Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Apakah Omicron Lebih Berbahaya Dari Varian Lain?

Bina-Qurani-Apakah-Omicron-Lebih-Berbahaya
Apakah Omicron Lebih Berbahaya Dari Varian Lain?

Munculnya varian baru virus corona 2019 membuat negara di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia, kembali lebih siaga dan waspada terhadap penyebaran virus Covid-19. Setelah beberapa bulan yang lalu muncul beragam varian virus seperti Varian Alfa (B.1.1.7), Varian Beta (B.1.351), Varian Gamma (P.1), Varian Delta (B.1.617.2), Varian Lambda (C.37), dan Varian Kappa (1.617.2), kini dunia kembali dibuat waspada dengan munculnya baru yang bernama Varian Omicron (B.1.1.529).

Varian Omicron adalah varian virus corona yang pertama kali terdeteksi di Benua Afrika. Varian baru ini disebut-sebut sebagai varian yang sangat cepat dalam menularkan virus corona.

Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), menjelaskan bahwa Varian Omicron adalah varian virus corona yang pertama kali ditemukan pada tanggal 24 November 2021 di Afrika Selatan.

Penamaan Varian Omicron oleh WHO, merujuk pada alfabet bahasa Yunani kuno. Penggunaan nama ini menyusul setelah varian-varian sebelumnya juga menggunakan bahasa alfabet Yunani seperti alpha, beta, gamma, dan delta. Berdasarkan kamus Merrian-Webster, Omicron merupakan huruf ke 15 dalam alfabet Yunani yang artinya huruf o kecil.

Dalam situs resminya, WHO juga mengatakan bahwa Varian Omicron merupakan varian baru yang dalam proses penularannya bekerja sangat cepat.

Lalu apakah omicron lebih berbahaya dari varian lain? Berikut beberapa penjelasan beberapa ahli virus dunia!

Bina-Qurani-Apakah-Omicron-Lebih-Berbahaya

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Apakah Omicron Lebih Berbahaya, Source: Photo by JC Gellidon on Unsplash

Penjelasan Pakar, Apakah Omicron lebih Berbahaya dari Varian Lain?

Menanggapi kecemasan masyarakat dunia terkait pertanyaan, apakah omicron lebih berbahaya dari varian lain? Beberapa pakar penyakit menular dunia memberikan penjelasan yang membuat dunia bisa sedikit bernapas lebih lega.

Berikut penjelasan dari Dr. Anthony dan Dr. Maria:

1. Dr. Anthony Fauci

Menjawab tentang apakah omicron lebih berbahaya dari varian lain, Dr. Anthony Fauci seorang pakar penyakit menular terkemuka di Amerika Serikat, menyebut bahwa indikasi awal kasus infeksi akibat varian baru virus corona B.1.1.529 atau omicron tidak lebih berbahaya dari varian lain.

Dikutip dari Al-Jazeera, Dr. Fauci mengatakan, “Meskipun terlalu dini untuk membuat pernyataan yang benar dan pasti tentang hal itu, sejauh ini tidak ada tingkat keparahan yang besar akibat virus varian omicron.”

“Meski demikian, kami benar-benar harus berhati-hati sebelum membuat keputusan apapun bahwa itu tidak terlalu parah, atau itu benar-benar tidak menyebabkan penyakit parah seperti delta.” Tambah Dr. Fauci menjelaskan.

2. Dr. Maria Van Kerkhove

Ahli epidemiologi Badan Kesehatan Dunia atau WHO, Dr. Maria Van Kerkhove juga mengatakan bahwa varian Omicron terbukti tidak lebih berbahaya dari varian Delta. Namun, hal itu tetap menjadi masalah yang harus diselesaikan dan diatasi.

Dr. Maria mengatakan bahwa, “Meskipun jika kami memiliki sejumlah kasus ringan yang besar, beberapa dari mereka akan tetap memerlukan rawat inap, masuk ke ruang ICU, bahkan beberapa dari mereka ada yang meninggal dunia. Kami tidak ingin melihat itu terjadi di atas situasi yang sudah sulit dengan beredarnya varian Delta secara global.”

Pejabat Kesehatan WHO tersebut juga mengatakan bahwa varian Omicron tersebut telah menyebar ke 15 negara bagian, seperti California, Colorado, Connecticut, Hawaii, Maryland, Massachusetts, Minnesota, Missouri, Nebraska, New Jersey, New York, Pennsylvania, Utah, Washington, dan Wisconsin.

Dua penjelasan di atas telah menjawab terkait pertanyaan, apakah omicron lebih berbahaya dari varian lain? Dan jawabannya adalah tidak!

Meski demikian, kita tetap harus waspada terhadap kasus penyebaran virus corona varian omicron.

Bina-Qurani-Apakah-Omicron-Lebih-Berbahaya

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Apakah Omicron Lebih Berbahaya, Source: Photo by Viktor Forgacs on Unsplash

Cara Mencegah Virus Corona Varian Omicron?

Masuknya virus corona ke Indonesia, menimbulkan kepanikan dan ketakutan pada sebagian orang. Ada pula yang menyikapinya dengan tenang dan bijak, serta mencari solusi dan jalan keluar yang terbaik.

Memahami kondisi mental dan psikologi masyarakat Indonesia, Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan kemudian memberikan titik terang tentang bagaimana cara mencegah virus corona agar tidak menyebar lebih luas.

Meskipun, bagaimana cara mencegah virus corona yang disampaikan oleh Kementrian Kesehatan ini tidaklah menjamin 100% seseorang dapat terhindar dari virus corona, setidaknya dengan mengetahui bagaimana cara mencegah virus corona kita dapat meminimalisir tertularnya virus yang sedang mewabah ini.

Berikut ini adalah bagaimana cara mencegah virus corona varian terbaru pada tahun 2021. Pencegahan virus corona ini sering disosialisasikan oleh Kementrian Kesehatan dengan sebutan Protokol Kesehatan 5 M, sebagai berikut:

  • Mencuci Tangan
  • Memakai Masker
  • Menjaga Jarak
  • Membatasi Mobilitas
  • Menjauhi Kerumunan

Lima poin di atas adalah langkah bagaimana cara mencegah viirus corona yang bisa dilakukan oleh setiap orang.

Thumbnail Source: Photo by Fusion Medical on Unsplash

Artikel Terkait:
Gejala Covid Varian Omicron

TAGS
#doa berlindung dari virus corona #doa keselamatan #doa memohon perlindungan #doa sehari-hari #doa terhindar dari virus #Doa-doa #memutus rantai virus penyebaran #mencegah virus corona
Login