Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Aplikasi Mobile Dalam Revolusi Industri 4.0

Bina-Qurani-Aplikasi-Mobile-dalam-revolusi-Industri-4-0
Aplikasi Mobile Dalam Revolusi Industri 4.0

Perkembangan teknologi di era transformasi digital terlilhat semakin pesat dan semakin manjamur di berbagai sisi kehidupan. Rancangan demi rancangan digital diciptakan untuk menghasilkan teknologi yang dapat menyederhanakan kerja manusia.

Rancangan digital yang diciptakan juga tidak lagi dalam bentuk perangkat keras saja, tetapi juga dalam bentuk perangkat lunak yang dioperasikan oleh brainware. Salah satu rancangan digital yang dikembangkan dalam bentuk perangkat lunak ini adalah aplikasi mobile.

Aplikasi mobile dikembangkan oleh manusia dengan beragam tujuan yang ingin dicapai, tergantung dari faktor kebutuhan manusia. Misalnya saja pada pengembangan aplikasi mobile dalam revolusi industri 4.0 yang diciptakan sebagai sarana untuk pemasaran produk industry.

Selain pengembangan aplikasi mobile dalam revolusi indutri 4.0, manusia juga mengembangkan aplikasi mobile sebagai sarana untuk monitoring kesehatan sebagaimana aplikasi mobile yang terinstall pada smartwatch dan semisalnya.

Penggunaan aplikasi mobile telah banyak membantu manudia dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari dengan mudah dan efisien. Perkembangan ini menjadi salah satu hasil dari proses revolusi digital 4.0.

Bina-Qurani-Aplikasi-Mobile-dalam-revolusi-Industri-4-0

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Aplikasi Mobile dalam Revolusi Industri 4.0, Source: Photo by Cottonbro from Pexels

Pengertian Aplikasi Mobile

Apa itu aplikasi mobile?

Aplikasi mobile atau sering juga disebut sebagai mobile apps adalah perangkat lunak yang dikembangkan menggunakan program komputerisasi, dan disematkan pada perangkat mobile seperti smartphone, smartwatch, tablet, ipod, dll. Ada dua jenis aplikasi mobile yang disediakan pada setiap perangkat, yaitu aplikasi bawaan dan aplikasi tambahan.

Aplikasi bawaan merupakan aplikasi mobile yang sudah tersedia pada setiap perangkat mobile ketika proses manufaktur. Sedangkan aplikasi tambahan adalah aplilkasi mobile yang dikembangkan oleh pihak ketiga dan dapat didownload oleh pengguna melalui playstore atau Appstore yang telah disediakan pada setiap perangkat.

Dengan menggunakan aplikasi mobile, seorang pengguna dapat dengan mudah melakukan berbagai macam aktivitas mulai dari belajar, hiburan, berbisnis, mengerjakan pekerjaan kantor, browsing, dan sejenisnya.

Menurut Lee, Schell dan Schneider, banyak terjadi anggapan yang salah dari masyarakat terkait aplikasi mobile seperti:

  • Masyarakat menganggap bawa pengembangan aplikasi untuk perangkan mobile lebih mudah dan sederhana dibandingkan dengan aplikasi berbasis web atau PC.
  • Banyak pendapat yang mengatakam bahwa pengembangan aplikasi pada perangkat mobile memerlukan waktu yang lebih cepat. Padahal, pada kenyataannya pengembangan aplikasi mobile justru memerlukan waktu yang relatif lama.
  • Biaya pengembangan aplikasi mobile juga dianggap lebih rendah. Padahal pengembangan aplikasi mobile justru membutuhkan biaya yang lebih tinggi.
Bina-Qurani-Aplikasi-Mobile-dalam-revolusi-Industri-4-0

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Aplikasi Mobile dalam Revolusi Industri 4.0, Source: Photo by Tiger Lily from Pexels

Manfaat Aplikasi Mobile dalam Revolusi Industri 4.0

Pengembangan aplikasi mobile, pada awalnya hanya digunakan sebatas untuk sarana hiburan, komunikasi, dan penyalur informasi sehari-hari. Namun seiring perkembangannya, aplikasi mobile mulai banyak digunakan di berbagai sektor salah satunya dalam dunia industri.

Berikut ini adalah beberapa manfaat aplikasi mobile dalam revolusi industri 4.0:

1. Sarana Penyebar Informasi

Pemanfaatan aplikasi mobile dalam revolusi industry 4.0 digunakan sebagai sarana penyebar informasi ke berbagai penjuru dunia. Dengan aplikasi mobile, penyebaran informasi dapat dilakukan dengan mudah dan efisien. Tanpa memerlukan waktu yang lama, informasi dapat terdistribusi ke seluruh penjuru dunia.

2. Sarana Marketing

Aplikasi mobile dalam revolusi industri 4.0 juga dimanfaatkan sebagai sarana marketing produk suatu perusahaan. Pemasaran produk dengan menggunakan aplikasi mobile dapat dilakukan melalui berbagai cara, baik melaui marketplace atau aplikasi mobile lain yang mendukung proses pemasaran.

3. Membangun Brand Perusahaan

Bagi suatu perusahaan perintis atau startup dapat melakukan branding dengan menggunakan aplikasi mobile. Selain untuk membangun brand perusahaan, aplikasi mobile juga dapat dimanfaatkan untuk memberikan pelayanan langsung kepada pelanggan atau calon pelanggan.

4. Meningkatkan Konversi Penjualan

Penggunaan aplikasi mobile dalam revolusi industri 4.0 juga dapat meningkatkan konversi penjualan suatu produk.

Itulah beberapa manfaat dari penggunaan aplikasi mobile dalam revolusi industri 4.0, selain beberapa manfaat di atas, tentu masih banyak mafaat lain dari aplikasi mobile pada suatu perangkat. Maka tidak herap apabila aplikasi mobile ini dirasa lebih menguntungkan dibandingkan dengan aplikasi berbasis web.

Bina-Qurani-Aplikasi-Mobile-dalam-revolusi-Industri-4-0

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Aplikasi Mobile dalam Revolusi Industri 4.0, Source: Photo by Daniel Frank from Pexels

Keunggulan Aplikasi Mobile

Selain memiliki segudang manfaat, aplikasi mobile juga memiliki beberapa keunggulan bagi kehidupan masyarakat digital 4.0. Berikut ini beberapa keunggulan dari aplikasi mobile:

1. Tampilan Menarik

Salah satu keunggulan dari aplikasi mobile adalah memiliki tampilan antar muka atau user interface yang lebih menarik dibanding aplikasi berbasis web. User interface pada aplikasi mobile dirancang dengan desain layout, tema, dan icon yang menarik, serta disesuaikan dengan tujuan dari pengembangan aplikasi tersebut.

2. Digunakan Tanpa Internet

Tidak semua pengembangan aplikasi mobile harus diakses dengan internet, banyak pula aplikasi mobile yang bisa diakses oleh penggunanya tanpa menggunakan internet atau dalam keadaan offline.

3. Tanpa Batasan Waktu

Aplikasi mobile dapat digunakan kapan saja dan dimana saja, tanpa adanya batasan waktu. Seorang pengguna dapat mengakses aplikasi mobile selama 24 jam nonstop melalui perangkat yang dimiliki, tergantung dari kekuatan dan spesifikasi perangkatnya tersebut.

Demikian beberapa keunggulan dari aplikasi mobile, yang sekaligus menjadi penutup pada tulisan tentang aplikasi mobile dalam revolusi industri 4.0.

Semoga bermanfaat.

Thumbnail Source: Photo by Pixabay from Pexels

Artikel Terkait:
Penerapan Augmented Reality di Berbagai Bidang

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login