Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Belajar Pemrograman Online

Bina-Qurani-Belajar-Pemrograman-Online
Belajar Pemrograman Online

Pemrograman merupakan salah satu materi belajar yang saat ini menjadi daya tarik tersendiri dari kalangan pelajar. Maka tidak mengherankan apabila kemudian muncul banyak blog dan buku yang mengajarkan tentang berbagai tutorial terkait materi pemrograman.

Berbicara tentang blog atau situs belajar pemrograman online, maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa referensi situs untuk belajar pemrograman online yang menggunakan bahasa Indonesia.

Situs pembelajaran tersebut antara lain adalah:

  • Dicoding Indonesia
  • Code Politan
  • Jago Coding
  • Sekolah Koding
  • Code Saya

Untuk lebih jelasnya, simak tulisan berikut ini!

5 Situs Belajar Pemrograman Online Menggunakan Bahasa Indonesia
1. Jago Coding

Salah satu situs belajar pemrograman online yang materi pembelajarannya menggunakan bahasa Indonesia adalah Jago Coding. Jago Coding adalah situs yang menyediakan berbagai tutorial pemrograman di Indonesa berbasis Jejaring Sosial.

Terdapat lima tingkatan pembelajaran yang diberikan Jago Coding melalui tutorial yang disediakan di dalam situs tersebut. Adapun tingkatan pembelajarannya adalah sebagai berikut:

  • Tutorial for Baby
  • Tutorial for Nerbie
  • Tutorial for Standard
  • Tutorial for Advance
  • Tutorial for Expert

Selain dapat mempelajari semua tutorial yang ada, kalian juga dapat membagikan tulisanmu melalui situs ini. Jadi gak heran deh, kalo Jago Coding merupakan situs belajar pemrograman online yang sangat cocok untuk kalian yang sama sekali belum mempunyai dasar pemrograman.

Kunjungi situs Jago Coding di alamat website jagocoding[dot]com

2. Dicoding Indonesia

Salah satu situs belajar pemrograman online yang menggunakan bahasa Indonesia dan dapat kamu akses serta kunjungi adalah Dicoding Indonesia. Dicoding Indonesia merupakan sebuah perusahaan startup yang bertujuan untuk membantu perkembangan ekosistem developer di Indonesia.

Dicoding didirikan sejak 5 Januari 2015 oleh Narenda Wicaksono, Kevin Kurniawan, Adib Toriq, dan Akbar Hidayat. Sejalan dengan tujuannya, sesaat setelah diluncurkannya Dicoding, sebanyak 500 pengembang aplikasi kemudian bergabung bersama startup tersebut.

Salah satu pilar utama Dicoding adalah berfokus dalam meningkatkan kualitas SDM digital melalui pembelajaran elektronik. Pembelajaran dibagi menjadi beberapa tingkatan sesuai dengan kemampuan peserta, mulai dari pemula (beginer), pertengahan (middle), hingga tingkat mahir (expert).

Sedangkan dari segi konten pembelajran, Dicoding membagi perserta menjadi dua kelas sebagai berikut:

  • Regular – Kelas Regular merupakan tipe kelas dimana developer dapat membaca seluruh modul artikel secara gratis kecuali modul terakhir yang berisi tugas. Untuk mendapatkan akses tugas ujian, dapat dilakukan dengan memenuhi biaya yang telah ditentukan.
  • Picodiploma – Merupakan kelas lanjutan dari dari reguler yang bertujuan mempersiapkan developer menjadi developer yang profesional. Developer dapat mendaftar dengan gratis melalui mode trial.

Dicoding diharapkan dapat menjadi solusi bagi kalian yang saat ini sedang mencari situs belajar pemrograman online dengan bahasa Indonesia. Kalian dapat mengunjungi situs ini melalui dicoding[dot]com

3. Code Politan

Selain Jago Coding dan Dicoding, situs lain yang dapat kalian gunakan sebagai sarana belajar pemrograman online berbahasa Indonesia adalah Code Politan. Code Politan merupakan website tempat belajar pemrograman yang lengkap dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Code Politan menyediakan berbagai tutorial mengenai beberapa bahasa pemrograman seperti HTML, Java, PHP, Phyton, Javascript, MySQL, Bootstrap dan yang lainnya.

Adapun jenis pembelajaran yang diberikan oleh Code Politan terdiri dari beberapa kelas, seperti:

  • Kelas Android
  • Kelas Web Developer
  • Kelas CodeIgniter
  • Kelas Gratis

Bagi kalian yang sedang mencari situs belajar pemrograman online dengan bahasa Indonesia yang gratis, kalian dapat mencoba kelas gratis yang diberikan oleh Code Politan di alamat situs codepolitan[dot]com.

4. Sekolah Koding

Sekolah Koding juga merupakan sebuah situs yang menyediakan layanan belajar pemrograman online. Dalam penyampaian materi pembelajarannya, Sekolah Koding juga menggunakan bahasa Indonesia sebagaimana Jago Coding, Dicoding, dan Code Politan.

Tema yang diusung dalam poses pembelajaran di Sekolah Koding adalah “Belajar koding mulai dari nol”. Tema ini menjadikan Sekolah Koding sebagai tempat belajar pemrograman online yang sangat cocok bagi pemula.

Terdapat ribuan video pembelajaran yang disediakan di dalam situs belajar pemrograman online Sekolah Koding ini. Video tersebut dapat diakses oleh seluruh member yang sudah terdaftar untuk mengikuti pembelajaran yang disediakan.

Selain terdapat ribuan video pembelajaran, Sekolah Koding juga menyediakan forum untuk berdiskusi dengan member lain maupun dengan tutor-tutor senior Sekolah Koding.

Adapun alamat situs dari Sekolah Koding itu sendiri adalah sekolahkoding[dot]com.

5. Code Saya

Situs belajar pemrograman online yang berikutnya adalah Code Saya. Code Saya merupakan situs atau tempat bagi kalian yang ingin mempelajari bahasa pemrograman seperti Python, PHP, Javascript, dan sejenisnya dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Selain menerapkan sistem pembelajaran yang menarik, Code Saya juga menerapkan sistem pembelajaran interaktif. Setelah peserta mempelajari suatu topik pembelajaran, maka tahapan yang akan dilalui peserta adalah dengan menjawab soal-soal coding yang diberikan melalui browser.

Setelah melewati masa pembelajaran dan menjawab soal yang diberikan, peserta kemudian akan mendapatkan lencana sesuai dengan penilaian yang dilakukan oleh pihak Code Saya.

Kalian dapat mengakses situs Code Saya di alamat website codesaya[dot]com.

Demikianlah lima situs belajar pemrograman online dengan menggunakan bahasa Indonesia yang dapat kamu kunjungi. Semoga bermanfaat dan dapat menambah serta meningkatkan kemampuan kamu di bidang teknologi dan informasi.

Thumbnail Source: Photo From Freepik

Artikel Terkait:
Coding Dasar

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login