Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Belajar Pemrograman Android – Tahap Instalasi Software

Bina-Qurani-Belajar-Pemrograman-Android-Tahap-Instalasi
Belajar Pemrograman Android Untuk Pemula – Tahap Instalasi Software

Setelah sebelumnya telah kami sampaikan tentang materi belajar pemrograman android tahap pengenalan, maka pada tulisan kali ini kami akan melanjutkan dengan materi belajar pemrograman android tahap instalasi software pembangun aplikasi android.

Salah satu hal yang perlu kita siapkan sebelum membangun sebuah aplikasi android adalah melakukan pemasangan software pembangun aplikasi. Berikut ini adalah beberapa perangkat dasar yang harus kita install di perangkat komputer kita sebelum melanjutkan materi belajar pemrograman android:

  • Java JDK
  • Andorid SDK
  • IDE Eclipse
  • Android ADT

Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak dan mulai tahapan instalasinya!

Bina-Qurani-Belajar-Pemrograman-Android-Tahap-Instalasi

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Belajar Pemrograman Android Tahap Instalasi, Source: Photo From Sevima

Instalasi Java JDK

Java Development Kit atau JDK adalah peragkat lunak yang digunakan untuk melakukan proses kompilasi dari kide java ke bytecode yang dapat dimengerti dan dijalankan oleh Java Runtime Environtment atau JRE.

JRE adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dibangun dengan memnggunakan Java. Versi JRE yang digunakan harus sama atau lebih tinggi dengan JDK yang digunakan untuk membangun aplikasi Java.

JDK wajib terinstall pada perangkat yang akan digunakan untuk belajar pemrograman android yang akan digunakan untuk melakukan proses pembuatan aplikasi berbasis Java. Namun, tidak wajib terinstall pada perangkat komputer yang akan menjalankan aplikasi yang dibangun dengan Java.

Berikut ini adalah beberapa langkah instalasi software JDK:

1. Download Software

Langkah pertama, download terlebih dahulu paket software Java JDK pada situs resminya yang dapat kalian akses di oracle[dot]com.

2. Jalankan File Excutable

Setelah file terdownload langkah selanjutnya adalah proses running. Jalankan file excutable Java JDK yang sudah kita download, kemudian klik tombol next atau selanjutnya.

3. Pilih Lokasi Instalasi

Secara default, lokasi penyimpanan file instalasi adalah di dalam folder Program File. Namun, apabila kita ingin mengubah lokasi file instalasi kita dapat klik tombol Change dan pilih folser yang akan digunakan. Kemudian klik Next untuk melanjutkan ke proses berikutnya.

4. Instalasi JRE

Setelah instalasi JDK selesai, maka akan muncul tampilan dialog untuk melakukan instalasi JRE. Kalian bisa mengubah lokasi penyimpanan pada folder lain dengan cara klik tombol Change dan pilih folder yang akan kita gunakan.

Selanjutnya klik Next.

5. Tunggu Proses Instalasi

Setelah selesai melakukan tahapan di atas, langkah selanjutnya adalah menunggu proses pemasangan hingga selesai.

Itulah beberapa langkah instalasi software JDK dan JRE yang akan kita gunakan untuk membangun aplikasi dalam proses belajar pemrogaman android.

Bina-Qurani-Belajar-Pemrograman-Android-Tahap-Instalasi

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Belajar Pemrograman Android Tahap Instalasi, Source: Photo From Pixabay From Pexels

Instalasi Android SDK

Software berikutnya yang dapat kita install di perangkat kita untuk membangun aplikasi dalam proses belajar pemrograman android adalah software Android SDK.

Android SDK atau Software Development Kit adalah tools API (Aplication Programming Interface) yang biasanya digunakan untuk memulai mengembangkan aplikasi pada platform android yang menggunakan bahasa pemrograman Java.

Android merupakan subset perangkat lunak untuk ponsel yang meliputi sistem operasi, middleware dan aplikasi kunci yang di release oleh Google. Saat ini telah disediakan android SDK sebagai API dan alat bantu untuk mulai mengembangkan aplikasi pada platform android menggunakan bahasa pemrograman Java.

Sebagai platform aplikasi yang netral, android memberikan kesempatan kepada kalian untuk membuat aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan, dan bukan merupakan aplikasi bawaan handphone/smartphone.

Berikut ini adalah beberapa fitur penting yang terdapat pada Android SDK:

  1. Framework aplikasi yang mendukung penggantian komponen dan reusable.
  2. Mesin Virtual Dalvik dioptimalkan untuk perangkat mobile.
  3. Integrated browser berdasarkan engine open source webkit.
  4. Grafis yang dioptimalkan dan didukung oleh libraries grafis 2D, grafis 3D berdasarkan spesifikasi openGL ES 1.0 (Opsional Akselerasi Hardware).
  5. SQLite untuk penyimpanan data.
  6. Media Support yang mendukung audio, video dan gambar (MPEG4, H.264, MP3, AAC, AMR, JPG, PNG, GIF), GSM Telephony (tergantung hardware).
  7. Bluetooth, EDGE, 3G, WiFi (tergantung hardware).
  8. Kamera, GPS, kompas dan Accelerator (tergantung hardware).
  9. Lingkungan development yang lengkap dan kaya, termasuk perangkat emulator, tools untuk debuging, profil dan kinerja memori, serta plug in untuk IDE Eclipse.
Bina-Qurani-Belajar-Pemrograman-Android-Tahap-Instalasi

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Belajar Pemrograman Android Tahap Instalasi, Source: Photo From Pixabay From Pexels

Adapun untuk cara instalasinya adalah sebagai berikut:

1. Download Software

Langkah pertama, download terlebih dahulu paket Android SDK pada situs resminya yang dapat kalian akses di developer[dot]android[dot]com. Software tersebut terdapat beberapa versi berdasarkan sistem operasi perangkat yang digunakan. Ada versi Windows, Linux, dan MacOS.

2. Jalankan File Excutable Android SDK

Setelah file terdownload langkah selanjutnya adalah proses running. Jalankan file excutable Android SDK yang sudah kita download, kemudian ikuti proses instalasinya sampai selesai.

3. Pilih Versi Android

Langkah berikutnya adalah memilih versi Android yang akan digunakan. Dalam memilih versi Adroid yang akan kita gunakan, dapat dilakukan dengan melihat versi android yang memiliki pengguna paling banyak di pasaran.

Centang pada kotak dialog Android SDK, versi android yang kita gunakan. Klik selanjutnya dan centang Google USB Driver pada bagian Extras. Kemudian klik install.

4. Membuat AVD

Setelah aplikasi terinstall, langkah selanjutnya adalah membuat AVD pada Android SDK. AVD atau Android Virtual Device merupakan simulator untuk mengoperasikan aplikasi android yang nanti akan kita bangun.

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat AVD pada Android SDK:

  • Pada halaman Android SDK pilih menu tools.
  • Lalu pilih Manage AVDs.
  • Tekan tombol Create.
  • Kemudian Klik OK.

Demikianlah beberapa langkah pamasangan Android SDK yang akan kita gunakan untuk membangun sebuah aplikasi dalam proses belajar pemrograman android.

Bina-Qurani-Belajar-Pemrograman-Android-Tahap-Instalasi

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Belajar Pemrograman Android Tahap Instalasi, Source: Photo From Christina Morillo From Pexels

Instalasi IDE Eclipse

Software berikutnya yang dapat kita install pada perangkat kita untuk membangun aplikasi dalam proses belajar pemrograman android adalah Eclipse. Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) yang digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform.

Eclipse merupakan sebuah software yang diciptakan dan kembangkan dengan bahasa pemrograman Java, namun Eclipse juga mendukung pengembangan aplikasi berbasis bahasa pemrograman lainnya, seperti PHP, C/C++, Cobol, Python, Perl, dan bahasa pemrograman Android.

Selain sebagai IDE untuk pengembangan aplikasi, Eclipse juga bisa digunakan untuk aktivitas dalam siklus pengembangan perangkat lunak, seperti dokumentasi, test perangkat lunak, pengembangan web, dan lain sejenisnya.

Untuk melakukan instalasi IDE Eclipse, kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Download Software

Langkah awal untuk instalasi Eclipse adalah dengan mengunduh sofwate tersebut pada situs resminya di eclipse[dot]org.

2. Ektrak File

Setelah file berhasil didowload, langkag selanjutnya adalah ekstrak file tersebut.

3. Jalankan

Jalankan file executable eclipse yang telah di ekstrak dan ikuti langkah instalasinya.

Bina-Qurani-Belajar-Pemrograman-Android-Tahap-Instalasi

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Belajar Pemrograman Android Tahap Instalasi, Source: Photo From Anete Lusina From Pexels

Instalasi ADT Plugin

Software yang dapat kita install untuk membangun aplikasi dalam proses belajar pemrograman android selanjutnya adalah ADT. ADT atau Android Development Tools adalah plugin yang didesain untuk IDE Eclipse, sehingga memberikan kemudahan kepada penggunanya dalam melakukan pengembangan dan pembangunan aplikasi android.

Berikut ini adalah langkah-langkah pemasangan ADT plugin ke Eclipse IDE:

1. Persiapan

Sebelum melakukan instalasi ADT Plugin, persiapkan terlebih dahulu Eclipse dengan versi terbatu yang dapat kalian download pada situs resminya.

2. Download ADT

Download ADT Plugin dari Eclipse menu Help kemudian Install Neew Software. Pada available software dialog, click tombol Add. Kemudian masukkan nama dan pada Location Field dengan memasukkan link http connection.

3. Finishing

Setelah semuanya tersambung dan terinstall langkah selanjutnya adalah check semua nested yang ditampilkan dan klik tombol Next. Tunggu sampai selesai, kemudian restart Eclipse.

Demikianlah sedikit materi belajar pemrograman android tahap instalasi software, mulai dari Java JDK, Andorid SDK, IDE Eclipse, Android ADT.

Semoga bermanfaat.

Thumbnail Source: Photo From Pexels By Kelvin Valerio

Artikel Terkait:
Belajar Pemrograman Android – Tahap Pengenalan

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login