Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Barang Komplementer

Bina-Qurani-Barang-Komplementer
Barang Komplementer

Barang komplementer adalah sebuah barang yang dalam penggunaannya pasti berkaitan dan membutuhkan barang yang lainnya. Barang komplementer juga dapat diartikan sebagai dua barang yang saling berpasangan dimana keduanya saling melengkapi satu sama lain.

Jadi dapat dikatakan pula bahwa barang komplementer adalah barang pelengkap. Dimana barang komplementer tidak dapat berdiri sendiri dan sangat bergantung dengan barang yang lainnya.

Barang komplementer adalah satu kesatuan, apabila pada satu buah barang tersebut tidak ada atau tidak tersedia, maka barang tersebut akan mengalami penurunan fungsi dan kegunaannya dan bahkan mungkin menjadi sebab barang tersebut tidak berfungsi sama sekali.

Kopi dan gula merupakan contoh barang komplementer yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk membuat secangkir kopi yang nikmat tentu kita memerlukan adanya gula sebagai pelengkap kopi tersebut. Begitu pula sebaliknya, tidak dapat dikatakan kopi yang nikmat apabila di dalamnya hanya terbuat dari gula tanpa adanya kopi.

Contoh di atas merupakan salah satu contoh dari barang komplementer. Selain contoh yang kami sampaikan di atas, masih terdapat banyak contoh barang komplementer lain yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Bina-Qurani-Barang-Komplementer

Site: Bina Qurani Islamic School, Barang Komplementer, Source: Photo by Cup of Couple Pexels

Ciri-Ciri Barang Komplementer

Jika dilihat dari pengertian di atas, maka dapat dijelaskan beberapa ciri dari barang komplementer. Ciri-ciri ini juga merupakan pembeda antara barang komplementer dengan barang substitusi.

Berikut ini beberapa ciri barang komplementer:

1. Dua Barang yang Berpasangan

Barang komplementer pasti memiliki keterkaitan fungsi dengan barang yang lainnya, dimana produk tersebut akan mengalami penurunan fungsi atau tidak berfungsi sama sekali apabila digunakan tanpa pasangannya.

Sehingga barang komplementer dapat disebut juga sebagai barang yang berpasangan.

2. Barang Komplementer Memiliki Nilai Lebih Kecil

Barang komplementer mempunai nilai yang kecil dibandingkan dengan barang lain. Bahkan nilainya tidak sama dengan barang yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang tidak termasuk dalam kategori barang komplementer.

Nilai barang komplementer akan meningkat apabila dalam penggunaannya disandingkan dengan barang yang merupakan pasangannya.

3. Tidak Dapat Berfungsi Sendiri

Meskipun barang komplementer masih memiliki fungsi meski digunakan tanpa pasangannya, akan tetapi barang tersebut akan otomatis mengalami penurunan fungsi.

Jadi barang komplementer tidak dapat berfungsi sendirian, harus digunakan dengan barang pasangannya.

Bina-Qurani-Barang-Komplementer

Site: Bina Qurani Islamic School, Barang Komplementer, Source: Photo by Pixabay Pexels

Contoh Barang Komplementer yang Sering Kita Temui

Setelah mengetahui akan pengertian dan ciri-ciri barang komplementer, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh barang komplementer. Contoh barang komplementer ini merupakan pelengkap, agar kita dapat memahami lebih mendalam mengenai barang komplementer.

Berikut ini contoh beberapa barang komplementer beserta pasangannya:

1. Gula dan Kopi

Gula dan kopi juga termasuk ke dalam contoh barang komplementer yang tidak dapat dipisahkan. Gula adalah sebuah pemanis, dan kopi sebuah jenis minuman.

Apabila kita ingin membuat secangkir kopi, hanya menggunakan gula maka minuman yang kita bikin bukanlah kopi melainnya cairan gula. Begitu pula sebaliknya, apabila kita ingin membuat kopi namun tanpa gula maka rasa kopi yang dihasilkan pun kurang nikmat.

Jadi gula dan kopi merupakan barang komplementer, dimana apabila salah satunya tidak ada maka akan mengurangi fungsi dari barang tersebut.

Bina-Qurani-Barang-Komplementer

Site: Bina Qurani Islamic School, Barang Komplementer, Source: Photo by Polina Tankilevitch Pexels

2. Buku dan Pena

Buku dan pena adalah contoh barang komplementer yang tidak dapat dipisahkan. Buku digunakan untuk mencatat, sedangkan pena digunakan untuk menulis.

Apabila kita mempunyai pena, tetapi tidak memiliki buku makan kita tidak dapat mencatat. Pun sebaliknya apabila kita memiliki buka dan tidak memiliki pena, maka kita pun tidak dapat menuliskan catatan di buku yang kita miliki.

Sehingga buku dan pena merupakan barang yang saling membutuhkan dan tidak dapat digunakan apabila satu diantaranya tidak ada.

3. Smartphone dan Internet

Smartphone dan internet juga termasuk ke dalam contoh barang komplementer. Smartphone merupakan perangkat cerdas yang dapat digunakan untuk berselancar di dunia maya, mulai dari browsing, belajar, komunikasi melalui media sosial dan berbagai hal yang lainnya.

Namun, untuk dapat menjalankan kegiatan di atas smartphone membutuhkan adanya akses internet. Apabila tidak memiliki akses internet, hal-hal di atas tidak dapat digunakan.

Begitu pula sebaliknya, apabila kita memiliki akses internet, namun tidak memiliki smartphone maka hal-hal di atas mustahil untuk digunakan karena kita tidak mempunyai alat untuk mengaksesnya.

Jadi smartphone dan internet adalah barang komplementer yang keberadaannya tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

4. TV dan Remote Control

Contoh barang komplementer yang terakhir adalah TV dan remote control. Meskipun TV masih dapat digunakan tanpa adanya remote control, namun adanya remote control tentu akan menambah kenyamanan dalam menggunakan TV.

Sedangkan remote control tanpa adanya TV, tentu tidak dapat digunakan sama sekali. Dengan demikian, TV dan remote control merupakan barang yang tidak dapat dipisahkan. Tidak adanya salah satu barang tersebut, tentu akan menurunkan fungsi dari kegunaan umum barang tersebut.

Bina-Qurani-Barang-Komplementer

Site: Bina Qurani Islamic School, Barang Komplementer, Source: Photo by Dario Unsplash

5. Kompor dan Gas

Contoh barang komplementer yang selanjutnya adalah kompor dan gas. Kompor adalah alat yang digunakan untuk memasak, sedangkan gas merupakan bahan bakar yang digunakan untuk menghidupkan api pada kompor.

Apabila kita mempunyai kompor namun tidak memiliki gas, maka kompor yang kita miliki tidak dapat digunakan untuk memasak karena tidak mempunyai bahan bakar. Begitu pula sebaliknya, apabila kita mempunyai gas sebagai bahan bakar namun tidak mempunyai kompor, maka gas yang kita miliki juga tidak dapat digunakan untuk memasak.

Sehingga, kompor dan gas merupakan barang komplementer yang tidak dapat dipisahkan. Apabila salah satunya tidak ada, maka barang yang lainnya akan mengalami penurunan fungsi atau bahkan tidak dapat digunakan.

Demikianlah beberapa contoh barang komplementer. Selain contoh di atas, tentu masih dapat kita temukan contoh yang lainnya dalam kehidupan sehari-hari. Contoh di atas hanyalah sedikit gambaran saja untuk memberikan kemudahan bagi kita dalam memahami apa itu barang komplementer.

Thumbnail Source: Photo by Cottonbro Pexels

Artikel Terkait:
Struktur Teks Ceramah

TAGS
#Batas Wilayah Indonesia #Indonesia #khazanah #Lambang Sila Pertama #Olimpiade Tokyo 2020 #Pancasila #Pendiri Paskibraka #PPKM Level 4 #Rumah Adat Kalimantan #Rumah Adat #Sejarah #Teks Ceramah #Warga Negara #Pendidikan anak #Sekolah Islam
Login