Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Bangunan Bersejarah di Bandung

Bina-Qurani-Gedung-Bersejarah-di-Bandung
Bangunan Bersejarah di Bandung

Berbicara mengenai bangunan bersejarah di Indonesia, ternyata tidak hanya dapat kita temui di Kota Jakarta saja. Akan tetapi, dapat juga kita temui di kota-kota besar lainnya di wilayah Indonesia.

Salah satu kota di Indonesia yang juga memiliki banyak bangunan bersejarah adalah Kota Bandung. Bandung merupakan sebuah kota yang merupakan ibukota dari Provinsi Jawa Barat dan dijuluki sebagai Paris Van Java karena keindahannya.

Kota Bandung memiliki banyak bangunan-bangunan yang mempunyai nilai sejarah tinggi dalam perjalanan kehidupan bangsa Indonesia. Di antara bangunan bersejarah di Bandung yang cukup terkenal antara lain adalah sebagai berikut:

  • Gedung Sate
  • Gedung Merdeka
  • Gedung Pensil
  • De Majestic
  • Museum Pos Indonesia
  • Museum Sri Baduga

Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak tulisan tentang bangunan bersejarah di Bandung berikut ini!

6 Bangunan Bersejarah di Bandung
1. Gedung Sate

Gedung Sate merupakan salah satu bangunan bersejarah di Bandung yang terletak di Jl. Diponegoro No. 22, Desa Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung dan merupakan kantor dari Gubernur Jawa Barat.

Gedung sate dibangun pada tahun 1920, di masa Kolonial Belanda. Dulunya, gedung ini difungsikan sebagai kantor Departemen Lalu Lintas dan Pekerjaan Umum. Gedung ini juga pernah difungsikan sebagai pusat Pemerintahan Hindia Belanda.

Di dalam gedung ini terdapat berbagai macam koleksi dari peninggalan kolonial Belanda. Jika ingin memasuki gedung ini, pengunjung akan dikenakan biaya masuk senilai Rp. 5.000,-.

2. Gedung Merdeka

Bangunan bersejarah di Bandung yang selanjutnya adalah Gedung Merdeka. Gedung Merdeka adalah gedung yang digunakan sebagai tempat pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika.

Bangunan ini pertama kali dibangun pada tahun 1895 dengan nama Societeit Concordia yang digunakan sebagai tempat rekreasi dan sosialisasi oleh masyarakat belanda yang tinggal di Bandung.

Gedung ini terletak di Jl. Asia Afrika, Desa Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

3. Gedung Pensil

Gedung pensil adalah bangunan bersejarah di bangung yang terletak di Jl. Gatot Subroto No. 1, Desa Malabar, Kec. Lengkong, Kota Bandung. Gedung ini merupakan bangunan cagar budaya yang dilindungi oleh pemerintah, sesuai dengan Perda Kota Bandung No. 19/2009.

Dinamakan gedung pensil, karena bentuk bangunannya yang unik dan menyerupai pensil tulis. Gedung ini dibangun pada tahun 1918, sebagai tempat usaha dan kantor dari Handel Mij Groote dan Scholtz, yang merupakan agen dari ban Dunlop dan minyak Pelumas Shell.

Sekarang, gedung ini digunakan sebagai salah satu kantor dari Perusahaan Danareksa. Meski sudah beralih fungsi, bentuk dari bangunan tersebut tidak ada yang dirubah baik dari bentuk eksteriornya maupun interiornya.

4. De Majestic

De Majestic adalah bangunan bersejarah di bandung yang merupakan bioskop pertama di Kota Bandung. Bioskop ini terletak di Jl. Braga No. 1, Desa Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

De Majestic merupakan bioskop legendaris yang dibangun pada tahun 1925 dengan gaya art deco yang merupakan tren arsitektur pada masa itu.

Film Indonesia pertama yang diputarkan di bioskop ini adalah Film Loetoeng Kasaroeng karya G. Kruger dan L. Heuveldrop. Film ini mengangkat tentang tradisi dan legenda masyarakat sunda yang sering dibawkan melalui seni pantun.

5. Museum Pos Indonesia

Di antara bangunan bersejarah di Bandung yang selanjutnya adalah Museum Pos Indonesia.

Museum pos Indonesia adalah museum yang di dalamnya menyimpan koleksi-koleski bersejarah dari Pos dan Komunikasi Indonesia. Museum ini terletak di Jl. Cilaki No. 73, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

Museum Pos Indonesia awalnya dibuka pada tahun 1931 dengan nama Museum Pos, Telegraf, dan Telepon (PTT). Pertama kali didirikan, sebagian besar koleksi yang ada di dalam Museum Pos ini adalah berbagai jenis perangko dari dalam dan luar negeri.

Barulah pada tahun 1995, Meseum Pos ini berganti nama menjadi Museum Pos Indonesia.

6. Museum Sri Baduga

Yang tidak kalah menarik dari berbagai bangunan bersejarah di Bandung adalah Museum Sri Baduga yang terletak di Jl. BKR No. 185, Pelindung Hewan, Kec. Astanaanyar, Kora Bandung.

Museum ini di bangun sejak tahun 1974, kemudian diresmikan pada tanggal 5 Juni 1980 oleh Daoed Joesoef, selaku Mendikbud Republik Indonesia. Seperti museum pada umumnya, Museum Sri Baduga juga menyimpan berbagai macam benda koleksi seperti koleksi Geologika, Biologika, Etnografika, Arkeologika dan Teknologi.

Demikianlah beberapa bangunan bersejarah di Bandung yang cukup terkenal dan dapat kalian kunjungi untuk sekedar rekreasi maupun untuk menambah wawasan pengetahuan bersejarah.

Thumbnail Source: Photo From Antara News

Artikel Terkait:
Museum Satria Mandala

TAGS
#Adab Muslimah #adab sebelum ilmu #Biografi Ibnu Hajar #Cara Menghafal Quran #Ikhlals ketika ibadah #Indonesia #Museum Bank Indonesia #Pendiri Paskibraka #Tafakur alam
Login