Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Belajar Web Developer

Bina-Qurani-Belajar Web-Developer
Belajar Web Developer

Semakin pesatnya laju perkembangan di dunia teknologi dan informasi membuat sebagian orang berlomba-lomba untuk terus mengupgrade skill dan kemampuan di berbagai bidang. Upgrade skill dan kemampuan ini dilakukan sebagai upaya untuk beradaptasi dan mengimbangi cepatnya perkembangan zaman tersebut.

Beradaptasi dengan perkembangan zaman merupakan salah satu cara yang wajib dilakukan agar dapat tetap eksis dan dapat bersaing di dunia digital seperti saat ini. Jika tidak, maka jangan berharap dapat bertahan dan eksis di dunia digital, yang ada kita justru akan semakin tertinggal bahkan tertindas.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh setiap orang sebagai usaha untuk mengimbangi perkembangan zaman yang begitu cepat ini adalah dengan belajar. Melalui belajar, seseorang dapat menambah wawasan tentang pengetahuan baru dan dapat mengetahui tentang masalah yang dihadapi serta menentukan solusi yang harus diambil.

Bina-Qurani-Belajar Web-Developer

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Belajar Web Developer, Source: Photo by Olia Danilevich From Pexels

Di zaman yang serba digital seperti sekarang, salah satu hal yang perlu kita pelajari adalah belajar web developer. Belajar web developer dapat dilakukan melalui berbagai macam cara, baik secara otodidak melalui berbagai situs di internet maupun secara offline melalui lembaga pendidikan formal maupun non-formal.

Berbicara mengenai belajar web developer, pada tulisan kali ini kami akan menyampaikan beberapa tips terkait belajar web developer untuk pemula.

Yuk kita simak!

Tips-tips Belajar Web Developer untuk Pemula

Belajar web developer bukanlah hal yang sulit apalagi membosankan. Belajar web developer adalah hal yang mudah dan menyenangkan apabila kita mengetahui tips-tipsnya.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk belajar web developer bagi pemula:

1. Memulai Membuat Website

Tips pertama yang dapat kalian lakukan sebagai pemula dalam belajar web developer adalah dengan memulai membuat sebuah website.

Mulailah membuat website sederhana seperti blog pribadi, portofolio, atau semisalnya menggunakan penyedia layanan website gratis seperti blogspot, wordpress atau website builder seperti wix.

Membuat website dengan menggunakan layanan gratis adalah langkah pertama sebagai tahapan anda dalam belajar web developer.

Bina-Qurani-Belajar Web-Developer

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Belajar Web Developer, Source: Photo by Sora Shimazaki From Pexels

2. Pelajari Fungsi dan Kegunaan Tools Pada Halaman Administrator

Tips selanjutnya dalam belajar web developer adalah dengan mempelajari fungsi dan kegunaan dari tools yang tersedia pada halaman administrator layanan website yang kalian gunakan.

Mulailah mencoba-coba untuk menggunakan tools yang ada, sampai kalian benar-benar mengetahui fungsi dan kegunaannya masing-masing.

3. Memulai Belajar HTML Dasar

Setelah kalian mencoba untuk membuat sebuah website dan mempelajari fungsi serta kegunaan tools yang ada pada halaman administrator, tips belajar web developer yang selanjutnya adalah memulai belajar HTML.

Apa itu HTML?

HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language, yang artinya adalah bahasa markup standar yang digunakan untuk membuat dan menyusun halaman website kalian.

Setidaknya dengan kalian belajar HTML, kalian dapat membaca dan memahami struktur bahasa yang menyusun website yang kalian buat. Tidak menutup kemungkinan, hal ini juga dapat membantu kalian dalam mengembangkan maupun membuat website sendiri.

Bina-Qurani-Belajar Web-Developer

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Belajar Web Developer, Source: Photo by Emile Perron From Unsplash

4. Memulai Belajar CSS Dasar

Tidak hanya belajar HTML, pada tahapan atau langkah selanjutnya dalam belajar web developer dasar adalah memulai untuk belajar CSS.

CSS atau Cascading Style Sheet adalah bahasa pemrograman yang biasanya digunakan untuk mengatur tampilan struktur yang terdapat pada bahasa markup seperti HTML.

Dengan belajar CSS, kalian dapat memperindah tampilan visual website kalian.

5. Mengikuti Kursus Bahasa Pemrograman

Setelah belajar tentang HTML dan CSS dasar, langkah selanjutnya dalam belajar web developer adalah dengan mengikuti kursus bahasa pemrograman.

Jika kalian mulai memahami tentang dasar-dasar HTML dan CSS, serta tertarik pada dunia web developer, kalian dapat memulai untuk mengikuti kursus-kursus atau pelatihan tentang bahasa pemrograman baik secara offline maupun online.

Dengan mengikuti pelatihan ini, diharapkan kalian bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih luas dan mendalam terkait bahasa pemrograman yang digunakan dalam membuat website.

Demikianlah beberapa tips yang dapat dilakukan sebagai upaya dalam belajar web developer bagi pemula. Semoga bermanfaat.

Thumbnail Source: Photo by Burst From Pexels

Artikel Terkait:
Coding Dasar

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login