Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Belajar Desain Grafis Pemula

Bina-Qurani-Belajar-Desain-Grafis-Pemula
Belajar Desain Grafis Pemula

Desain grafis merupakan suatu karya seni komunikasi visual yang mengandalkan kemampuan pengolahan gambar, layout, photografi, ilustrasi, dan text atau tipografi. Prinsip utama desain grafis adalah kesatuan, keseimbangan, irama, proporsi, penekanan, kesederhanaan, kejelasan, dan ruang.

Menurut Jessica Helfand, desain grafis merupakan kombinasi kompleks dari kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi, yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen tersebut. Sehingga, proses tersebut dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, mempunyai manfaat dan kegunaan, mengejutkan atau subversive, sehingga informasi atau pesan yang disampaikan mudah diingat.

Di era digital seperti sekarang ini, desain grafis menjadi salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari. Terutama untuk memenuhi berbagai kebutuhan konten di media sosial seperti instagram, facebook, twitter, whatsapp, maupun untuk kebutuhan website.

Maka tidak heran, jika banyak orang yang mulai berlomba-lomba untuk menjadi seorang desainer grafis. Terlebih, bayaran atau gaji yang ditawarkan kepada seorang desain grafis terbilang cukup tinggi.

Namun, untuk menjadi seorang desainer grafis, tidak mengharuskan seseorang untuk mengambil jurusan kuliah DKV. Saat ini banyak situs-situs penyedia layanan belajar desain grafis secara online maupun offline, yang memungkinkan seseorang untuk belajar desain grafis secara otodidak.

Berikut kami sampaikan beberapa situs online yang dapat diakses untuk belajar desain grafis pemula. Simak selengkapnya!

5 Situs Online Belajar Desain Grafis Pemula

Bagi kalian yang tertarik untuk belajar desain grafis secara online, kalian tidak perlu repot-repot lagi mencari tempat belajar. Kalian dapat memanfaatkan beberapa situs belajar berikut untuk mengasah kemampuan dan ketrampilan desain kalian.

Bina-Qurani-Belajar-Desain-Grafis-Pemula

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Belajar Desain Grafis Pemula, Source: Photo by Class Central

1. Coursera

Coursera merupakan platform atau situs online yang menyediakan layanan belajar desain grafis pemula yang berstandar luar negeri dan merupakan program khusus dari Institut Seni California. Di dalam coursera terdapat lima tingkatan kursus, mulai dari tingkat pemula hingga tingkat expert atau mahir, yang langsung dibimbing oleh pengajar dari California Institute of The Arts (CalArts).

Selain itu, di dalam Coursera, kalian juga akan mendapatkan materi pembelajaran terkait beberapa keterampilan dasar yang diperlukan oleh seseorang untuk memulai karir sebagai desainer grafis. Mulai dari bagaimaa cara berkomunikasi secara efektif dengan visual, pemahaman tentang peran desain grafis dalam bidang user interface, animasi, hingga desain editorial.

Untuk memulai belajar desain grafis pemula melalui coursera, kalian dapat mengaksesnya langsung di situs coursera[dot]net. Coursera menyediakan layanan belajar desain grafis secara free atau gratis, dan menyediakan layanan versi berbayarnya dengan akses fitur lebih banyak.

2. Creative Live

Materi belajar desain grafis online untuk para pemula juga dapat diakses melalui situs Creative Live. Creative Live merupakan situs belajar yang secara umum ditunjukan untuk para desainer grafis dan seniman.

Di dalam platfor ini, kalian dapat belajar melalui berbagai video yang telah disediakan. Untuk video pembelajaran dasar-dasar desain grafis, kalian dapat mengaksesnya secara gratis. Namun, untuk mengakses video tingkat middle-hight kalian perlu merogoh kocek sekitar 13 USD agar mendapat akses untuk belajar ke tingkat lanjut.

Jika kalian tertarik untuk belajar desain melalui platform Creative Live, kalian dapat langsung mengaksesnya melalui alamat situs creativelive[dot]com.

3. Udemy

Situs online selanjutnya yang dapat dijadikan acuan untuk belajar desain grafis adalah Udemy. Udemy merupakan platform digital yang menawarkan berbagai macam kursus atau pembelajaran secara online.

Banyak materi yang dapat kalian pelajari melalui situs ini, salah satunya adalah materi belajar desain grafis. Pada materi belajar desain grafis yang ditawarkan oleh Udemy, kalian akan diajarakan tentang berbagai hal mulai dari merancang design thinking, design sprint, animasi, 2D atau 3D effect, dan materi-materi lainnya.

Materi belajar desain grafis dari Udemy, bisa kalian dapatkan secara gratis hingga berbayar. Cukup kunjungi situs Udemy dan daftarkan diri kalian untuk mengikuti materi belajar desain grafis.

Bina-Qurani-Belajar-Desain-Grafis-Pemula

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Belajar Desain Grafis Pemula, Source: Photo by Rio Tallo

4. Envato

Selain Coursera, Creative Live, dan Udemy, situs lain yang dapat dijadikan referensi untuk belajar desain grafis pemula adalah envato.

Di dalam situs ini, telah disediakan lebih dari 1000 tutorial baik dalam bentuk tulisan maupun dalam bentuk video, tentang materi desain grafis. Materi yang diajarkan di dalam envato meliputi pembelajaran tentang adobe illustrator, photoshop, cinema 4D, vector, digital painting, dan sejenisnya.

Materi-materi tersebut dapat diakses dan dipelajari secara gratis, melalui alamat situs envato[dot]com.

5. Creative Pro

Situs lainnya yang dapat dijadikan referensi untuk belajar desain grafis bagi pemula adalah creative pro.

Di dalam situs creative pro terdapat banyak tulisan terkait tips-tips tentang desain grafis yang dapat diakses secara gratis. Selain terdapat banyak tulisan tentang belajar desain, situs ini juga menyediakan materi desain grafis dalam bentuk video dan artikel yang disertai dengan gambar step by stepnya.

Situs ini dapat kalian akses di alamat creativepro[dot]com.

Tips-tips Khusus Belajar Desain Grafis Pemula

Untuk menjadi seorang desain grafis, belajar tentang konsep desain saja tidak cukup. Ada beberapa faktor lain yang harus dikuasai untuk melengkapi pengetahuan dan ketrampilan yang didapatkan dari belajar desain grafis tersebut.

Berikut beberapa tips khusus untuk kalian yang saat ini sedang belajar desain grafis:

  1. Ciptakan karya desain yang sederhana.
  2. Pertahankan orginalitas karya.
  3. Lakukan riset by data sebelum memulai membuat karya.
  4. Pertahankan kontras, agar pesan yang disampaikan terlihat menonjol.
  5. Jangan takut untuk mencoba, trial and error!

Itulah beberapa tips khusus yang harus kalian lakukan saat menjalani proses belajar desain grafis, baik itu secara online maupun secara offline. Semoga bermanfaat!

Thumbnail Source: Photo by Freepik

Artikel Terkait:
Aplikasi Desain Grafis untuk Pemula

TAGS
#Augmented Reality #Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Jaringan #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Virtual Reality #Web Design #Web Developer
Login