Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Batas Wilayah Indonesia

Bina-Qurani-Batas-Wilayah-Indonesia
Letak Indonesia Secara Geografis dan Astronomis

Sebelum kita membahas mengenai batas wilayah Indonesia, ada baiknya kita mengetahui tentang letak Negara Indonesia terlebih dahulu. Dengan mengetahui letak Indonesia secara geografis dan letak Indonesia secara astronomis, akan memberikan kemudahan bagi kita untuk mengetahui batas-batas wilayah Indonesia.

Letak geografis adalah keberadaan suatu wilayah yang dilihat dari kenyataannya di permukaan bumi. Untuk mengetahui letak geografis Indonesia, kita dapat secara langsung melihat duplikat bumi melalui globe atau melalui peta dunia.

Bina-Qurani-Batas-Wilayah-Indonesia

Image: Batas Wilayah Indonesia, Source: Photo From Justin Kauffman Unsplash

Nah, letak Negara Indonesia secara geografis berada di antara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia. Dan Indonesia juga berada di antara dua Samudera, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Sedangkan letak wilyah Indonesia secara astronomis, berada di Jalur Khatulistiwa. Tepatnya berada di antara enam derajat lintang utara sampai sebelas derajat lintang selatan dan sembilan puluh lima derajat bujur timur sampai 141 derajat bujur timur (6˚LU – 11˚LS dan 95˚BT – 141˚BT).

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri lebih dari 17.000 pulau. Batas wilayah Indonesia dengan dunia Internasional berbatasan darat secara langsung dengan tiga negara tetangga yaitu, Malaysia, Papua Nugini, dan Timor Leste.

Selain sebagai negara kepulauan, Indonesia juga sering disebut sebagai negara maritim, karena luas perairan Indonesia yang mencapai 2/3 lebih luas daripada daratannya. Luas perairan Indonesia tersebut kurang lebih sekitar 3.273.810 KM².

Oleh kerena itu, batas wilayah Indonesia mempunyai peran yang sangat penting dalam menjaga keutuhan dan kekayaan laut Indonesia.

Bina-Qurani-Batas-Wilayah-Indonesia

Image: Batas Wilayah Indonesia, Source: Photo From Nick Agus Arya Unsplash

Batas-Batas Wilayah Indonesia

Secara umum, batas wilayah Indonesia dibagi menjadi empat perbatasan sesuai mata angin, yaitu perbatasan bagian timur, selatan, utara dan barat. Wilayah perairan Indonesia berbatasan langsung dengan 10 negara, sedangkan wilayah daratannya berbatasan dengan 3 negara tetangga.

Berikut ini adalah batas wilayah Indonesia secara geografis:

1. Batas Wilayah Indonesia Bagian Timur

Wilayah Indonesia bagian timur berbatasan langsung dengan daratan Papua Nugini. Sedangkan wilayah perairannya berbatasan dengan Samudera Pasifik.

Provinsi Papua yang merupakan wilayah Indonesia di sebelah paling timur berbatasan langsung dengan Provinsi Barat Papua Nugini (Fly) dan Provinsi Sepik Barat Papua Nugini (Saudaun).

Bina-Qurani-Batas-Wilayah-Indonesia

Image: Batas Wilayah Indonesia, Source: Photo From Ifan Bima Unsplash

2. Batas Wilayah Indonesia Bagian Selatan

Wilayah daratan Indonesia bagian selatan berbatasan langsung dengan wilayah Timor Leste. Sedangkan di wilayah perairannya berbatasan dengan Australia dan Samudera Hindia.

Wilayah Indonesia yang langsung berbatasan darat dengan Timor Leste adalah Provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya yaitu Kabupaten Belu.

Timor Leste merupakan sebuah negara yang sebelumnya pernah menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Namun, pada 30 Agustus 1999 80% rakyat Timor Timur (sebelum menjadi Timor Leste) memilih untuk berpisah dengan Indonesia.

Dan resmi memisahkan diri dari Indonesia pada 4 September 1999.

3. Batas Wilayah Indonesia Bagian Barat

Wilayah daratan Indonesia bagian barat tidak berbatasan langsung dengan negara manapun. Sedangkan di wilayah perairan, Indonesia berbatasan dengan Samudera Hindia dan perairan Negara India.

Meski secara geografis mempunjai jarak yang sangat jauh dengan India, namun Indonesia dan India memiliki kesepakatan mengenai batas-batas wilayahnya yang terletak di titik-titik tertentu di Samudera Hindia.

Bina-Qurani-Batas-Wilayah-Indonesia

Image: Batas Wilayah Indonesia, Source: Photo From Tusik Only Unsplash

4. Batas Wilayah Indonesia Bagian Utara

Wilayah daratan Indonesia bagian utara berbatasan langsung dengan Malaysia bagian timur yakni Sabah dan Serawak. Malaysia bagian timur ini langsung berbatasan dengan Pulau Kalimantan.

Sedangkan pada wilayah perairan, laut Indonesia berbatasan langsung dengan laut Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam.

Nah, demikian lah batas-batas wilayah Indonesia dengan beberapa negara tetangga. Semoga bermanfaat.

Thumbnail Source: Photo From Anggit Rizkianto Unsplash

Artikel Terkait:
Pendiri Paskibraka

TAGS
#Batas Wilayah Indonesia #Indonesia #Olimpiade Tokyo 2020 #Pendiri Paskibraka #PPKM Level 4 #Rumah Adat Kalimantan Barat #Rumah Adat #Sejarah
Login