Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Ayat Kursi

Bina-Qurani-Ayat-Kursi-

Ayat Kursi – Alquran adalah kalamullah atau firman Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā yang diturunkan kepada umat manusia melalui Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam. Alquran merupakan petunjuk dan pedoman hidup bagi seluruh manusia.

Di dalam Alquran terdapat surat-surat yang agung dan mulia, begitu pula seluruh ayat yang dikandung di dalamnya merupakan ayat-ayat yang agung nan mulia.

Namun, Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā dengan kehendak dan kebijaksanaan-Nya, Dia menjadikan surat yang satu lebih agung dari surat yang lain, dan ayat yang satu lebih agung pula dibandingkan dengan ayat yang lainnya.

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā menjadikan surat Al-Fatihah sebagai surat yang paling agung, dan menjadikan ayat kursi sebagai ayat yang paling agung di antara ayat-ayat yang lainnya.

Bina-Qurani-Ayat-Kursi-

Image: Ayat Kursi Source: Photo From Madrosah Sunnah Unsplash

Bacaan Ayat Kursi

Ayat kursi adalah ayat yang terdapat pada surat Al-Baqarah, tepatnya pada ayat yang ke 255. Adapun bacaan ayat kursi adalah sebagai berikut.

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman:

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

(Allohu laa ilaha illaa huwal-hayyul qoyyuum laa ta’-khudzuhu sinatuw-walaa nauum lahu maa fis-samaa waa ti wa maa fil ardh mandzalladzii yasyfa-‘u ‘indahu illaa biidznihi ya’lamu maa bayna aydiihim wa maa kholfahum wa laa yuhii thuuna bisyai im-min ‘ilmihi illaa bimaasyaa wa si-‘a kursiyyuhussa maa waa ti wal-ardh wa laa ya-uuduhu hifdhuhumaa wa huwal ‘aliyyul ‘adhiim)

Artinya:

“Dialah Allah, tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya, tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Bina-Qurani-Ayat-Kursi-

Image: Ayat Kursi, Source: Photo From Masjid Pogung Dalangan Unsplash

Ayat kursi adalah ayat yang paling agung di dalam Alquran, karena di dalam ayat kursi terdapat nama Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā yang paling agung, yaitu Al-Hayyu dan Al-Qayyum. Keagungan ayat kursi melebihi agungnya langit dan bumi, karena di dalamnya mencakup nama dan sifat Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā.

Ayat kursi juga merupakan salah satu sebab dimasukannya seseorang ke dalam surga Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā.

Abu Umamah Raḍiallāhu ‘Anhu meriwayatkan hadis bahwa Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ مَكْتُوْبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُوْلِ الجَنَّةِ اِلاَّ اَنْ يَمُوْتَ

“Siapa yang membaca ayat kursi setiap selesai shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian.” (HR. An-Nasai dishahihkan oleh Ibnu Hibban)

Begitu agung dan mulianya ayat kursi ini, hendaknya menjadikan motivasi bagi kita untuk rutin membacanya. Dengan membaca ayat kursi, InsyaAllah akan mendatangkan banyak keutamaan untuk kita. Baik keutamaan yang kita dapatkan di dunia maupun di akhirat.

Bina-Qurani-Ayat-Kursi-

Image: Ayat Kursi, Source: Photo From Indonesia Bertauhid Unsplash

Waktu Membaca Ayat Kursi

Adapun waktu-waktu utama yang dianjurkan untuk membaca ayat kursi adalah pada waktu-waktu berikut:

  • Waktu pagi dan petang
  • Sebelum tidur
  • Setelah selesai shalat lima waktu

Mengenai dalil-dalil yang menunjukkan keutamaan membaca ayat kursi pada waktu-waktu di atas, agar lebih jelas dan lengkap Anda dapat membacanya di artikel terkait Waktu-waktu Utama Membaca Ayat Kursi.

Thumbnail Source: Photo From Mataq Darul Ulum Unsplash

Artikel Terkait:
Waktu-waktu Utama Membaca Ayat Kursi

TAGS
#Al Baqarah #Al Maidah Ayat 2 #Al Maidah #Alquran 30 Juz #Alquran adalah Cahaya #Ayat Kursi #Cara Menghafal Alquran #Keutamaan Membaca Alquran #Pengertian Alquran #Waktu Membaca Ayat Kursi
Login