Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Cara Menghafal Alquran Dengan Cepat dan Tidak Mudah Lupa

Bina-Qurani-Cara-Menghafal-Alquran-Dengan-Cepat-dan-Tidak-Mudah-Lupa
Cara Menghafal Alquran Dengan Cepat dan Tidak Mudah Lupa

Sebagai seorang muslim, kita semua tentu telah mengetahui bahwa Alquran adalah firman Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā yang diturunkan sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi seluruh manusia.

Dalam kehidupan sehari-hari, membaca Alquran tentu sudah menjadi ibadah rutin yang dilakukan oleh kita sebagai seorang muslim. Namun, selain membaca Alquran, sudahkah kita berusaha untuk menghafalnya?

Menghafal Alquran bukanlah hal yang mudah, namun jika dilakukan dengan sungguh-sungguh dan ikhlas dalam melakukannya tentu hal tersebut akan menjadi mudah.

Meski menghafal Alquran bukanlah hal yang mudah, namun pada kesempatan kali ini, kami akan sedikit membahas mengenai beberapa poin terkait cara menghafal Alquran dengan cepat dan tidak mudah lupa. Di antara poin-poin yang akan kita bahas pada kesempatan ini adalah sebagai berikut:

  • Pengertian Alquran.
  • Beberapa cara menghafal Alquran dengan cepat dan tidak mudah lupa.
  • Keutamaan menghafal Alquran.

Tak perlu berlama-lama, yuk kita simak!

Bina-Qurani-Cara-Menghafal-Alquran-Dengan-Cepat-dan-Tidak-Mudah-Lupa

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Cara Menghafal Alquran Dengan Cepat dan Tidak Mudah Lupa, Source: Photo From Wizdan Zacky Fauzan Unsplash

Pengertian Alquran

Alquran secara bahasa memiliki dua makna. Makna yang pertama yaitu, Alquran adalah sesuatu yang dibaca, karena Alquran dibaca oleh lisan-lisan manusia. Makna yang kedua, Alquran adalah pengumpul karena di dalam Alquran 30 juz dikumpulkan kabar dan hukum yang datang dari Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā.

Sedangkan pengertian Alquran secara istilah syar’i adalah Firman Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā yang diturunkan kepada penutup para Nabi yaitu, Rasulullah Muhammad Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam yang diawali dengan surat Al-Faatihah dan ditutup dengan surat An-Naas.

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman:

الر كِتَابٌ أُحْكِمَتْ آيَاتُهُ ثُمَّ فُصِّلَتْ مِنْ لَدُنْ حَكِيمٍ خَبِيرٍ

“Alif laam raa, inilah suatu kitab yang ayat-ayatnya disusun dengan rapi serta dijelaskan secara terperinci, yang diturunkan dari sisi Allah Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui.” (QS. Hud [11]: 1)

Imam Al-Muzani berkata, “Alquran adalah kalamullah (firman Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā), berasal dari sisi Allah, dan Alquran bukanlah makhluk yang akan binasa.”

Menurut Ibnu Taimiyyah Raḥimahullāh, Alquran adalah obat yang mujarab untuk hati yang terkena syubhat (racun pemikiran) dan syahwat (nafsu jelek untuk bermaksiat). Di dalam Alquran terdapat penjelas, di mana kebatilan dienyahkan oleh kebenaran. Penyakit syubhat yang merusak bisa enyah karena adanya ilmu dan keinginan yang baik, di mana hakikat sesuatu begitu jelas karenanya.

Bina-Qurani-Cara-Menghafal-Alquran-Dengan-Cepat-dan-Tidak-Mudah-Lupa

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Cara Menghafal Alquran Dengan Cepat dan Tidak Mudah Lupa, Source: Photo From Mehmet Subasi Unsplash

Beberapa Cara Menghafal Alquran Dengan Cepat dan Tidak Mudah Lupa

Meskipun menghafalkan Alquran bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang, namun ketika dilakukan dengan sungguh-sungguh dan dengan tekad yang kuat niscaya hal tersebut akan menjadi mudah.

Berikut ini adalah beberapa tips cara menghafal Alquran dengan cepat dan tidak mudah lupa:

1. Ikhlas Karena Allah

Hal paling penting penting yang harus dilakukan seorang penghafal Alquran adalah meluruskan niat karena Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā semata.

Jangan pernah menjadikan tujuan menghafal Alquran hanya untuk meraih kedudukan di tengah-tengah manusia, meraih keuntungan dunia, mendapatkan pujian dan hal-hal yang bersifat keduniaan lainnya.

Namun, ikhlaslah dalam menghafal Alquran. Karena amal shalih sebebesar apapun jika niat dan motivasinya bukan karena Allah, pasti akan sia-sia dan tertolak.

Umar bin Al-Khatthab Raḍiallāhu ‘Anhu meriwayatkan hadis, bahwa Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى

“Sesungguhnya amalan itu bergantung pada niatnya, dan setiap orang akan memperoleh apa yang diniatkannya.” (HR. Bukhari)

2. Menjauhkan Diri Dari Perbuatan Dosa

Selain mengikhlaskan niat hanya karena Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā, seorang penghafal Alquran juga harus menjauhkan diri dari perbuatan dosa. Karena perbuatan dosa dan maksiat merupakan penghalang seseorang untuk menghafal Alquran.

Oleh karenanya, seorang penghafal Alquran harus menjauhi segala bentuk maksiat seperti mendengarkan musik, menjauhi pacaran dan segala bentuk maksiat yang lainnya.

Bina-Qurani-Cara-Menghafal-Alquran-Dengan-Cepat-dan-Tidak-Mudah-Lupa

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Cara Menghafal Alquran Dengan Cepat dan Tidak Mudah Lupa, Source: Photo From Masjid Pogung Dalangan Unsplash

3. Memulai Menghafal dan Perbanyak Mengulang

Salah satu cara menghafal Alquran dengan cepat dan tidak mudah lupa, setelah kita mengikhlaskan niat karena Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā, dan menjaga diri dari segala perbuatan maksiat adalah memulai menghafal.

Mulailah menghafal Alquran dengan membaca dan perbanyak mengulang ayat demi ayat. Jika satu halaman telah dihafal maka diulang lagi sebanyak 20 sampai 30 kali hingga benar-benar hafal.

4. Menetapkan Target Hafalan

Hal selanjutnya terkait cara menghafal Alquran dengan cepat dan tidak mudah lupa adalah, menetapkan target hafalan setiap harinya.

Misalnya, seorang penghafal Alquran mempunyai target dalam satu hari menghafalkan satu halaman mushaf. Maka hal itu harus menjadi patokan dan pendorong agar dalam sehari dapat menghafal satu halaman mushaf.

Selain itu, hafalan yang sudah dimiliki harus terus diulang.

5. Menghafal dari Juz 30

Cara menghafal Alquran dengan cepat dan tidak mudah lupa yang paling efektif adalah dengan menghafal dimulai dari Juz 30 atau dimulai dari mushaf bagian belakang hingga depan. Dengan menghafal dari belakang, tentu akan memudahkan kita dalam menghafal Alquran karena ayat-ayat yang pendek dan mudah dingat.

6. Memilih Waktu

Memilih waktu untuk menghafal, merupakan salah satu cara menghafal Alquran dengan cepat dan tidak mudah lupa. Seorang penghafal Alquran juga perlu mengatur waktu, baik untuk menghafal atau menambah hafalan maupun untuk mengulang hafalan.

Pilihlah waktu terbaik untuk menghafal Alquran. Misalnya seorang penghafal Alquran menetapkan waktu untuk menghafal di waktu subuh dan untuk mengulang hafalannya di malam hari sebelum tidur.

Atau bisa juga mengulang hafalan di antara waktu azan dan iqamah atau sebelum serta sesudah shalat lima waktu.

Bina-Qurani-Cara-Menghafal-Alquran-Dengan-Cepat-dan-Tidak-Mudah-Lupa

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Cara Menghafal Alquran Dengan Cepat dan Tidak Mudah Lupa, Source: Photo From Masjid Pogung Dalangan Unsplash

7. Gunakan Mushaf Khusus

Cara menghafal Alquran dengan cepat dan tidak mudah lupa yang berikutnya adalah dengan menghafal Alquran menggunakan mushaf khusus dan tidak berganti-ganti mushaf.

Jika seorang penghafal Alquran sering berganti mushaf, tentunya akan menyulitkan dalam proses menghafalnya, Maka pilihlah satu mushaf standar, khusus untuk hafalan.

8. Setorkan Hafalan

Setelah selesai menghafal atau menambah hafalan, jangan lupa untuk menyetorkan hafalan harian kepada guru atau kepada teman. Dengan begitu akan ada yang mengoreksi jika bacaan kita salah atau kurang tepat.

9. Berdoa

Hal terakhir yang merupakan cara menghafal Alquran dengan cepat dan tidak mudah lupa adalah senantiasa berdoa kepada Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā baik sebelum, ketika, dan sesudah menghafal Alquran, agar diberikan kemudahan dalam menghafal Alquran.

Keutamaan Menghafal Alquran

Agar kita lebih bersungguh-sungguh dalam menghafal Alquran, tentu kita juga perlu mengetahui keutamaan menghafal Alquran. Dengan mengetahui keutamaan menghafal Alquran, diharapkan menjadi dorongan dan motivasi untuk terus menghafal Alquran dikala futur melanda.

Berikut ini beberapa keutamaan menghafal Alquran:

1. Mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat

Seorang muslim yang menghafalkan Alquran akan mendapatkan syafaat di hari kiamat kelak.

Abu Umamah Al Bahiliy Raḍiallāhu ‘Anhu meriwayatkan hadis bahwa Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda,

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ

“Bacalah Alquran karena Alquran akan datang pada hari kiamat nanti sebagai pemberi syafaat bagi yang membacanya.” (HR. Muslim)

Bina-Qurani-Cara-Menghafal-Alquran-Dengan-Cepat-dan-Tidak-Mudah-Lupa

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Cara Menghafal Alquran Dengan Cepat dan Tidak Mudah Lupa, Source: Photo From Bagas Rais R Unsplash

2. Ditinggikan Derajatnya

Menghafal Alquran merupakan salah satu ibadah yang akan meninggikan derajat kemuliaan seorang muslim. Bagi para penghafal Alquran, di akhirat kelak hafalannya tersebut akan menolong dirinya untuk menggapai derajat yang mulia.

Abdullah bin Amr Raḍiallāhu ‘Anhu meriwayatkan hadis bahwa Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda,

يُقَالُ لِصَاحِبِ الْقُرْآنِ اقْرَأْ وَارْتَقِ وَرَتِّلْ كَمَا كُنْتَ تُرَتِّلُ فِى الدُّنْيَا فَإِنَّ مَنْزِلَكَ عِنْدَ آخِرِ آيَةٍ تَقْرَؤُهَا

“Dikatakan kepada orang yang membaca (menghafalkan) Alquran nanti: ‘Bacalah dan naiklah serta tartillah sebagaimana engkau di dunia mentartilnya. Karena kedudukanmu adalah pada akhir ayat yang engkau baca (hafal)’.” (HR. Abu Daud)

Sungguh mulia kedudukan seorang penghafal Alquran.

Demikianlah beberapa tips tentang cara menghafal Alquran dengan cepat dan tidak mudah lupa yang dapat kita praktikan. Semoga Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā memberikan kemudahan kita dalam menghafal Alquran.

Thumbnail Source: Photo From Masjid Pogung Dalangan Unsplash

Artikel Terkait:
Membentuk Generasi Qurani

TAGS
#Al Baqarah #Al Hujurat Ayat 13 #Al Isra yat 32 #Al Maidah Ayat 2 #Alquran adalah Cahaya #Ayat Kursi #Cara Menghafal Alquran #Keutamaan Membaca Alquran #Sekolah Islam Terbaik #Menghafal Alquran #Sekolah Tahfiz
Login