Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Cara Menanggulangi Kecanduan Gadget Pada Anak

Cara-Menanggulangi-Kecanduan-Gadget-Pada-Anak
Cara Menanggulangi Kecanduan Gadget Pada Anak

Kemajuan teknologi dimasa sekarang telah membawa banyak manfaat dan kemudahan dalam kehidupan manusia. Namun disisi lain kemajuan teknologi juga bisa memberi dampak negatif, seperti kecanduan gadget misalnya. Mirisnya kondisi ini sering terjadi pada anak-anak. Oleh karena itu, orang tua perlu tau cara menanggulangi kecanduan gadget pada anak.

Kecanduan gadget dapat mengalihkan anak dari dunia nyata, karena mereka terlalu sibuk dengan dunia maya. Dan hal ini tidak boleh dianggap sepele, pasalnya penggunaan gadget secara berlebihan akan berdampak buruk pada Kesehatan fisik dan mentalnya.

Gejala gangguan fisik tersebut meliputi susah tidur, peningkatan atau penurunan berat badan, ganguan penglihatan, sakit kepala dan masih banyak lagi.

Cara-Menanggulangi-Kecanduan-Gadget-Pada-Anak

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Cara Menanggulangi Kecanduan Gadget Pada Anak, Source: Photo by Anthony S Pexels

Empat Cara Menanggulangi Kecanduan Gadget Pada Anak

Secara psikologis, anak yang kecanduan gadget juga akan berdampak pada kesehatan mentalnya seperti sering merasa cemas, kurang percaya diri, merasa kesepian dan lain sebagainya.

Itulah sebabnya upaya pencegahan atau penanggulangan terkait masalah ini sangat diperlukan. Berikut beberapa cara menanggulangi kecanduan gadget pada anak:

1. Batasi Penggunaan Gadget

Tidak bisa dipungkiri bahwa di era modern seperti saat ini, gadget memiliki banyak manfaat. Namun sebagai orang tua hendaknya senantiasa memberikan pengawasan serta pembatasan kepada anak dalam menggunakan gadget.

Pengawasan dalam penggunaan gadget pada anak bisa dilakukan dengan membatasi waktu penggunaanya. Dan diharapkan orang tua bisa bersikap tegas terkait hal ini, yakni anak boleh bermain gadget hanya pada waktu-waktu yang telah ditentukan.

Orang tua pun bisa mendampingi anak ketika bermain gadget. Agar anak tidak menyalahgunakan gadget dalam hal yang kurang baik.

Terkait dengan cara menanggulangi kecanduan gadget pada anak yang satu ini, hendaknya hindari meletakkan gadget sembarangan. Setelah anak bermain gadget, simpanlah gadget di tempat yang tidak diketahui oleh anak, sehingga anak tidak bisa mengambil dan memainkannya lagi tanpa seizin orang tua.

2. Buat Kegiatan atau Permainan Alternatif untuk Anak

Cara menanggulangi kecanduan gadget pada anak selanjutnya bisa dilakukan dengan membuat kegiatan atau permainan alternatif sehingga fikiran anak akan teralihkan dari gadget. Orang tua bisa mengajak anak untuk bersepeda, lari pagi, jalan-jalan ke taman, memasak bersama, berkebun di pekarangan rumah dan lain semisalnya.

Orang tua juga bisa mengundang anak-anak dilingkungan sekitarnya untuk berkunjung ke rumah dan arahkan untuk bermain bersama. Carilah jenis permainan yang menarik dan edukatif yang membuat anak tertarik.

Hal lain yang bisa dilakukan yakni dengan menyibukkan anak dengan kegiatan yang bermanfaat. Orang tua bisa memasukkan anak ke tempat kursus, seperti kursus sepak bola, badminton, renang dan hal lainnya sesuai minat dan bakat anak.

Cara-Menanggulangi-Kecanduan-Gadget-Pada-Anak

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Cara Menanggulangi Kecanduan Gadget Pada Anak, Source: Photo by Ekaterina B Pexels

3. Jadi Contoh yang Baik

Anak akan meniru dan belajar dari lingkungan sekitarnya. Jika orang tua sering bermain gadget didepan anaknya, maka anak pun biasanya akan mengikuti hal itu.

Jadi mulai sekarang usahakan untuk tidak terlalu sering menggunakan gadget saat sedang bersama sang anak. Jangan sampai orang tua melarang atau membatasi anak dalam bermain gadget, tetapi setiap kali bersama anak orang tua tidak mau lepas dari gadgetnya.

Jika orang tua dapat menjadi contoh yang baik dalam memakai gadget, maka niscaya anak akan lebih mudah diarahkan untuk tidak berlebihan dalam menggunakan gadget.

4. Beritahu Anak Bahaya Terlalu Lama Menggunakan Gadget

Sedikit demi sedikit jelaskan pada anak dengan bahasa yang dapat dipahami oleh mereka, tentang bahaya terlalu lama menggunakan gadget. Dalam memberitahu anak usahakan tidak dengan bahasa memarahi atau dengan nada tinggi, sehingga membuat anak terkadang merasa enggan untuk mendengarkan.

Tunjukan hal negatif atau bahaya yang tampak nyata dan dapat dimengerti oleh anak. Seperti bermain gadget terlalu lama akan membuat kerusakan pada mata dan semisalnya.

Jika nasihat dan pemberitahuan terkait bahaya menggunakan gadget dilakukan dengan perlahan namun secara terus-menerus niscaya anak akan mulai memahami dan mau mengikuti arahan orang tua.

Demikan beberapa cara menanggulangi kecanduan gadget pada anak. Dan jika hal atau cara-cara tersebut dapat dilakukan dengan baik, maka perlahan anak akan mulai tidak kecanduan gadget.

Thumbnail Source: Photo by Ekaterina B Pexels

Artikel Terkait:
Aplikasi Android untuk Mengontrol Smartphone Anak

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Alquran 30 Juz #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam #Sekolah Tahfiz
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login