Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Bahasa Pemrograman Java

Bahasa Pemrograman Java

Bahasa pemrograman atau yang sering diistilahkan dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer adalah bahasa yang digunakan untuk memberikan instruksi standar kepada komputer untuk melakukan perintah tertentu.

Bahasa pemrograman merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan atau menjalankan program komputer.

Ada beberapa bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh programmer untuk memberikan perintah kepada komputer baik dalam membuat website maupun aplikasi.

Bahasa pemrograman tersebut diantaranya adalah:

  • HTML
  • CSS
  • Java
  • PHP
  • C++
  • Phyton
  • SQL

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan sedikit membahas mengenai bahasa pemrograman Java, mulai sejarhanya, serta kelebihan dan kekurangannya.

Yuk kita simak!

Sejarah Bahasa Pemrograman Java

Salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh banyak orang dalam menyusun kode dan memberikan perintah kepada komputer adalah bahasa pemrograman java.

Bahasa pemrograman java atau java programing adalah bahasa pemrograman yang pertama kali dikembangkan melalui sebuah proyek bernama “The Green Project” yang dibentuk oleh Sun Microsystems pada tahun 1991.

The Green Project ini dibentuk dengan tujuan untuk menciptakan bahasa pemrograman baru yang lebih handal dari bahasa pemrograman C maupun C++. Beberapa anggota yang tergabung di dalam proyek ini antara lain adalah James Gosling, Patrick Naughton, dan Mike Sheridan, serta sembilan programmer lainnya.

Setelah The Green Project ini berjalan hampir 18 bulan, James Gosling selaku developer, berhasil mengembangkan dan menciptakan bahasa pemrograman baru dengan nama “Oak”. Sayangnya, nama tersebut tidak apat digunakan karena sudah terdaftar sebagai merek dagang dari perusahaan Oak Technology.

Akhirnya, Sun Microsystem kemudian merubah nama Oak menjadi Java dan untuk pertama kalinya diresmikan pada tahun 1995 dengan Java Versi 1.0a2. Nama Java ini dipilih karena terinspirasi dari java coffe atau kopi jawa. Itulah sebabnya, kenapa logo dari bahasa pemrograman java ini adalah gambar dari secangkir kopi.

Kelebihan Dan Kekurangan Bahasa Pemrograman Java

Bahasa pemrograman java adalah bahasa pemrograman yang memiliki motto “Write Once, Run Anywhere”. Motto ini menunjukkan bahwa setiap kode pemrograman yang ditulis pada Java dapat langsung dijalankan di berbagai platform yang berbeda.

Java merupakan bahasa pemrograman yang paling favorit digunakan di kalangan programer. Pasalnya, bahasa pemrograman java dapat digunakan untuk membuat berbagai macam apllikasi berbasis mobile, desktop hingga embedded devices.

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa bahasa pemrograman java juga memiliki beberapa kekurangan.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari bahasa pemrograman java:

Kelebihan Bahasa Pemrograman Java

Di antara kelebihan bahasa pemrograman java yang menjadi alasan para programer menggunakan bahasa ini adalah sebagai berikut:

1. Multi Platform

Salah satu kelebihan dari bahasa pemrograman java adalah multi platform, yang artinya dapat dijalankan di beberapa sistem operasi komputer sesuai dengan motto yang telah disebutkan di atas.

Kelebihan ini memberikan kemudahan kepada penggunanya dalam menulis ataupun menyusun sebuah program java, lalu hasilnya dapat dijalankan di beberapa platform tanpa harus melakukan perubahan lagi.

2. Berorientasi Pada Objek

Java merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan dengan konsep Object Oriented Programming atau program yang dibangun dengan berorientasi pada objek.

Artinya, apllikasi atau program yang dibangun melalui bahasa pemrograman java tersusun dari beberapa objek yang saling berhubungan.

3. Perpustakaan yang Lengkap

Bahasa pemrograman java dikenal dengan kelengkapan perpustakaannya atau library. Yaitu kumpulan kode-kode yang disertakan dalam pemrograman java, yang memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam membangun sebuah aplikasi.

Selain perpustakaan yang cukup lengkap, bahasa pemrograman java juga memiliki komunitas yang cukup luas dan saling mendukung dalam menambah perpustakaan baru untuk memenuhi kebutuhan pembangunan sebuah aplikasi.

4. Bergaya C++

Bahasa pemrograman yang digunakan pada java memiliki kesamaan sintaks seperti bahasa pemorgaman C++, namun kode yang digunakan dalam pemrograman java cukup sederhana, sehingga sangat memberikan kemudahan penggunanya.

Kekurangan Bahasa Pemrograman Java

Beberapa kekurangan yang terdapat pada bahasa pemrograman java antara lain adalah:

1. Tidak Kompatibel

Meskipun mempunyai motto “Write Once, Run Anywhere”, namun pada kenyataannya masih terdapat beberapa platform yang belum kompatibel dengan bahasa pemrograman java.

Sebut saja J2SE, sampai sekarang SWT-AWT bridge masih bellum bisa digunakan alias tidak berfungsi pada MacOS X.

2. Mudah Didekompilasi

Salah satu kekurangan dari bahasa pemrograman java adalah mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan kode, dari kode jadi menjadi kode sumber.

Hal ini terjadi karena, kode jadi java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut dengan bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode dan tipe data. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak.

3. Penggunaan Memory yang Besar

Sebuah program yang berbasis java memiliki penggunaan memory yang cukup besar dibandingkan dengan bahasa pemrograman sebelumnya seperti C/C++ atau Pascal.

Artikel Terkait:
Belajar Web Design

TAGS
#Bahasa Pemrograman Java #Belajar Website Pemula #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login