Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Belajar Alquran di Era Digital

Belajar Alquran merupakan ibadah yang sangat mulia. Belajar Alquran berarti mempelajari petunjuk Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Dengan belajar Alquran seseorang akan mengetahui jalan mana yang akan mengantarkan pada keselamatan dan kebahagiaan dunia akhirat dan jalan mana yang dapat menjerumuskan pada kesesatan dan kesengsaraan.

Di era digital ini, banyak media yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana belajar Alquran. Baik whatsapp, instagram, twitter, facebook, telegram, youtube, maupun website. Media sosial tersebut ternyata tidak hanya sebagai sarana komunikasi saja, tetapi juga banyak sekali akun-akun media sosial yang dapat menjadi sarana belajar Alquran. Mulai dari belajar tajwid, tahsin, terjemah ayat Alquran, dan bahkan tafsir ayat Alquran. Selain itu juga banyak aplikasi mushaf Alquran yang dapat mempermudah seseorang membaca Alquran kapan saja dan di mana saja. Aplikasi Muslim Pro dan Umma di antara contoh aplikasi yang menyediakan mushaf Alquran beserta terjemahannya yang dapat dimanfaatkan dalam belajar Alquran.

Dengan beragam kemudahan belajar Alquran di era digital ini seharusnya dapat mempermudah siapapun yang ingin belajar Alquran. Baik belajar membacanya, belajar memahami artinya, merenungi isi kandungannya, dan bahkan belajar tafsir Alquran.

Belajar Alquran dapat dilakukan di mana saja. Belajar Alquran dapat dilakukan di masjid, sekolah, pondok pesantren, rumah dan juga dapat dilakukan di kantor atau tempat kerja. Tentu guru yang tepat dan tempat yang nyaman akan memberikan kemudahan bagi seseorang dalam belajar Alquran.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam banyak menjelaskan betapa agungnya belajar Alquran. Imam at-Tirmidzi meriwayatkan hadis dari sahabat Ibnu Mas’ud radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah maka baginya satu kebaikan. Satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif laam miim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.”

Dalam hadis yang yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari sahabat Abu Umamah al-Bahily radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulallah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Bacalah oleh kalian Alquran karena sesungguhnya Alquran itu akan memberikan syafaat kepada pembacanya…”

Dalam hadis yang lain, Aisyah radhiallahu ‘anha meriwayatkan hadis bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Orang yang mahir membaca Alquran, maka ia bersama para malaikat yang mulia dan berbakti. Sedangkan orang yang membaca al-Quran dengan terbata-bata dan merasa kesulitan ketika membacanya, maka baginya dua pahala.” (HR. Muslim)

Tiga hadis tersebut sudah cukup memotivasi seseorang untuk semangat belajar Alquran. Karena setiap satu huruf dibalas dengan sepuluh kebaikan, menjadi pemberi syafaat di hari kiamat, dan orang yang terbata-bata pun belajar membaca Alquran tetap mendapatkan pahala.

TAGS
#Belajar #Era Digital #Alquran
Login