Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Blog untuk Bisnis

Bina-Qurani-Blog-untuk-Bisnis
Blog untuk Bisnis

Blog merupakan suatu situs online yang di dalamnya berisi konten-konten dalam bentuk artikel, foto, maupun video, yang dikelola oleh seseorang atau sekelompok orang. Topik yang ditampilkan pada blog biasanya fokus pada satu bidang (niche) tertentu, mulai dari llifestyle, finance, kesehatan, teknologi, kuliner, dan sebagainya.

Selain bisa digunakan untuk menampilkan dan mempresentasikan konten online, blog juga bisa digunakan untuk marketing bisnis suatu produk. Blog menjadi salah satu elemen terpenting yang mendukung suksesnya pelaksanaan strategi internet marketing bagi para pelaku bisnis.

Blog juga bermanfaat untuk membantu calon kinsumen untuk memahami fitur dan kelebihan sebuah bisnis. Di samping itu, blog juga bisa membantu para pelaku bisnis untuk lebih mudah menemukan pelanggan sekaligus juga membangun reputasi bisnisnya.

Meski demikian, namun tidak semua orang memahami betul akan pentingnya blog untuk bisnis. Bahkan, bagi sebagian pemiliki bisnis di Indonesia, membuat blog dan mengurusnya adalah pekerjaan rumit. Ada banyak hal teknis yang perlu dipelajari dan diterapkan. Selain itu, para pelaku bisnis juga butuh memperkerjakan penulis yang tentunya akan menambah ongkos produksi.

Hal semacam ini tentunya bisa terjadi karena kurangnya pemahaman para pelaku bisnis akan pentingnya sebuah blog untuk bisnis. Jika mereka memahami pentingnya dan manfaat blog untuk bisnis, tentu langkah membuat blog ini akan ditempuh demi mencapai kesuksesan pelaksanaan marketing online.

Untuk lebih jelas mengenai manfaat dari blog untuk pengembangan sebuah bisnis, ada baiknya Anda menyimak tulisan di bawah ini!

Manfaat Menggunakan Blog untuk Bisnis

Membuat dan memiliki blog merupakan sebuah investasi bisnis yang sangat bermanfaat untuk jangka panjang. Jika Anda membayangkan bisnis yang dijalani masih terus ada hingga tiga, empat, lima atau bahkan beberapa tahun ke depan, pastinya Anda akan diuntungkan dengan keberadaan blog yang Anda miliki.

Ada banyak manfaat dari menggunakan blog untuk bisnis Anda. Hal ini sebagaimana Konsep Customer Journey yang diperkenalkan oleh Oxford SM pada tahun 1998.

Konsep customer journey memetakan bagaimana interaksi antara konsumen dengan sebuah brand bisa berjalan. Interaksi tersebut dipetakan dengan memperhatikan perasaan, pengalaman, dan motivasi konsumen. Dengan adanya konsep ini, sebuah brand bisa lebih memahami bagaimana konsumen memandang brand itu sendiri.

Bina-Qurani-Blog-untuk-Bisnis

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Blog untuk Bisnis, Source: Photo by Monoar Pexels

Selain itu, ada pula manfaat penting yang bisa Anda dapatkan apabila memiliki blog untuk bisnis Anda. Untuk lebih jelasnya, simak uraiannya di bawah ini:

1. Meningkatkan Trafik Website

Bisnis yang memiliki blog rata-rata pengunjungnya meningkat hingga 55 persen. Blog bisnis juga rata-rata memiliki empat kali halaman terindeks google. Artinya ada 434 persen kemungkinan lebih besar bagi calon konsumen untuk menemukan bisnis Anda. Angka ini tentunya lebih tinggi jika dibandingkan dengan bisnis yang tidak memiliki blog.

Selain trafik yang datang dari mesin pencari, blog untuk bisnis juga terbukti membantu Anda untuk melaksanakan promosi dengan cara email marketing. Di mana menurut sebuah studi, blog membantu trafik dari email hingga 28 persen dibandingkan dengan bisnis yang tidak memiliki blog.

2. Menyasar Pelanggan yang Jauh Lebih Potensial

Pada hakikatnya, tidak ada satu konsumen pun yang mau untuk disuruh untuk membeli sebuah produk. Hal ini bisa diperhatikan, banyak pengunjung mall yang berusaha keras untuk menghindari salesman di toko. Obrolan seramah apapun dari si sales tidak akan menjadi daya tarik karena jelas tujuan akhirnya adalah menyuruh pengunjung untuk membeli dalam hal ini menggunakan strategi hard selling.

Sebaliknya, orang-orang lebih menyukai strategi promosi yang lebih halus. Berbagai cara untuk membangun koneksi dan hubungan emosional lebih dihargai. Bahkan dalam beberapa kasus, calon konsumen tidak sadar bahwa konten yang dinikmatinya adalah iklan. Hingga akhirnya, mereka menyadari bahwa tujuan dari dibuatnya konten tersebut adalah untuk mempengaruhi secara halus agar calon konsumen membeli sebuah produk atau jasa.

3. Meningkatkan Reputasi Bisnis

Meraih reputasi bisnis dengan cepat tidaklah mudah untuk dilakukan. Namun, bukan berarti meningkatkan reputasi bisnis melalui blog tidak patut untuk dicoba. Bahkan, ada beberapa alasan logis yang membuat blog adalah bagian yang bisa meningkatkan reputasi brand sebuah bisnis.

Dengan menggunakan blog, Anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan konsumen seputar bidang bisnis yang Anda geluti. Melalui jawaban inilah bisa diartikan sebagai solusi dari masalah yang dialami oleh para calon konsumen.

Dengan konten yang berkualitas pada sebuah blog, Anda akan kembali mengingatkan konsumen mengapa brand Anda lebih unggul dibandingkan dengan brand yang lain. Melalui blog bisnis pula, Anda akan menunjukkan bahwa Anda tahu betul tentang apa yang sedang Anda kerjakan untuk reputasi bisnis Anda di mata konsumen dan calon konsumen.

Thumbnail Source: Photo by Tranmautritam Pexels

Artikel Terkait:
Media Sosial Terbaik untuk Bsinis

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Jaringan #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
© 2023 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login