Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Apakah Menelan Ludah Membatalkan Puasa?

Bina-Qurani-Apakah-Menelan-Ludah-Membatalkan-Puasa
Apakah Menelan Ludah Membatalkan Puasa?

Pertanyaan: Apakah menelan ludah dapat membatalkan puasa?

Jawaban:

Banyak dari kita yang beranggapan bahwa menelan ludah atau memainkan ludah dalam kondisi berpuasa, dapat menyebabkan puasa menjadi batal. Benarkah anggapan demikian itu? Anggapan seperti demikian itu tidaklah tepat.

Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz Raḥimahullāh. Beliau mengatakan bahwa kasus menelan ludah saat berpuasa tidaklah menjadi penyebab batalnya seseorang. Di antara para ulama terkait hal ini (menelan ludah) tidak ada perbedaan pendapat.

Bina-Qurani-Apakah-Menelan-Ludah-Membatalkan-Puasa

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Apakah Menelan Ludah Membatalkan Puasa, Source: Photo by Pixabay Pexels

Menelan ludah tidaklah sampai membatalkan puasa, karena menelan ludah adalah hal yang sulit untuk dihindari oleh setiap orang.

Hal ini berbeda dengan kasus dahak. Menurut Syaikh Muhammad bin Shaleh Al-Utsaimin, dahak atau lendir kental yang ada di mulut wajib dikeluarkan, dan tidak boleh ditelan baik dalam keadaan berpuasa maupun tidak berpuasa. Dahak adalah benda kotor. Bahkan bisa jadi membawa penyakit hasil dari proses metabolisme tubuh.

Akan tetapi, menelan dahak baik disengaja atau tidak disengaja, tidak dapat membatalkan puasa. Selama dahak tersebut belum dikeluarkan dari mulut. Menelan dahak juga tidak dapat disamakan dengan kegiatan makan atau minum. Sebab, dahak merupakan hasil produksi dari dalam tubuh manusia.

Jadi jelas, menelan ludah tidaklah masalah dan tidak dapat membatalkan puasa seseorang. Itulah penjelasan dari dua ulama dari Kerajaan Saudi Arabia.

Thumbnail Source: Photo by Daniel Pexels

Artikel Terkait:
Hukum Puasa Ramadhan dan Keutamaannya

TAGS
#ihlas beramal #ikhlas beramal shalih #ikhlas beramal #ikhlas dalam beramal #ikhlas dalam beribadah #ikhlas ketika shalat #ikhlas #kiat-kiat ikhlas #niat yang ikhlas #pengertian ikhlas #pentingnya ikhlas beramal #urgensi ikhlas dalam islam
Login