Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Belajar Jaringan Komputer

Bina-Qurani-Belajar-Jaringan-Komputer
Belajar Jaringan Komputer

Belajar jaringan komputer di era transformasi digital seperti sekarang ini merupakan hal yang paling diminati oleh kalangan pelajar. Pasalnya banyak perusahaan besar ataupun perusahaan yang baru merintis, membutuhkan tenaga yang ahli di bidang IT khususnya jaringan komputer.

Maka tidak heran, apabila kemudian muncul situs-situs di internet yang menyuguhkan artikel-artikel terkait belajar jaringan komputer. Selain menyediakan artikel dan tutorial gratis, beberapa situs juga menawarkan kursus belajar jaringan komputer berbayar baik secara offline maupun online.

Melihat tingginya minat dan ketertarikan sebagian masyarakat di Indonesia (khususnya kalangan pelajar) untuk belajar jaringan komputer, memberi kami motivasi untuk berkontribusi dalam menyediakan tulisan terkait materi belajar jaringan komputer.

Berikut ini sedikit tulisan tentang materi belajar jaringan komputer, semoga dapat menjadi referensi bagi kalian yang baru memulai belajar jaringan komputer.

Bina-Qurani-Belajar-Jaringan-Komputer

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Belajar Jaringan Komputer, Source: Photo From Nathan Dumlao On Unsplash

Pengertian Jaringan Komputer

Hal pertama yang wajib diketahui oleh kalian yang baru memulai belajar jaringan komputer adalah, mengetahui tentang apa itu jaringan komputer.

Jaringan komputer merupakan dua perangkat komputer atau lebih, yang telah terhubung satu sama lain dan dipakai untuk keperluan berbagi data. Jaringan komputer dibangun dengan menggunakan kombinasi dari hardware maupun software tertentu.

Jaringan komputer ini juga dapat dikatakan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Semua jaringan ini dibangun dan dikumpulkan agar suatu informasi maupun data yang dibawa transmitter (pengirim) dapat sampai kepada receiver (penerima) dengan cepat.

Pembuatan jaringan komputer biasanya menggunakan switch dan router yang memakai protokol serta algoritma tertentu. Hal ini bertujuan agar komputer dapat bertukar informasi serta bisa membawa data sampai pada titik akhir sesuai yang diinginkan.

Setiap dari akhir titik jaringan dikenal dengan host yang unik seperti IP address ataupun MAC address (alamat Media Access Control) yang dipakai dalam menunjukkan sumber dan tujuan transmisi. Titik akhir pada sebuah jaringan dapat mencakup server, telepon, komputer pribadi, dan berbagai jenis hardware lainnya yang terdapat di dalam jaringan.

Bina-Qurani-Belajar-Jaringan-Komputer

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Belajar Jaringan Komputer, Source: Photo From Massimo Botturi On Unsplash

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Setelah mengetahui apa itu jaringan komputer, tahap selanjutnya dalam proses belajar jaringan komputer bagi seorang pemula adalah mengetahui jenis-jenis jaringan komputer. Terdapat beberapa jenis jaringan komputer yang sering digunakan oleh sebuah perusahaan dalam pendistribusian suatu data ataupun informasi.

Berikut ini adalah beberapa jenis jaringan komputer:

1. Local Area Network (LAN)

Local Area Network atau LAN adalah suatu jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah lokal saja (wilayah yang tidak terlalu luas). Artinya, jenis jaringan ini hanya dapat digunakan oleh pengguna yang berada di area LAN.

Dalam jaringan LAN biasanya ditemukan kabel seperti Hub, Switch, UTP, maupun Router. Sistem jaringan LAN juga biasa digunakan pada jaringan komputer di sekolah, perusahan, warnet atau suatu jaringan yang berada pada area yang terbatas.

Karakteristik LAN

Local Area Network (LAN) mempunyai beberapa karakteristik tertentu, yang memudahkan untuk mengidentifikasinya. Berikut ini beberapa karakteristik LAN:

  • Digunakan untuk kepentingan pribadi.
  • Administrasi pada jaringan LAN dilakukan melalui administrasi lokal.
  • Adanya sebuah perangkat komputer yang berfungsi sebagai server dan bertugas mengatur sistem jaringan.
  • Tidak menggunakan jaringan telekomunikasi dari operator tambahan.
Fungsi LAN

Selain memiliki karakteristik khusus, jaringan LAN juga mempunyai banyak manfaat seperti berikut:

  • Menghubungkan dua komputer atau lebih
  • Memindahkan file dari satu komputer ke komputer lainnya
  • Sharing printer
  • LAN Chatting
  • Remote Komputer
Bina-Qurani-Belajar-Jaringan-Komputer

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Belajar Jaringan Komputer, Source: Photo From Bert B On Unsplash

2. Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network atau MAN adalah jaringan yang jangkauannya lebih luas daripada Local Area Network (LAN).

Metropolitan Area Network biasanya digunakan pada suatu jaringan di dalam sebuah negara dengan kecepatan transfer data berkecepatan tinggi. MAN merupakan gabungan dari beberapa LAN dan menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perusahaan, kantor pemerintahan, dan lain sebagainya.

Di dalam jaringan MAN hanya terdapat satu atau dua buah kabel yang berfungsi sebagai pengatur paket data melalui kabel output dengan standart khusus. Standart tersebut sering disebut dengan DQDB (Distributed Queue Dual Bus) atau standart IEEE.

Karakteristik MAN

Sebagaiamana LAN, jaringan area metropolitan juga mempunyai karakteristik khusus untuk memudahkan identifikasi. Berikut ini adalah beberapa karakteristiknya:

  • MAN mencakup area yang cukup luas antara 10 sampai 50 KM.
  • Mencakup beberapa area perkotaan.
  • Jaringan MAN tidak dimiliki oleh organisasi tertentu.
  • MAN dimiliki oleh satu konsorsium pengguna dan penyedia layanan jaringan.
  • Mempunyai kecepatan tinggi untuk sumber daya daerah.
  • Cakupan koneksinya lebih besar dibanding dengan LAN.
  • Hanya memiliki satu atau dua kabel dan tidak memiliki elemen switching.
3. Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network atau WAN adalah sebah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, karena jangkayannya mencakup sebuah negara maupun dunia.

Sarana yang digunakan oleh Jaringan WAN ini adalah fasilitas transimisi seperti teleppon, kabel bawah laut maupun satelit. Kecepatan transimisinya juga beragam mulai dari 2 Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, sampai 625 Mbps bahkan lebih dari itu.

Kelebihan dan Kekurangan WAN

Sebagaimana jaringan kompuuter pada umumnya, WAN tentu memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan dibanding dengan jaringan komputer yang lainnya.

Berikut ini beberapa kekurangan dan kelebihan dari WAN.

Kelebihan WAN
  • Berbagi informasi atau data melalui area yang lebih besar.
  • Semua orang yang ada di jaringan ini dapat menggunakan data yang sama.
  • Sistem jaringannya luas sehingga menjangkau seluruh dunia.
  • Transfer data dengan kecepatan tinggi.
  • Dapat berbagi sumber daya dengan koneksi workstations.
Kekurangan WAN
  • Biaya operasiaonal tinggi
  • Pengaturannya lebih kompleks
  • Memerlukan firewall yang baik
  • Rentan terhadap hacker atau ancaman dari luar
Bina-Qurani-Belajar-Jaringan-Komputer

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Belajar Jaringan Komputer, Source: Photo From Carlos Muza On Unsplash

4. Personal Area Network (PAN)

Personal Area Network atau PAN adalah sebuah jaringan komputer yang digunakan untuk berkomunikasi antar komputer dengan perangkat seperti smartphone, speaker, printer, komputer, dan sejenisnya.

Jangkauan jaringan ini sangat dekat, sehingga tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan jarak jauh. PAN hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi antar perangkat pribadi atau interpersonal komunikasi.

Karakteristik Personal Area Network (PAN)

Terdapat beberapa karakteristik dari PAN yang membedakan jaringan ini dengan jaringan lainnya. Berikut ini adalah beberapa karakteristik jaringan PAN:

  • PAN adalah sebuah titik akses berbagai perangkat.
  • Kontrol PAN dilakukan melalui otoritas individu.
  • Data yang dikirimkan bersifat personal.
  • Protokol yang digunakan antara lain wireless application protocol, Wifi, Bluetooth, Infrared dan sejenisnya.
  • Jangkauannya sangat sempit, hanya beberapa meter saja.
5. Campus Area Network (CAN)

Campus Area Network atau CAN adalah jaringan komputer yang dikatkan mirip dengan jaringan MAN, namun jangkauannya hanya terbatas dalam universitas atau akademi.

Penggunaan jaringan ini biasanya disiapkan dalam kegiatan pendidikan seperti praktik lab, pembaruan kelas, ujian, pengumuman kelulusan, email, pemberitahuan kabar terbaru, dan lain sebagainya.

Demikianlah sedikit uraian terkait jaringan komputer dalam materi belajar jaringan komputer untuk pemula. Mulai dari pengenalan apa itu jaringan komputer hingga pengenalan jenis-jenis jaringan komputer. Semoga bermanfaat.

Thumbnail Source: Photo From Freepik

Artikel Terkait:
Visualisasi Data

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login