Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Ayat Tentang Berbakti Kepada Orang tua

Bina-Qurani-Ayat-Tentang-Berbakti-Kepada-Orang-tua
Ayat Tentang Berbakti Kepada Orang tua

Ayat tentang berbakti kepada orang tua adalah ayat-ayat Alquran yang merupakan firman Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā, dimana di dalam ayat tersebut berisi tentang perintah untuk berbakti kepada kedua orang tua.

Berbakti kepada orang tua atau birrul walidain adalah amal shalih yang utama dan dicintai oleh Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā. Berbakti kepada orang tua merupakan salah satu bentuk perwujudan taqwa seorang hamba kepada Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā.

Kewajiban berbakti kepada orang tua diperintahkan oleh Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā dan Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam dalam berbagai redaksi ayat Alquran dan Hadis.

Untuk mengetahui ayat-ayat tentang berbakti kepada orang tua di dalam Alquran, sebenarnya bukanlah hal yang terlalu sulit untuk dilakukan. Berikut ini adalah beberapa ayat tentang berbakti kepada orang tua yang terdapat di dalam Alquran:

  • Al-Baqarah Ayat 83
  • An-Nisa Ayat 36
  • Al-An’am Ayat 151
  • Al-Isra Ayat 23
  • Al-Isra Ayat 24
  • Luqman Ayat 14
  • Luqman Ayat 15

Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini!

Bina-Qurani-Ayat-Tentang-Berbakti-Kepada-Orang-tua

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Ayat Tentang Berbakti Kepada Orang tua, Source: Photo by Madrosah Sunnah Unsplash

Beberapa Redaksi Ayat Tentang Berbakti Kepada Orang Tua
1. Surat Al-Baqarah Ayat 83

Di antara ayat tentang berbakti kepada orang tua di dalam Alquran, terdapat pada Alquran Surat Al-baqarah ayat yang kedelapan puluh tiga.

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman,

وَإِذْ أَخَذْنَا مِيثَاقَ بَنِي إِسْرَائِيلَ لَا تَعْبُدُونَ إِلَّا اللَّهَ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَذِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَقُولُوا لِلنَّاسِ حُسْنًا وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ ثُمَّ تَوَلَّيْتُمْ إِلَّا قَلِيلًا مِنْكُمْ وَأَنْتُمْ مُعْرِضُونَ

Artinya:

“Dan ingatlah ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil, ‘Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin. Dan bertutur katalah yang baik kepada manusia, laksanakanlah shalat, tunaikanlah zakat.’ Tetapi kemudian kamu berpaling dan mengingkari kecuali Sebagian kecil dari kamu dan kamu masih menjadi pembangkang.” (QS. Al-Baqarah [02]: 83)

2. Surat An-Nisa Ayat 36

Di dalam Alquran, ayat tentang berbakti kepada orang tua juga Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā firmankan pada Alquran Surat An-Nisa ayat tiga puluh enam.

Begitu agungnya kedudukan berbakti kepada orang tua, sehingga Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā menyandingkan perintah untuk menyembah kepada-Nya dengan perintah berbuat baik kepada orang tua.

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman:

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا

Artinya:

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua …” (QS. An-Nisa [04]: 36)

Bina-Qurani-Ayat-Tentang-Berbakti-Kepada-Orang-tua

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Ayat Tentang Berbakti Kepada Orang tua, Source: Photo by GR Stocks Unsplash

3. Surat Al-An’am Ayat 151

Seperti ayat-ayat sebelumnya, Surat Al-An’am ayat 151 juga termasuk ayat tentang berbakti kepada orang tua yang Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā firmankan di dalam Alquran.

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman,

قُلْ تَعَالَوْا أَتْلُ مَا حَرَّمَ رَبُّكُمْ عَلَيْكُمْ أَلَّا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ مِنْ إِمْلَاقٍ نَحْنُ نَرْزُقُكُمْ وَإِيَّاهُمْ وَلَا تَقْرَبُوا الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ وَلَا تَقْتُلُوا النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ ذَلِكُمْ وَصَّاكُمْ بِهِ لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

Artinya:

“Katakanlah (Muhammad), ‘Marilah aku bacakan apa yang diharamkan Tuhan kepadamu. Jangan mempersekutukan-Nya dengan apapun, berbuat baik kepada ibu bapak, janganlah membunuh anak-anakmu karena miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepadamu dan kepada mereka; janganlah kamu membunuh orang yang diharamkan Allah kecuali dengan alasan yang benar.’ Demikianlah Dia memerintahkan kepadamu agar kamu mengerti.” (QS. Al-An’am [06]: 151)

4. Surat Al-Isra’ Ayat 23

Selain Surat Al-Baqarah Ayat 83, An-Nisa ayat 36, dan Al-An’am Ayat 151, ayat tentang berbakti kepada orang tua juga terdapat di dalam QS. Al-Isra’ Ayat 23.

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā juga berfirman:

وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

Artinya:

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.” (QS. Al-Isra’ [17]: 23)

Penyandingan perintah Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā untuk menyembah diri-Nya dengan perintah berbuat baik kepada orang tua, menunjukkan bahwa berbakti kepada orang tua merupakan masalah yang penting dalam kehidupan seorang muslim.

Selain itu, ayat tersebut juga memerintahkan kepada kita untuk berbicara kepada keduanya dengan pembicaraan-pembicaraan yang lembut, dan dengan perkataan-perkataan yang baik.

5. Surat Al-Isra’ Ayat 24

Di dalam Alquran Surat Al-Isra’ ayat kedua puluh empat, Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā juga berfirman memerintahkan manusa untuk berbakti kepada kedua orang tua dengan penuh kasih saying. Ayat ini termasuk ayat tentang berbakti kepada orang tua.

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman,

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Artinya:

“Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih saying dan ucapkanlah, “Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.” (QS. Al-Isra’ [17]: 24)

Bina-Qurani-Ayat-Tentang-Berbakti-Kepada-Orang-tua

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Ayat Tentang Berbakti Kepada Orang tua, Source: Photo by Ali Burhan from Pixabay

6. Surat Luqman Ayat 14

Ayat tentang berbakti kepada orang tua yang selanjutnya terdapat pada Alquran Surat Luqman ayat keempat belas.

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman,

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

Artinya:

“Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.” (QS. Luqman [31]: 14)

7. Surat Luqman Ayat 15

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā juga berfirman pada Alquran Surat Luqman ayat kelima belas tentang perintah untuk senantiasa berbuat baik kepada keduanya meski mereka menyekutukan Allah. Ayat ini termasuk kedalam ayat tentang berbakti kepada orang tua.

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman,

وَإِنْ جَاهَدَاكَ عَلَى أَنْ تُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا وَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوفًا وَاتَّبِعْ سَبِيلَ مَنْ أَنَابَ إِلَيَّ ثُمَّ إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

Artinya:

“Dan jika keduanya memaksamu untuk menyekutukan Aku dengan sesuatu yang engkau tidak mempunyai ilmu tentang itu, maka janganlah engkau menaati keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku. Kemudian, hanya kepada-Ku tempat kembalimu, maka akan Aku beri tahukan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.” (QS. Luqman [31]: 15)

Demikianlah beberapa ayat tentang berbakti kepada orang tua yang terdapat di dalam Alquran. Sebagai seorang muslim, hendaknya kita senantiasa untuk berbuat baik kepada orang tua kita sebagai wujud rasa syukur dan taqwa kita kepada Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā.

Bina-Qurani-Ayat-Tentang-Berbakti-Kepada-Orang-tua

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Ayat Tentang Berbakti Kepada Orang tua, Source: Photo by Gizem Mat from Pexels

Cara Berbakti Kepada Orang Tua

Adapun beberapa cara untuk mewujudkan bakti kita kepada orang tua adalah sebagai berikut:

  1. Menghormati Orang tua dengan tidak memandang dengan pandangan tajam.
  2. Tidak meningikan suara ketika sedang berbicara dengan orang tua.
  3. Tidak mendahului orang tua untuk berbicara dan tidak menyelah pembicaraannya.
  4. Tidak membantah perintahnya.
  5. Tidak berkata “ah” ketika diperintah.
  6. Mematuhi segala perintahnya, kecuali perintah maksiat kepada Allah.
  7. Meminta maaf kepada Orang tua.
  8. Menginginkan kebaikan pada orang tuanya.
  9. Memuliakan kedua orang tua.
  10. Mendoakan ampunan dan kebaikan untuk orang tua.
Doa untuk Kedua orang tua

Salah satu cara berbakti kepada orang tua adalah dengan mendoakan ampunan dan kebaikan untuk orang tua. Adapun doa terbaik untuk kedua orang tua adalah sebagai berikut,

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ

“Ya Rabb, ampunilah aku dan ibu bapakku.” (QS. Nuh [71]: 28)

رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

“Ya Rabb, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.” (QS. Al-Isra [17]: 24)

Semoga Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā memberikan kemudahan bagi kita untuk berbakti kepada kedua orang tua, dan menjauhkan kita dari segala bentuk durhaka kepada keduanya.

Semoga bermanfaat.

Thumbnail Source: Photo by Chanikarn Thongsupa from Rawpixel

Artikel Terkait:
Adab Kepada Orang Tua

TAGS
#Adab Kepada Orang Tua #Berbakti kepada orang tua #keutamaan menghormati orang tua #kewajiban berbuat baik kepada orang tua #menghormati orang tua #orang tua pintu surga #Orang tua #pentingnya menghormati orang tua
Login