Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Cara Menabung yang Efektif

Bina-Qurani-Cara-Menabung-yang-Efektif
Cara Menabung yang Efektif

Menabung merupakan salah satu cara pengelolaan keuangan yang bertujuan untuk menyiapkan dana cadangan di masa depan. Dengan menabung, Anda memiliki jaminan kestabilan keuangan apabila mengalami hal-hal yang tidak diharapkan di kemudian hari. Menabung juga dapat membantu Anda untuk mengetahui skala prioritas dalam pengelolaan keuangan keluarga.

Aktivitas menabung memiliki peran penting dalam mengatur alur keuangan, terutama bagi seseorang yang baru saja mendapatkan pekerjaan dan menerima penghasilan. Menabung tidak hanya tentang berapa banyak nominal uang yang disisihkan. Akan tetapi, menabung merupakan usaha membentuk kebiasaan baik yang terus menerus.

Kunci kesuksesan seseorang dalam menabung adalah konsistensi. Sebab, menabung bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang, meskipun mereka telah mengetahui banyak manfaatnya untuk masa yang akan datang. Oleh karena itu paksakan dan biasakan untuk menabung meskipun dengan nominal yang kecil, asalkan konsisten dan bertumbuh.

Jika Anda seorang pemula dalam urusan menabung, ada baiknya Anda belajar dari para pakar tentang cara menabung yang efektif. Menurut beberapa pakar keuangan terdapat beberapa cara menabung yang efektif yang sangat cocok dipraktikan oleh siapa saja yang ingin menabung meskipun dia adalah seorang pemula dalam aktivitas ini.

Berikut kami uraikan beberapa cara menabung yang efektif menurut pakar keuangan. Simak tulisan di bawah ini dengan seksama!

Bina-Qurani-Cara-Menabung-yang-Efektif

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Cara Menabung yang Efektif, Source: Photo by Karolina G Pexels

Cara Menabung yang Efektif Menurut Pakar Keuangan

Berikut ini adalah cara menabung yang efektif, baik, dan benar, yang bersumber dari beberapa pakar keuangan berdasarkan website Go Banking:

1. Menetapkan Tujuan Menabung

Sebelum memulai untuk menabung, langkah pertama yang perlu dimantapkan adalah menetapkan tujuan Anda menabung.

Menurut Ligwina, menyisihkan uang tanpa tujuan adalah hal yang mudah dilakukan. Jangan hanya menyisihkan uang saja, namun juga tentukan tujuan yang ingin Anda capai dari aktivitas menabung tersebut. Tetapkan tujuan Anda mulai dari hal-hal yang Anda sukai, baik itu untuk pergi travelling, ibadah haji, untuk belanja sesuatu, atau hal-hal yang lainnya.

Dengan menetapkan tujuan menabung, Anda tentu akan lebih semangat dan termotivasi untuk menyisihkan uang pendapatan Anda. Selain itu, Anda juga memiliki tujuan yang jelas dan terarah dari aktivitas yang Anda lakukan secara konsisten tersebut.

2. Menabung dengan Sistem Auto Debit ke Rekening Tabungan

Salah satu cara menabung yang efektif adalah menabung dengan sistem auto debit dari rekening pendapatan ke rekening tabungan.

Menurut Farnoosh T, seorang penulis dan pakar keuangan, dia menunjukkan bahwa menabung dengan transfer otomatis atau auto debit adalah cara menabung yang efektif. Farnoosh memberikan rekomendasi, setidaknya 10% dari gaji yang Anda dapatkan sebaiknya ditransfer secara otomatis ke rekening tabungan.

Dengan demikian, Anda tidak akan memiliki alasan untuk tidak menabung. Hal ini juga dapat menahan diri Anda untuk mengindari agar tidak tergoda untuk membelanjakan pendapatan sebelum dimasukkan ke dalam tabungan.

Tetapkan jumlah transfer dan tanggal transfer secara konsisten agar gaji Anda dapat langsung dialihkan ke rekening tabungan. Dengan menerapkan cara ini, Anda telah belajar untuk disiplin menabng dengan cara yang efektif.

Bina-Qurani-Cara-Menabung-yang-Efektif

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Cara Menabung yang Efektif, Source: Photo by Miguel Pexels

3. Memulai Menabung dari Jumlah yang Kecil

Cara efektif berikutnya adalah memulai menabung dengan jumlah yang kecil terlebih dahulu.

Menurut Clark H, menabung sebaiknya dimulai dengan jumlah yang kecil terlebih dahulu namun rutin dilakukan. Tidak banyak orang yang bisa menabung dalam jumlah yang besar, oleh karena itu mulailah dari nominal yang paling kecil.

Jika Anda belum terbiasa dengan alokasi tabungan 20% dari gaji, maka mulailah dengan alokasi 20% dari gaji. Kemudian pastikan presentasinya selalu naik setiap bulannya, hingga mencapai presentasi 20% dari gaji.

4. Mengumpulkan dan Menyimpan Uang Kembalian

Cara efektif menabung yang lain adalah dengan mengumpulkan dan menyimpan uang kembalian dari transaksi jual beli yang Anda lakukan.

Menurut Ric Edleman, seorang ketua dan CEO Edelman Financial Service, memberikan trik khusus agar bisa menabung secara efektif. Menurut Ric R, mengumpulkan uang kembalian berbentuk recehan dapat digunakan untuk belanja barang dengan nilai yang lebih besar.

Thumbnail Source: Photo by Pixabay Pexels

Artikel Terkait:
Jenis-jenis Bisnis Ritel

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Jaringan #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login