Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Cara Membuat Google Form dari HP

Bina-Qurani-Cara-Membuat-Google-Form-dari-HP
Cara Membuat Google Form dari HP

Google form merupakan salah satu fitur yang diberikan oleh Google untuk dimanfaatkan sebagai layanan administrasi dan survei secara gratis. Fitur google form ini telah banyak digunakan di berbagai bidang, khususnya pendidikan semenjak terjadinya pandemi virus corona tahun 2019 atau Covid-19.

Selain digunakan di dunia pendidikan, layanan google form juga banyak digunakan sebagai platform untuk menyebarkan formulir kepada audiens terkait suatu topik tertentu. Kegiatan ini dilakukan untuk mendapatkan atau mengumpulkan informasi dari audiens secara luas.

Fitur google form yang diciptakan oleh google ini juga tampak seperti software yang dapat digunakan di hp maupun laptop sebagai alat untuk mengakumulasi dan mengakurasi informasi dari para pengguna. Selain itu, ada banyak manfaat juga yang diberikan oleh google form kepada para penggunanya, baik untuk kegiatan yang berkaitan dengan dunia pendidikan, kegiatan bisnis ataupun kegiatan-kegiatan yang semisalnya.

Bina-Qurani-Cara-Membuat-Google-Form-dari-HP

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Cara Membuat Google Form dari HP, Source: Photo by Google Image

Berikut ini beberapa manfaat dari fitur google form yang secara umum telah dirasakan oleh para penggunanya:

  • Bermanfaat untuk membuat formulir kuesioner.
  • Mengumpulkan data dan informasi dari pengguna atau audience.
  • Merapikan data bisnis yang telah masuk dengan cepat dan mudah.
  • Menganalisa respon audiens yang didapatkan dari hasil pengisian formulir.
  • Bermanfaat untuk melakukan proses editing secara efisien dari formulir yang telah diisi.

Itulah di antara manfaat yang diberikan oleh google melalui layanan formulirnya ini yang disebut dengan google form. Lantas, bagaimana cara membuat google form? Apakah bisa memuat google form dari hp? Simak jawaban lengkapnya pada penjelasan di bawah ini.

Bina-Qurani-Cara-Membuat-Google-Form-dari-HP

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Cara Membuat Google Form dari HP, Source: Photo by Google Image

Cara Membuat Google Form dari HP dengan Mudah dan Cepat

Fitur google form dapat dimanfaatkan oleh siapa saja dengan menggunakan hp maupun laptop. Cara membuat google form dari hp pun cukup mudah dan cepat, selama hp yang kita pegang memiliki akses internet dan akun google.

Berikut ini beberapa langkah atau cara membuat google form dari hp dengan mudah dan cepat:

1. Buka Aplikasi Browser

Langkah pertama untuk membuat google form yaitu dengan membuka aplikasi browser. Anda bisa menggunakan google chrome atau browser yang lainnya. Namun untuk mempercepat prosesnya, kami sarankan untuk menggunakan aplikasi browser google chrome.

2. Buka Alamat Google Form

Setelah membuka aplikasi google chrome, masukkan kata kunci google form di kolom pencarian. Kemudian pilih “Google Forms: Online Form Creator | Google Workspace”.

3. Pilih Try Forms for Work

Setelah masuk ke page google form, bagi Anda yang belum mendaftar google form akan diarahkan untuk mendaftar terlebih dahulu. Langkahnya yaitu dengan memiliki tombol berwarna biru bertuliskan Try Forms for Work atau Coba Form.

4. Isi Formulir yang Diminta

Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi formulir, isi formulir tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda. Mulai dari nama bisnis atau perusahaan, jumlah karyawan atau pengguna, dan negara asal.

5. Masukkan Nama dan Email

Kemudian di halaman berikutnya Anda diminta untuk memasukkan nama dan email untuk registrasi. Masukan nama dan email aktif yang Anda gunakan.

6. Isi Judul dan Deskripsi

Setelah selesai melakukan registrasi atau pendaftaran, Anda akan diarahkan ke halaman form. Selanjutnya Anda dapat mengisi nama judul formulir tersebut dan deskripsi dari formulir yang akan Anda buat.

7. Masukkan Pertanyaan dan Pilih Jenis Jawabannya

Setelah mengisi nama judul dan deskripsi, selanjutnya Anda bisa langsung menuliskan pertanyaan yang ingin Anda ajukan kepada audiens atau peserta didik apabila Anda bekerja dibidang pendidikan seperti guru dan semisalnya. Kemudian pilih jenis jawaban yang diinginkan, bisa menggunakan jawaban singkat, paragraf, pilihan ganda, kotak centang, drop down, upload file, dan yang semisalnya yang telah disedikan oleh google form.

8. Simpan Form

Setelah form selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah menyimpan formulir tersebut. Caranya yaitu dengan menekan titik tiga di bagian atas kanan, kemudian pilih pindahkan ke folder, dan buat folder baru dengan nama yang diinnginkan.

Itulah beberapa langkah dan cara untuk membuat google forms menggunakan hp Android. Semoga tulisan mengenai cara membuat google form dari HP ini dapat bermanfaat.

Thumbnail Source: Photo by Google Image

Artikel Terkait:
Cara Mudah Download Video di Youtube

TAGS
#Belajar Website Pemula #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login