Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Boarding School

Bina-Qurani-Boarding-School-Islamic-Boarding-School-Di-Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi-Bandung

Boarding School – Istilah Boarding School atau Islamic Boarding School mungkin sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Keberadaan Islamic Boarding School akhir-akhir ini semakin menjamur dan menjadi daya tarik bagi sebagian masyarakat.

Namun bagi sebagian orang masih banyak yang bertanya-tanya, apa itu Boarding School? Apa yang dimaksud dengan Islamic Boarding School? Apa kelebihan dari Islamic Boarding School? Apa saja yang didapat di Islamic Boarding School?

Banyaknya pertanyaan dari masyarakat yang muncul mengenai Islamic Boarding School menjadi motivasi bagi kami untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang apa yang dimaksud dengan Boarding School.

Boarding School adalah sekolah berasrama tingkat pra-universitas dimana seluruh siswanya tinggal di dalam asrama yang telah disediakan selama masa pendidikan berlangsung. Sedangkan Islamic Boarding School adalah sekolah pra-universitas berbasis Islam yang berasrama dan seluruh murid atau sebagian besarnya tingal di dalam asrama selama masa pendidikan berlangsung.

Bina-Qurani-Boarding-School-Islamic-Boarding-School-Di-Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi-Bandung

Source: Photo By ESB Professional From Shutterstock

Selain tinggal di dalam asrama, yang menjadi pembeda antara Islamic Boarding School dengan sekolah umum adalah penerapan dwi kurikulum yaitu Kurikulum Kementrian Pendidikan dan Kurikulum Keagamaan yang disusun sendiri oleh sekolah masing-masing sehingga secara rinci antara Islamic Boarding School yang satu dengan Islamic Boarding School yang lainnya berbeda-beda.

Jadi bisa dikatakan pula bahwa Islamic Boarding School adalah perpaduan antara sekolah tingkat lanjutan dengan pondok pesantren yang dikemas sedemikian rupa. Selain pendidikan pesantren (tentang pembinaan keagamaan) siswa di Islamic Boarding School juga ada kegiatan penunjang yang lain, seperti kegiatan ekstrakulikuler sesuai dengan minat dan bakat siswa serta dengan bimbingan para pengajar yang kompeten.

Hadirnya Islamic Boarding School menjadi solusi bagi para orang tua yang khawatir akan pergaulan anaknya pada masa remaja. Kita ketahui bersama bahwa pergaulan di era milenial ini menjadi momok tersendiri bagi orang tua, khususnya bagi mereka yang buah hatinya menginjak usia remaja.

Bina-Qurani-Boarding-School-Islamic-Boarding-School-Di-Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi-Bandung

Source: Photo From Freepik

Tingginya minat orang tua untuk menyekolahkan sang buah hati di Islamic Boarding School menjadi salah satu faktor cepatnya Islamic Boarding School tumbuh dan berkembang di masa sekarang. Terbukti ada banyak sekali Islamic Boarding School di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan wilayah lainnya.

Islamic Boarding School di Jakarta antara lain adalah: JI Boarding School Puncak, Jakarta IG Boarding School, Jakarta IB Boarding School, Int Islamic Boarding School, Al-Kausar Boarding School, dan Islamic Bording School lainnya.

Sedangkan Islamic Boarding School di Bogor anatara lain adalah: FIWA Boarding School, Bina Qurani Islamic School, Nurul Fikri Islamic School dan yang lainnya.

Tidak kalah banyak juga Islamic Boarding School di Depok antara lain adalah: Zam-zam Syifa Islamic School, Al-Qudwah, Al-Manar Azhari, dan Islamic Boarding School lainnya.

Begitu juga Islamic Boarding School di Tangerang perkembangannya cukup pesat, di antara Islamic Boarding School di Tangerang antara lain adalah: Al-Kamil Islamic School, Granada Islamic Boarding School, Ibnu Katsir dan yang lainnya.

Hadirnya Islamic Boarding School di atas menjadi bukti bahwa Islamic Boarding School bukan hanya sekedar pilihan tetapi juga sudah menjadi kebutuhan orang tua “zaman now” untuk menyekolahkan anaknya ke tingkat lanjutan.

Bina-Qurani-Boarding-School-Islamic-Boarding-School-Di-Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi-Bandung

Source: Photo From Shutterstock Standard License Unlimited Web Distribution

Di antara banyaknya Islamic Boarding School di Bogor, Islamic Boarding School di Jakarta, Islamic Boarding School di Depok, Islamic Boarding School di Tangerang dan Islamic Boarding School di kota lainnya, Bina Qurani Islamic School menjadi salah satu sekolah yang mempunyai daya tarik tersendiri untuk kita bahas.

Sudah selayaknya Bina Qurani Islamic School menjadi pilihan orang tua untuk menyekolahkan buah hatinya ke tingkat lanjut (yaitu tingkat SMP dan SMA).

Kenapa Harus Bina Qurani Islamic School?

1. Bina Qurani Islamic School Menerapkan Konsep Pendidikan QUALITY Kurikulum

Bina Qurani Islamic School merupakan lembaga pendidikan formal yang menerapkan konsep pendidikan QUALITY Kurikulum, yaitu Quran, Adab, Language, Information Technology. Penerapan konsep QUALITY Kurikulum yang menjadi keunggulan Bina Qurani Islamic School ini dikawal langsung oleh 4 orang pengasuh, Dr. Abdul Wahid, Lc., M.E.I., Dr. Abu Mujahid al-Ghifari, Lc., M.E.I., Dr. Ade Wahidin, Lc., M.Pd.I., dan Fitri Priyanto, Lc., M.M.

Dengan tenaga pendidik dan kependidikan yang berpengalaman serta profesional, Output Bina Qurani diharapkan menjadi muslim yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia serta unggul dalam kompetisi global dalam rangka bersama membangun generasi qurani.

Bina-Qurani-Boarding-School-Islamic-Boarding-School-Di-Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi-Bandung

Source: Bina Qurani Tower

2. Kualitas Kurikulum Inti Bina Qurani

Untuk mencetak output yang berkualitas, baik agama maupun dunia maka Bina Qurani Islamic School adalah solusinya. Karena peserta didik di Bina Qurani dibina dengan kurikulum yang memadukan antara kurikulum pendidikan nasional dan kurikulum diniyah (agama), di mana kurikulum inti dan target kurikulumnya adalah sebagai berikut:

  1. Tahfiz Alquran bersanad.
  2. Tajwid dan tahsin dengan target penguasaan teori dan praktik yang tepat.
  3. Menguasai dasar-dasar IT dengan kurikulum yang selalu terbarukan.
  4. Mahir berbahasa Arab dan Inggris.
  5. Mempelajari ilmu-ilmu syar’I melalui kitab-kitab klasik bersanad.

Dengan kurikulum tersebut, output Bina Qurani diharapkan menjadi muslim yang beriman, bertakwa, dan berkhlak mulia serta unggul dalam kompetisi global dalam rangka bersama membangun generasi qurani.

Bina-Qurani-Boarding-School-Islamic-Boarding-School-Di-Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi-Bandung

Source: Bina Qurani Tower

3. Kegiatan Harian Dikawal Ketat Oleh Para Pegasuh

Selama berada di Bina Qurani, para peserta didik digembleng dengan berbagai kegiatan yang cukup variatif dan signifikan. Kegiatan-kegiatan tersebut pada dasarnya mengarah kepada realisasi dari visi dan misi Bina Qurani, yaitu untuk membentuk peserta didik yang hafal Alquran, menguasai teknologi informasi, mahir berbahasa Arab dan Inggris, dan menjadi peserta didik yang beradab.

Di antara kegiatan harian yang cukup penting adalah:

  1. Menghafal Alquran.
  2. Mempelajari tajwid dan tahsin secara teoritis dan praktis.
  3. Mengikuti praktikum kurikulum IT yang mutakhir.
  4. Berkomunikasi dengan bahasa Arab dan Inggris melalui program ’Usbū‘ al-Lughahdan English Weekserta program Arabic and English Club.
  5. Internalisasi budaya adab Bina Qurani dan internalisasi adab melalui pendalaman ilmu-ilmu syar’i dengan kitab-kitab klasik bersanad.

Para pengasuh Bina Qurani senantiasa mengawal seluruh rangkaian kegiatan harian sebagai upaya konkrit dalam bersama membangun generasi qurani.

Bina-Qurani-Boarding-School-Islamic-Boarding-School-Di-Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi-Bandung

Source: Bina Qurani Mosque

4. Ekstrakulikuler yang Sesuai dengan Minat dan Bakat Siswa

Bina Qurani Islamic School memberikan keluasan kepada seluruh peserta didik untuk mengikuti kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan minat dan bakat siswa.

Tujuan dari kegiatan-kegiatan tersebut adalah untuk memfasilitasi minat dan bakat peserta didik yang cukup variatif, sehingga output Bina Qurani ini tidak hanya mumpuni dari sisi kognitif dan afektif tetapi juga secara psikomotorik mampu berkompetisi dengan lulusan-lulusan sekolah lainnya.

Pembekalan kegiatan ekstrakurikuler ini juga diharapkan dapat menjadikan output Bina Qurani tidak lagi canggung untuk terjun langsung ke masyarakat dalam upaya ikut serta bersama membangun generasi qurani melalui transfer ilmu yang mereka dapatkan selama di Bina Qurani.

Berikut ini beberapa ekstrakulikuler yang diadakan oleh Bina Qurani Islamic School:

  1. Pramuka
  2. Pidato 3 Bahasa (Arab, Inggris, dan Indonesia)
  3. Imla dan Kaligrafi
  4. Berenang
  5. Seni Bela Diri
  6. Pelatihan Imam dan Khatib
  7. Pelatihan Karya Tulis Ilmiah
  8. Leadership, dan lain-lain.

Itulah mengapa Bina Qurani layak menjadi sekolah pilihan bagi orang tua.

Selain beberapa poin di atas, juga karena dengan Bina Qurani Bersama Membangun Generasi Qurani, Profesional, Internalisasi Adab, Menguasai Dunia dengan IT, Menguasai Bahasa Dunia, Budaya, dan Fasillitas yang diberikan oleh Bina Qurani Islamic School. Selengkapnya cek di “Why Bina Qurani?”

Thumbnail Source: Photo By Voice Of Europe From Twitter

TAGS
#Bina Qurani Islamic School #Boarding School di Bogor #Boarding School di Jakarta #Kurikulum Bina Qurani #Pondok Pesantren Modern #Pondok Pesantren #Sekolah berasrama #Bina Qurani #Boarding School #Islamic Boarding School
Login