Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Arti Al Alim

Bina-Qurani-Arti-Al-Alim
Arti Al Alim

Sebagai seorang muslim, kita harus mengimani seluruh nama dan sifat-sifat Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā. Mengimani nama dan sifat-sifat Allah artinya menetapkan apa yang telah Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā tetapkan pada diri-Nya, baik penetapan di dalam Alquran maupun di dalam hadis Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam.

Dalam makna lain, menginami nama dan sifat-sifat Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berarti membenarkan di dalam hati terhadap apa yang telah disampaikan oleh Allah dan Rasul-Nya, sesuai dengan apa yang diucapkan oleh lisan dan juga sesuai dengan apa yang dikerjakan oleh seluruh anggota badan.

Iman kepada nama dan sifat Allah harus sesuai dengan apa yang telah Allah dan Rasul-Nya tetapkan, tanpa tahrif, ta’thil, takyif, dan tamsil. Tahrif artinya mengubah nama dan sifat Allah, ta’thil artinya mengosongkan atau meniadakan atau meninggalkan, takyif artinya menkaifiyahkan atau menyebutkan karakteristiknya, dan tamsil artinya menyebutkan sesuatu dengan yang semisal.

Sebagaimana firman Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā dalam Alquran Surat Al-A’raf,

وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى فَادْعُوهُ بِهَا وَذَرُوا الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَائِهِ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ (180)

Artinya:

“Dan Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā memiliki Asma’ul Husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asmaul Husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalah artikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. Al-A’raf [07]: 180)

Di antara nama dan sifat Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā yang wajib diimani oleh setiap muslim adalah bahwa Allah memiliki nama dan sifat Al Alim. Apa itu Al Alim? Berikut penjelasan tentang arti Al Alim!

Bina-Qurani-Arti-Al-Alim

Site: Bina Qurani islamic School, Image: Arti Al Alim, Source: Photo By The Dancing Rain Unsplash

Arti Al Alim Sebagai Nama dan Sifat Allah

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā memiliki sifat Al Alim, arti Al Alim adalah Maha Mengetahui segala sesuatu. Arti Al Alim ini merupakan sebuah penetapan dari Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā bahwa Dialah Dzat yang Maha Mengetahui segala sesuatu, baik sebelum atau sesudah sesuatu itu ada.

Allah mengetahui segala yang ada di atas langit dan apa yang ada di seluruh permukaan bumi. Baik itu galaksi maupun bintang-bintang terjauh yang tidak dapat dijangkau oleh manusia. Demikian pula Allah mengetahui segala yang ada di permukaan bumi, di dalam perut bumi, di dasar laut dan di segala penjuru bumi Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā mengetahuinya dengan sempurna.

Selain mengetahui apa-apa yang nampak, Allah juga mengetahu segala sesuatu yang ghaib atau tidak nampak. Misalnya, Allah mengetahui apa yang ada di pikiran manusia, mengetahui apa yang ada di dalam hati manusia, mengetahui segala motif dan niat manusia sekalipun ia tidak terlihat, tersembunyi, dan dirahasiakan rapat-rapat.

Di dalam Alquran, setidaknya terdapat 138 ayat Alquran yang menyebutkan sifat Al Alim yang dimiliki oleh Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā. Di antara ayat-ayat tersebut adalah:

1. QS. Al-Baqarah Ayat 29

Di dalam QS. Al-Baqarah ayat 29, Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman,

هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا ثُمَّ اسْتَوَى إِلَى السَّمَاءِ فَسَوَّاهُنَّ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ (29)

Artinya:

“Dialah Allah, yang menjadikan sehala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehandak menciptakan langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al-Baqarah [02]: 29)

2. QS. Al-Baqarah Ayat 95

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman di dalam QS. Al-Baqarah ayat 95,

وَلَنْ يَتَمَنَّوْهُ أَبَدًا بِمَا قَدَّمَتْ أَيْدِيهِمْ وَاللَّهُ عَلِيمٌ بِالظَّالِمِينَ (95)

Artinya:

“Dan sekali-kali mereka tidak akan mengingini kematian itu selama-lamanya, karena kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat oleh tangan mereka sendiri, dan Allah mengetahui siapa orang-orang yang aniaya.” (QS. Al-Baqarah [02]: 95)

Bina-Qurani-Arti-Al-Alim

Site: Bina Qurani islamic School, Image: Arti Al Alim, Source: Photo By The Dancing Rain Unsplash

3. QS. Ali Imran Ayat 34

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman di dalam QS. Ali Imran Ayat 34,

ذُرِّيَّةً بَعْضُهَا مِنْ بَعْضٍ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ (34)

Artinya:

“Sebagai satu keturunan yang sebagiannya turunan dari yang lain. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Ali Imran [03]: 34)

4. QS. Ali Imran Ayat 154

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman di dalam QS. Ali Imran Ayat 154,

وَلِيَبْتَلِيَ اللَّهُ مَا فِي صُدُورِكُمْ وَلِيُمَحِّصَ مَا فِي قُلُوبِكُمْ وَاللَّهُ عَلِيمٌ بِذَاتِ الصُّدُورِ (154)

Artinya:

“Dan Allah berbuat demikian untuk menguji apa yang ada di dalam dadamu dan untuk membersihkan apa yang ada dalam hatimu. Allah Maha mengetahui isi hati.” (QS. Ali Imran [03]: 154)

5. QS. Al-Anbiya Ayat 4

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman di dalam QS. Al-Anbiya Ayat 4,

قَالَ رَبِّي يَعْلَمُ الْقَوْلَ فِي السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ (4)

Artinya:

“Berkatalah Muhammad kepada mereka, ‘Rabbku mengetahui semua perkataan di langit dan di bumi, dan Dialah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui’.” (QS. Al-Anbiya [21]: 04)

Itulah beberapa dalil dan Arti Al Alim yang merupakan sifat Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā. Sebagai seorang muslim, kita harus senantiasa mengimaninya dengan sepenuh hati tanpa adanya tahrif, ta’thil, takyif, dan tamtsil.

Bina-Qurani-Arti-Al-Alim

Site: Bina Qurani islamic School, Image: Arti Al Alim, Source: Photo By Sohaib Al Kharsa Unsplash

Manfaat Mengenal Nama dan Sifat Allah

Dengan mengenal dan mengimani sifat-sifat Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā, akan mendatangkan banyak kebaikan dan manfaat kepada diri seorang muslim. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari mengenal dan mengimani nama serta sifat-sifat Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā:

  • Mengenal nama dan sifat Allah merupakan ilmu yang paling utama, karena mulianya ilmu juga dapat dilihat dari mulianya sesuatu yang dipelajari.
  • Semakin mengenal Allah, maka akan semakin mencintai dan mengagungkan-Nya.
  • Dengan mengenal Allah, maka seseorang akan semakin ikhlas, takut, berharap dan beramal hanya mengharapkan keridhaan-Nya.
  • Semakin mengenal Allah, menjadikan seorang muslim untuk semakin berserah diri kepada-Nya dan semakin taat dalam menjalani perintah-Nya dan menjauhi segala yang dilarangnya.

Inilah manfaat dari mengenal serta mengimani nama dan sifat-sifat Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā bagi seorang muslim.

Thumbnail Source: Photo By The Dancing Rain Unsplash

Artikel Terkait:
Tauhid

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Akidah #Alquran 30 Juz #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam #Sekolah Tahfiz
Login