Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Bacaan Doa Pagi Hari

Bina-Qurani-Bacaan-Doa-Pagi-Hari-From
Bacaan Doa Pagi Hari

Pagi adalah sebuah permulaan hari yang sangat berpengaruh terhadap setiap aktivitas manusia. Segala aktivitas akan terasa ringan dan mudah apabila diawali dengan hal-hal yang positif.

Salah satu hal yang perlu kita kerjakan di waktu pagi untuk mengawali aktivitas sehari-hari adalah dengan Dzikir atau doa pagi hari. Dzikir atau doa pagi hari akan membuat setiap kita menjadi lebih semangat dalam melakukan aktivitas di pagi hari. Selain itu, Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā juga akan memberikan kemudahan dalam segala urusan hamba-Nya.

Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bahkan secara khusus mendoakan umatnya agar diberikan keberkahan di pagi hari.

Ali bin Abi Thalib Raḍiallāhu ‘Anhu meriwayatkan hadis bahwa Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

اللهُمَّ بَارِكْ لِأُمَّتِي فِي بُكُورِهَا

(Allahumma baarik liummatii fii bukuurihaa)

“Ya Allah, berkahilah umatku di awal harinya (waktu pagi).” (HR. Ahmad)

Waktu pagi adalah waktu yang penuh dengan keberkahan. Oleh karenanya setiap muslim hendaknya memanjatkan doa sebelum memulai menjalani aktivitasnya.

Beberapa Bacaan Dzikir atau Doa Pagi Hari

Berikut ini adalah beberapa dzikir atau doa di waktu pagi yang sudah semestinya dipanjatkan oleh setiap muslim.

1. Doa ketika Bangun Tidur

Amalan pembuka yang hendaknya menjadi rutinitas seorang muslim ketika bangun tidur adalah dengan membaca doa bangun tidur. Doa bangun tidur adalah bentuk rasa syukur terhadap Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā yang telah memberikan nikmat tidur, kemudian nikmat dibangunkan kembali dari tidurnya.

Lalu bagaimana bacaan doa ketika bangun tidur?

Berikut ini adalah bacaan bangun tidur yang termasuk doa pagi hari, yang diajarkan oleh Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam.

Abu Dzar Raḍiallāhu ‘Anhu meriwayatkan hadis bahwa Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا، وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

(Alhamdulillahilladzii ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilaihin nusyur)

“Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan.” (HR. Bukhari)

Setelah seseorang terbangun dari tidurnya dan membaca doa, akan lebih sempurna apabila dilanjutkan dengan mendirikan shalat Subuh (secara berjamaah bagi laki-laki), sebagai bentuk ungkapan rasa syukur akan nikmat tersebut.

2. Doa Memohon Kebaikan dan Berlindung dari Kejahatan

Salah satu doa pagi hari yang biasa dilakukan oleh Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam sekaligus sebagai panutan seorang muslim adalah doa memohon kebaikan dan berlindung dari kejahatan.

Berikut adalah doa yang diajarkan oleh Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam:

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمُلْكُ لِلَّهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ. رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِيْ هَذَا الْيَوْمِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهُ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِيْ هَذَا الْيَوْمِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهُ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ وَسُوْءِ الْكِبَرِ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي الْقَبْرِ

(Ashbahnaa wa ashbahal mulku lillah, walhamdulillah, laa ilaaha illallahu wahdahu laa syariikalahu, lahulmulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir. Robbi as-aluka khoiro maa fii hadzal yaum wa khoiroma ba’dahu, wa a’udzubika min syarri maa fii hadzal yaum wa syarri maa ba’dahu. Robbi a’udzubika minal kasali wa suuil kibari, robbi a’udzubika min ‘adzabin finnaari wa ‘adzabin filqobri.)

“Kami berada di waktu pagi, dan pagi ini seluruh kekuasaan tetap milik Allah. Segala puji bagi Allah. Tidak ada Tuhan selain Allah semata yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Kepunyaan-Nya seluruh kekuasaan, dan kepunyaan-Nya segala pujian, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Wahai Rabbku, aku memohon kepada-Mu akan kebaikan di hari ini dan kebaikan sesudahnya. Aku berlindu kepada-Mu dari kejahatan hari ini dan kejahatan sesudahnya. Wahai Rabbku, aku berlindu kepada-Mu dari kemalasan dan kejelekan di hari tua. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari siksaan di neraka dan siksaan di alam kubur.” (HR. Muslim)

3. Doa Sayyidul Istighfar

Sayyidul Istighfar adalah bacaan istighfar yang paling utama. Seorang muslim yang membaca Sayyidul Istighfar sebagai doa pagi hari dan meyakininya, kemudian mati sebelum sore hari maka dia termasuk penghuni surga.

Sayyidul Istighar juga merupakan penghulu Istighfar, adapun bacaan Sayyidul Istighar adalah sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam sebagaimana berikut.

Syaddad bin Aus Raḍiallāhu ‘Anhu meriwayatkan hadis bahwa Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

اللهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ. خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوءُ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوءُ بِذَنْبِي، فَاغْفِرْ لِي؛ إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

(Allahumma anta robbii laa ilaha illa anta, kholaqtani wa ana ‘abduka, wa anaa ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. A’udzubika min syarri maa shona’tu, abuu-u bini’matika ‘alayya wa abuu-u bidzambii, faghfirlii, innahu laa yaghfiru dzunuu ba illaa anta.)

“Ya Allah, Engkau adalah Rabbku tidak ada Rabb yang berhak disembah kecuali Engkau. Engkaulah yang menciptakanku, aku adalah hamba-Mu. Aku akan setia pada perjanjianku dengan-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang kuperbuat. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku, oleh karena itu ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kesuali Engkau.” (HR. Bukhari)

4. Doa Memohon Keselamatan di Dunia dan Akhirat

Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam tidak pernah meninggalkan doa ini di pagi hari. Di dalam doa ini berisi doa perlindungan dan kesalamatan di dunia dan akhirat, agama, keluarga dan harta dari berbagai macam gangguan yang datang dari berbagai arah.

Adapun bacaannya adalah sesuai dengan apa yang diriwayatkan oleh Ibnu ‘Umar Raḍiallāhu ‘Anhumā, bahwa Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِي وَآمِنْ رَوْعَاتِي وَاحْفَظْنِي مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ وَمِنْ خَلْفِي وَعَنْ يَمِينِي وَعَنْ شِمَالِي وَمِنْ فَوْقِي وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي

(Allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyata fid dunyaa wal aakhiroh. Allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyata diinii wa dun-yaaya wa ahlii wa maalii. Allahummas-tur ‘awrootii wa aamin row’aatii. Wah fadzhnii minbayni yadayya wa min kholfii wa ‘an-yamiinii wa ‘an-syimaalii wa min fawqi wa a’udzubika an ughtaala min tahtii.)

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan dalam agama, dunia, keluarga dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku yaitu aib dan sesuatu yang tidak layak dilihat oleh orang dan tentramkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah, peliharalah aku dari depan, belakang, kanan, kiri dan atasku. Aku berlindung dengan kebesaran-Mu, agar aku tidak disambar dari bawahku oleh ular atau tenggelam dalam bumi dan lain-lain yang membuat aku jatuh.” (HR. Ibnu Majah)

5. Doa Memohon Ilmu yang Bermanfaat dan Rezeki yang Halal

Di antara doa pagi hari yang diajarkan oleh Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam adalah doa memohon ilmu yang bermanfaat dan rezeki yang halal.

Pagi merupakan awal sebuah aktivitas, oleh karena itu hendaknya setiap kita membaca doa ini di waktu pagi.

Ummu Salamah Raḍiallāhu ‘Anhā meriwayatkan hadis bahwa Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

اللهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

(Allahumma innii as-aluka ‘ilman naa-fi’an, wa rizqon thoyyiban, wa ‘amalan mutaqobbalan.)

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang thoyyib dan amalan yang diterima” (HR. Ibnu Majah)

Seorang muslim yang membaca doa ini, menandakan bahwa ia tidak hanya sekedar untuk menetapkan dan mengingat tujuan hidupnya. Namun, juga menandakan akan ketergantungan seorang muslim hanya kepada Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā.

Demikianlah beberapa doa di waktu pagi yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Thumbnail Source: Photo From Jcomp By Freepik

Artikel Terkait:
Bacaan Dzikir Setelah Sholat

TAGS
#Al Baqarah #Al Hujurat Ayat 13 #Al Maidah Ayat 2 #Alquran 30 Juz #Alquran adalah Cahaya #Ayat Kursi #Cara Menghafal Alquran #Doa Sesudah Sholat #Keutamaan Membaca Alquran #Sepertiga Malam
Login