Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Budaya Diskusi

Diskusi merupakan salah satu cara metode pembelajaran terbaik dalam mempelajari ilmu-ilmu syar’i. Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam juga berdiskusi dalam mengajarkan perkara-perkara agama kepada para sahabatnya. Demikian pula para sahabat nabi dan para imam mazhab, mereka menerapkan metode diskusi dalam mengajarkan ilmu-ilmu syar’i kepada para muridnya.

Bina Qurani Islamic School menjadikan diskusi sebagai salah satu metode pembelajaran. Dengan membudayakan diskusi dalam belajar, para peserta didik dibina agar saling menghargai dan mengormati, berfikir kritis, teliti, kuat dalam menyampaikan argumentasi, melatih kemampuan berbicara, dan sebagai wadah para peserta didik dalam meningkatkan kepercayaan diri.

Sebagai sekolah Islam yang modern, Bina Qurani membina para peserta didik untuk bersikap dewasa dengan berlapang dada dalam menerima perbedaan pendapat. Melalui diskusi inilah sikap moderat para peserta didik terlatih. Sekalipun demikian, sikap berpegang teguh terhadap kebenaran menjadi sikap dan karakter para peserta didik Bina Qurani. Sikap lain yang akan terbangun melalui belajar dengan metode diskusi ini adalah membiasakan para peserta didik bersikap tunduk dan patuh terhadap ketetapan hukum-hukum Islam yang berdasarkan Alquran, sunah, dan ijmak.

Selain itu, dengan budaya diskusi para peserta didik juga dituntut untuk tampil berani dalam menyampaikan argumentasi. Pada saat yang sama, para guru mendapatkan kesempatan untuk meluruskan pandangan-pandangan yang keliru, sehingga para peserta didik mendapatkan pemahaman yang utuh dan kuat tentang suatu ilmu. Metode diskusi ini merupakan salah satu dari berbagai metode belajar yang dibudayakan di Bina Qurani.

Source : Photo by Aisylu Ahmadieva – Shutterstock Standard License Unlimited web distribution

TAGS
#Bina Qurani #Boarding School #Islamic Boarding School #Islamic School
Login