Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Ayat Alquran Tentang Pendidikan Anak

Bina-Qurani-Ayat-Alquran-Tentang-Pendidikan-Anak-
Ayat Alquran Tentang Pendidikan Anak

Ayat Alquran tentang pendidikan anak adalah, kumpulan ayat-ayat Alquran yang di dalamnya membahas tentang bagaimana cara mendidik anak sesuai dengan syariat Islam.

Anak adalah amanah yang diberikan oleh Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā kepada kita semua, selaku orang tua. Maka, sudah sepatutnya bagi kita untuk bersungguh-sungguh dalam menjaga, membimbing dan mendidik amanah tersebut sesuai dengan ketentuan syariat Islam.

Pendidikan anak merupakan perkara yang sangat penting, sehingga perlu dilakukan dengan sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya. Mengabaikan pendidikan anak merupakan satu jalan kebinasaan baik di dunia maupun di akhirat.

Mengingat begitu pentingnya pendidikan anak, maka pada tulisan kali ini kami akan menyampaikan beberapa ayat Alquran tentang pendidikan anak. Semoga ayat Alquran tentang pendidikan anak ini dapat bermanfaat dan menjadi pedoman kita semua dalam mendidik anak.

Beberapa Ayat Alquran Tentang Pendidikan Anak

Islam adalah agama yang sempurna dan telah mengatur segala aspek kehidupan manusia secara keseluruhan, baik dari sisi akidah, amal ibadah, akhlak dan budi pekerti, maupun dari sisi muamalah.

Sebagai seorang muslim, kita harus benar-benar meyakini bahwa agama Islam adalah agama yang paling sempurna dan tidak ada agama yang diridai oleh Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā kecuali Islam.

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman,

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا

Artinya:

“… Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridai Islam sebagai agamamu …” (QS. Al-Ma’idah [5]: 3)

Ibnu Katsir Raḥimahullāh mengatakan bahwa, “Ketika Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā menyempurnakan agama Islam, hal ini merupakan sebuah nikmat terbesar dari Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā yang diberikan kepada umat ini. Sehingga mereka tidak memerlukan agama lain dan tidak pula Nabi lain selain Nabi Muhammad Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam.”

Di antara bentuk kesempurnaan Islam adalah, Islam telah memberikan pedoman hidup mulai dari sejak dilahirkannya manusia ke dunia, hingga manusia meninggal dunia. Salah satu pedoman hidup yang dijelaskan Islam melalui firman Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā di dalam Alquran adalah mengenai pendidikan anak.

Nah, berikut ini adalah beberapa ayat Alquran tentang pendidikan anak sesuai dengan syariat islam.

Yuk kita Simak!

1. QS. Al-Ahzab Ayat 21

Di antara ayat Alquran tentang pendidikan anak terdapat pada QS. Al-Ahzab ayat 21. Di dalam ayat ini, dijelaskan bahwa salah satu cara atau metode yang dapat dilakukan untuk mendidik anak adalah dengan memberikan teladan.

Sebagaimana umat terdahulu, Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam mendidik dan mentarbiyah para sahabat melalui keteladanan.

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman,

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ

Artinya:

“Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik.” (QS. Al-Ahzab [33]: 21)

2. QS. Rum Ayat 30

Berikutnya mengenai ayat Alquran tentang pendidikan anak adalah pada QS. Rum ayat 30. Di dalam ayat ini dijelaskan bahwa salah satu metode pendidikan anak adalah dengan menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang sesuai dengan syariat Islam.

Kebiasaan-kebiasaan yang ditanamkan kepada anak sejak usia dini, akan terbawa hingga anak tumbuh manjadi dewasa. Maka pembiasaan akan hal-hal yang baik ini penting untuk dilakukan.

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman,

فَأَقِمْ وَجْهَكَ لِلدِّينِ حَنِيفًا فِطْرَتَ اللَّهِ الَّتِي فَطَرَ النَّاسَ عَلَيْهَا لَا تَبْدِيلَ لِخَلْقِ اللَّهِ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Artinya:

“Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah. Tetaplah atas fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah. Itulah agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (QS. Rum [30]: 30)

3. QS. Luqman Ayat 13

Dalil berikutnya terkait dengan ayat Alquran tentang pendidikan anak, terdapat pada QS. Luqman ayat 13. Di dalam ayat ini dijelaskan bahwa salah satu metode yang dapat dilakukan untuk mendidik anak adalah melalui nasihat.

Sebagaimana yang dilakukan oleh Luqman, yang memberikan nasihat kepada anaknya agar senantiasa mentauhidkan Allah dan tidak sekali-kali menyekutukan-Nya.

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman,

وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَابُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ

Artinya:

“Dan ingatlah ketika Luqman berkata kepada anaknya, ketika dia memberi pelajadan kepadanya, ‘Wahai anakku! Janganlah engkau mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan Allah adalah benar-benar kezaliman yang besar’.” (QS. Luqman [31]: 13)

4. QS. Luqman Ayat 14

Ayat Alquran tentang pendidikan anak yang selanjutnya yaitu terdapat pada QS. Luqman ayat 14. Di dalam ayat ini dijelaskan bahwa, seorang anak wajib untuk berbakti kepada kedua orang tuanya.

Maka, mendidik anak untuk senantiasa berbakti kepada orang tua sedari dini adalah hal yang benar-benar harus dilakukan. Agar anak terbiasa untuk berbakti kepada keduanya ketika dewasa kelak.

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman,

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

Artinya:

“Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.” (QS. Luqman [31]: 14)

5. QS. Luqman Ayat 16

Selanjutnya terkait ayat Alquran tentang pendidikan ana, dapat juga kita temukan pada QS. Luqman ayat 16. Ayat ini menjelaskan bahwa segala bentuk perbuatan meski seberat biji sawi pun akan mendapatkan balasan.

Hal ini perlu ditanamkan sejak dini pada diri sang buah hati, agar anak-anak terbiasa melakukan perbuatan-perbuatan yang baik dan menjauhi perbuatan-perbuatan yang buruk.

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman,

يَابُنَيَّ إِنَّهَا إِنْ تَكُ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ فَتَكُنْ فِي صَخْرَةٍ أَوْ فِي السَّمَاوَاتِ أَوْ فِي الْأَرْضِ يَأْتِ بِهَا اللَّهُ إِنَّ اللَّهَ لَطِيفٌ خَبِيرٌ

Artinya:

“Luqman berkata, ‘Wahai anakku! Sungguh, jika ada sesuatu perbuatan seberat biji sawi dan berada dalam batu baik di langit atau di bumi, niscaya Allah akan memberinya balasan. Sesungguhnya Allah Maha Halus dan Maha Teliti’.” (QS. Luqman [31]: 16)

6. QS. Luqman Ayat 17

Ayat Alquran tentang pendidikan anak yang berikutnya adalah QS. Luqman ayat 17. Ayat ini menjelaskan tentang bagaimana Luqman mendidik anaknya agar senantiasa mendirikan Shalat dan berbuat makruf serta mencegah kemungkaran.

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman,

يَابُنَيَّ أَقِمِ الصَّلَاةَ وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَانْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَاصْبِرْ عَلَى مَا أَصَابَكَ إِنَّ ذَلِكَ مِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ

Artinya:

“Wahai anakku! Laksanakanlah shalat dan suruhlah manusia berbuat yang makruf dan cegahlah mereka dari yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk perkara yang penting.” (QS. Luqman [31]: 17)

Demikianlah beberapa ayat Alquran tentang pendidikan anak, semoga tulisan yang sedikit ini dapat menambah pengetahuan kita semua dan memberikan manfaat khususnya dalam hal mendidik anak.

Thumbnail Source: Photo From Adli Wahid Unsplash

Artikel Terkait:
Cara Mendidik Anak Menjadi Generasi Qurani

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Alquran 30 Juz #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam #Sekolah Tahfiz
Login