • Bagaimana ciri-ciri teks eksplanasi?
  • Bagaimana struktur teks eksplanasi?

Pada kesempata kali ini, kami akan coba menjawab mengenai apa yang dimaksud teks eksplanasi, bagaimana ciri-ciri, dan strukturnya. Yuk kita simak ulasan berikut ini, agar kita semakin memahami apa itu teks ekplanasi.

Bina-Qurani-Apa-Yang-Dimaksud-Teks-Eksplanasi

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Apa Yang Dimaksud Teks Eksplanasi, Source: Photo From Victor Pexels

Apa Yang Dimaksud Teks Eksplanasi?

Untuk mengetahui apa yang dimaksud teks eksplanasi, tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian dari teks eksplanasi.

Teks eksplanasi adalah sebuah jenis teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana dapat terjadinya kejadian-kejadian alam, kejadian sosial, ilmu pengetahuan, budaya maupun kejadian kejadian yang lainnya.

Selain itu, beberapa tokoh juga berpendapat terkait apa yang dimaksud teks eksplanasi. Berikut adalah pengertian teks eksplanasi menurut beberapa tokoh:

  • Apa yang dimaksud teks eksplanasi menurut Pardiyono, adalah sebuah teks yang berusaha untuk menjabarkan proses terbentuknya sebuah fenomena alam. Tidak hanya yang berbentuk fenomena alam saja. Ternyata juga fenomena sosial.
  • Menurut Tomi Rianto, apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah sebuah bentuk teks yang mengulas tentang mengapa dan bagaimana terjadinya sebuah peristiwa. Apapun itu bentuk peristiwa, baik peristiwa alam, peristiwa sosial, peristiwa budaya, hingga peristiwa ilmu pengetahuan sekalipun.
  • Sedangkan menurut Knap dan Watkins, apa yang dimaksud tek eksplanasi adalah teks yang menjelaskan dua orientasi. Orientasi pertama menekankan kepada bagaimana dan mengapa fenomena itu terjadi. Orientasi kedua, lebih menekankan pada probabilitas kemunculan dalam sebuah teks eksplanasi.

Demikian beberapa pengertian teks eksplanasi menurut pendapat para tokoh.

Bina-Qurani-Apa-Yang-Dimaksud-Teks-Eksplanasi

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Apa Yang Dimaksud Teks Eksplanasi, Source: Photo From Pixabay Pexels

Selain beberapa pengertian teks eksplanasi di atas, kita juga dapat melihat bahwa secara umum pengertian teks eksplanasi, diambil dari bahasa asing yaitu explanation, yang artinya penjelasan atau keterangan.

Menurut britishcourse[dot]com, menyebutkan apa yang dimaksud teks eskplanasi melalui penjelasan sebagai berikut:

Explanation is a text which tell processes relating to forming of natural, social, scientific, and cultural phenomena. Explanation text is to say ‘why’ and ‘how’ of the forming of the phenomena. It is often found in science, geography and history text books.

Britishcourse[dot]com

Yang artinya:

Eksplanasi adalah teks yang menceritakan tentang proses-proses yang berkaitan tentang bagaimana pembentukan fenomena alam, sosial, ilmiah, dan budaya. Teks eksplanasi adalah teks untuk mengatkaan mengapa dan bagaimana terbentuknya fenomena. Ini sering ditemukan dalam buku teks sains, geografi, dan sejarah.

Jadi dapat disimpulkan bahwa, apa yang dimaksud teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana terjadinya kejadian-kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, dan budaya.

Bina-Qurani-Apa-Yang-Dimaksud-Teks-Eksplanasi

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Apa Yang Dimaksud Teks Eksplanasi, Source: Photo From Luis Quintero Pexels

Bagaimana Ciri-ciri Teks Eksplanasi?

Setelah kita mengetahui tentang apa yang dimaksud teks eksplanasi, hal berikutnya yang perlu kita lakukan untuk dapat membedakan teks eksplanasi dengan jenis teks yang lainnya adalah mengetahui ciri-ciri teks eksplanasi.

Berikut ini adalah ciri-ciri teks eksplanasi:

  1. Strukutur teksnya jelas
  2. Informasi yang diberikan sesuai dengan data dan fakta
  3. Hal yang dibahas bersifat keilmuan
  4. Bersifat informatif
  5. Menggunakan urutan atau tahapan poin
  6. Lebih fokus pada hal-hal umum
Bina-Qurani-Apa-Yang-Dimaksud-Teks-Eksplanasi

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Apa Yang Dimaksud Teks Eksplanasi, Source: Photo From Freepik

Bagaimana Struktur Teks Eksplanasi?

Sebuah teks dapat dikatakan sebagai teks eksplanasi apabila memiliki struktur teks eksplanasi berikut ini:

1. Judul Teks

Judul merupakan poin utama yang menggambarkan tentang apa yang akan dijabarkan di dalam teks tersebut. Penulisan judul lebih baik tidak terlalu panjang, karena akan menghilangkan esensi dari apa yang hendak dijelaskan.

2. Penyataan Umum

Yaitu bagian yang menjelaskan tentang gambaran umum suatu peristiwa atau kejadian alam yang akan dibahas oleh penulis. Pada bagian ini biasanya mengangkat tentang proses bagaimana peristiwa atau kejadian alam tersebut bisa terjadi.

3. Urutan Sebab Akibat

Yaitu bagian yang menjelaskan tentang penyebab dan akibat yang ditimbulkan dari kejadian atau peristiwa tersebut.

Bina-Qurani-Apa-Yang-Dimaksud-Teks-Eksplanasi

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Apa Yang Dimaksud Teks Eksplanasi, Source: Photo From Artem Beliaikin Pexels

4. Interpretasi

Intrepretasi merupkan kesimpulan dari seluruh kejadian yang sudah dibahas pada tiga poin utama di atas. Pada bagian ini, penulis dapat memberikan opini atau tanggapan mengenai kejadian atau peristiwa yang diangkat dalam teks tersebut.

Sebuah teks dikatakan teks eksplanasi apabila dalam penyusunannya mempunyai struktur yang jelas. Apabila sebuah teks tidak memiliki beberapa struktur di atas, maka dapat dikatakan bahwa teks yang kita baca tersebut bukanlah termasuk bagian dari teks eksplanasi.

Demikianlah ulasan singkat mengenai apa yang dimaksud teks eksplanasi, ciri-ciri teks eksplanasi, dan struktur teksnya. Semoga penjelasan di atas dapat dipahami dan diambil manfaatnya.

Semoga bermanfaat.

Thumbnail Source: Photo From Corinne Kutz Unsplash

Artikel Terkait:
Ciri-Ciri Pantun

TAGS
#Batas Wilayah Indonesia #Ciri-ciri Pantun #Indonesia #Kata Kerja Mental #khazanah #Lambang Sila Pertama #Olimpiade Tokyo #Pancasila #Pendiri Paskibraka #PPKM Level 4 #Teks Ceramah #Teks Eksplanasi #Warga Negara #Sekolah Islam
Login