Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Aplikasi Unduhan Cepat

Bina-Qurani-Aplikasi-Unduhan-Cepat
Aplikasi Unduhan Cepat

Bagi sebagian orang, koneksi internet merupakan suatu kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dan wajib dipenuhi dalam menjalani aktifitas kehidupan sehari-hari. Kebutuhan akan koneksi internet ini dibarengi dengan terus berkembangnya berbagai teknologi modern yang seolah tidak ada hentinya.

Dengan adanya koneksi internet yang dapat diakses pada perangkat kita baik PC maupun smartphone, tentu akan memberikan kemudahan bagi kita untuk melakukan berbagai aktivitas seperti:

  • Mengikuti pembelajaran online via Zoom atau Google Meet.
  • Mengakses materi pembelajaran.
  • Mengunduh materi pelajaran.
  • Rapat online dengan atasan atau client menggunakan Zoom atau Google Meet.
  • Mengunduh dan mengunggah file pekerjaan.

Aktivitas pembelajaran maupun pekerjaan yang dilakukan secara online seperti beberapa kegiatan di atas tentu tidak dapat terlepas dari koneksi internet. Akan tetapi, justru membutuhkan koneksi internet yang stabil.

Bina-Qurani-Aplikasi-Unduhan-Cepat

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Aplikasi Unduhan Cepat, Sourve: Photo From Mika Baumeister Unsplash

Berbicara tentang koneksi internet untuk mengunduh materi pembelajaran maupun file pekerjaan, terdapat beberapa tips yang wajib kalian ketahui agar dapat menunduh file dalam bentuk apapun dengan lebih cepat.

Salah satu tips yang dapat kalian lakukan adalah, dengan mengunduh file pekerjaan maupun pembelajaran menggunakan software atau aplikasi unduhan cepat yang dapat kita temukan pada beberapa situs di internet.

Lalu, apa sih aplikasi unduhan cepat yang paling direkomendasikan?

Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak!

5 Aplikasi Unduhan Cepat untuk Desktop

Untuk dapat mengunduh suatu file video, file gambar ataupun file dalam bentuk yang lainnya, sebetulnya kita tidak perlu menggunakan aplikasi unduhan cepat tambahan lagi. Setiap aplikasi web browser, telah menyediakan fitur bawaan yang dapat kalian gunakan untuk mengunduh file.

Namun, kecepatan unduhan pada fitur bawaan web browser tentu tidak akan secepat dengan aplikasi yang memang diciptakan khusus untuk melakukan unduhan. Oleh karena itu, sebagian orang membutuhkan aplikasi unduhan cepat agar dapat memaksimalkan waktu dalam mengunduh file.

Bina-Qurani-Aplikasi-Unduhan-Cepat

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Aplikasi Unduhan Cepat, Sourve: Photo From Freepik

Berikut ini adalah beberapa aplikasi unduhan cepat yang dapat kita gunakan:

1. Internet Download Accelerator

Salah satu aplikasi unduhan cepat yang dapat kita pasang pada desktop kita adalah Internet Download Accelerator. Internet Download Accelerator adalah aplikasi unduhan cepat yang memiliki beberapa fitur, seperti:

  • Mengemas sekumpulan unduhan melalui variable URL.
  • Melakukan pemindaian virus untuk keamanan unduhan.
  • Menggunakan Hotkey.
  • Mengunduh otomatis dengan ekstensi file tertentu yang dapat dipilih.
  • Mengunduh dengan protokol HTTP, HTTPS, maupun FTP.

Selain beberapa fitur di atas, Internet Download Accelerator juga dapat mengintegrasikan toolbar yang dimiliki dengan aplikasi web browser seperti Firefox untuk dapat mengunduh file dengan lebih mudah. Internet Download Accelerator juga menyediakan pligin untuk keperluan mengunduh file, yang akan memperluas fungsi dari keseluruhan aplikasi Internet Download Acceleretor.

Dibalik beberapa fitur keunggulannya, aplikasi unduh cepat ini memiliki satu kekurangan. Kekurangannya tersebut adalah, hanya dapat dijalankan di perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows.

Bina-Qurani-Aplikasi-Unduhan-Cepat

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Aplikasi Unduhan Cepat, Sourve: Photo From Freepik

2. JDownloader

JDownloader juga termasuk sebagai salah satu aplikasi unduhan cepat yang dapat membantu kebutuhan kalian dalam mengunduh file pekerjaan maupun pembelajaran.

Beberapa fitur keren yang ditawarkan oleh JDownloader antara lain adalah:

  • Monitoring Remote – Fitur ini dapat membantu kalian untuk memantau hasil unduhan ketika kita sedang beraktifitas di luar rumah dan tidak dapat menunggu unduhan di depan PC. Fitur ini bisa didapatkan hanya dengan melakukan instalasi aplikasi JDownloader di smartphone kalian melalui playstore.
  • Link Grabber – Dengan adanya fitur ini, kalian dapat dengan mudah mengunduh banyak hal hanya dengan copy paste URL file yang akan kita unduh. Fitur ini juga berlaku untuk mengunduh video youtube dengan kualitas video sesuai yang kita inginkan.
3. Free Download Manager

Aplikasi unduhan cepat lain yang dapat kita pasang di PC kita adalah Free Download Manager. Free Download Manager atau FDM adalah aplikasi unduh cepat gratis yang memiliki beberapa fitur, seperti:

  • Dapat mengunguh beberapa unduhan sekaligus.
  • Dapat mengunduh torrent.
  • Melihat pratinjau file zip sebelum diunduh.
  • Membatalkan unduhan file tertentu dari folder terkompressi.
  • Mengunduh seluruh situs web.
  • Melanjutkan unduhan yang terputus.
  • Mengontrol alokasi bandwith untuk semua unduhan.

Untuk mendapatkan aplikasi unduhan cepat ini kalian dapat langsung mengunjungi situs resminya di www[dot]freedownloadmanager[dot]org.

Bina-Qurani-Aplikasi-Unduhan-Cepat

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Aplikasi Unduhan Cepat, Sourve: Photo From Freepik

4. Xtreme Download Manager (XDMan)

Xtreme Download Manager atau XDMan merupakan salah satu aplikasi unduhan cepat yang paling kami rekomendasikan untuk dipasang di perangkat kalian.

Meskipun Xtreme Download Manager memiliki user interface atau antarmuka yang cukup sederhana dibandingkan dengan aplikasi unduhan cepat yang lainnya, namun XDMan memiliki berbagai fitur canggih yang tidak dimiliki aplikasi lain, seperti:

  • Dapat meningkatkan kecepatan unduhan sampai lima kali lipat.
  • Menghemat streaming video youtube, Dailymotion, Facebook, Google Video, Vimeo dan berbagai situs lainnya.
  • Mampu melanjutkan unduhan yang rusak.
  • Dapat mengkonversi file unduhan.

Selain beberapa fitur di atas, XDMan juga telah terintegrasi dengan beberapa aplikasi web browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera dan beberapa browser lainnya.

Bina-Qurani-Aplikasi-Unduhan-Cepat

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Aplikasi Unduhan Cepat, Sourve: Photo From Emile Perron Unsplash

5. Download Accelerator Plus

Aplikasi unduhan cepat yang lainnya yang kami rekomendasikan adalah Download Accelerator Plus atau DAP.

Download Accelerator Plus merupakan salah satu aplikasi unduhan yang dikemas dengan peningkatan teknologi terkini dalam mengunduh berbagai jenis file. Aplikasi unduhan cepat ini memiliki berbagai fitur yang ditawarkan di dalamnya, seperti:

  • Mengunduh file dengan depat.
  • Melihat tentang info file sebelum diunduh.
  • Memastikan file unduhan aman.
  • Memeriksa konten saat unduhan dimulai.
  • Dan beberapa fitur lainnya.

Selain beberapa fitur di atas, DAP juga menyediakan berbagai add-on dari komunitas pengembang seperti ZIP Preview, FTP Browser, dan DAPsters Manager.

Demikianlah lima aplikasi unduhan cepat yang paling direkomendasikan untuk dipasang di perangkat kalian. Semoga dapat membantu dan memberikan kemudahan dalam setiap pekerjaan dan proses belajar kalian.

Thumbnail Source: Photo From Wallpapers Vista

Artikel Terkait:
Aplikasi Karya Anak Bangsa

TAGS
#Belajar Website Pemula #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login