Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Cara Menjadi Penulis Bagi Pemula

Thumbnail-Bina-Qurani-Cara-Menjadi-Penulis-Pemula-Yang-Menghasilkan-Uang

Cara Menjadi Penulis Bagi Pemula – Menjadi penulis merupakan sebuah dambaan bagi sebagian kalangan, khususnya bagi para pelajar di tingkat sekolah menengah atas (SMA) maupun di tingkat perguruan tinggi bahkan kalangan umum. Menjadi penulis rupanya sebuah profesi yang saat ini sedang digandrungi oleh banyak orang, terlebih di masa-masa pandemi seperti saat ini.

Menulis memang bukanlah hal yang mudah dan tidak juga terlalu sulit, namun perlu adanya kesungguhan dan keseriusan agar bisa menjadi penulis yang profesional dan juga menghasilkan.

Sebagian pemula, banyak yang terjebak dalam kebingungan ketika ingin memulai karirnya menjadi penulis. Mereka tidak tahu, langkah apa saja yang harus diambil untuk menjadi penulis.

Kebingungan inilah yang menjadi motivasi bagi kami untuk menulis dan berbagi tips seputar cara menjadi penulis bagi pemula di masa pandemi agar dapat menghasilkan uang dan menambah pendapatan.

Nah berikut ini kami berikan tips-tips tentang cara menjadi penulis bagi pemula. Selanjutnya kami juga akan memberikan tips tentang cara mendaftar penulis online di berbagai situs, ditunggu ya.

Thumbnail-Bina-Qurani-Cara-Menjadi-Penulis-Pemula-Yang-Menghasilkan-Uang

Source: Photo By Tyler Franta Unsplash

8 Tahapan Cara Menjadi Penulis Bagi Pemula

1. Memperbanyak bacaan karya-karya penulis ternama

Tahap pertama terkait cara menjadi penulis bagi pemula adalah dengan memperbanyak bacaan dari karya-karya para penulis ternama. Banyak membaca karya penulis lain akan membantu kita untuk mendapatkan banyak pengetahuan.

Dengan membaca karya tulis dari para penulis ternama, dapat menambah wawasan kita tentang cara penulisan yang benar, mekanisme penulisan yang baik, seperti apa tulisan yang menarik, mengetahui kosa kata baru, serta dapat memunculkan inspirasi tentang ide-ide baru untuk ditulis.

2. Belajar membuat ide awal

Tahap kedua terkait cara menjadi penulis bagi pemula adalah dengan membuat ide tentang apa yang akan ditulis. Membuat ide awal ini merupakan tahapan yang paling utama, sebelum menginjak tahapan berikutnya.

Untuk memudahkan dalam pembuatan ide dan pengembangannya, buatlah alur cerita (story line) serta poin-poin tulisan yang akan ditulis.

Pengembangan ide cerita tidak harus bersifat orisinil, kita dapat menggunakan ide cerita yang sudah ada sebelumnya. Kita juga bisa mencari inspirasi dengan membaca tulisan-tulisan dari para penulis ternama yang sudah ada dan berhubungan dengan ide yang telah kita buat.

3. Memulai menulis dan memperbanyak tulisan

Tahap ketiga terkait cara menjadi penulis bagi pemula adalah dengan mulai menulis dan memperbanyak tulisan. Tuangkan seluruh ide dan gagasan yang sudah kita buat dalam bentuk tulisan.

Sedikit demi sedikit meski lelah menyapa teruslah untuk menulis. Jangan mudah puas dan dengan tulisan yang sudah dihasilkan, terus berusana untuk mengembangkan ide-ide dan gagasan yang kita miliki dan memperbanyak dengan tulisan-tulisan selanjutnya.

Thumbnail-Bina-Qurani-Cara-Menjadi-Penulis-Pemula-Yang-Menghasilkan-Uang

Source: Photo By Aaron Burden From Unsplash

4. Terus belajar untuk menjadi penulis profesional

Tahap keempat terkait cara menjadi penulis bagi pemula adalah dengan terus belajar supaya semakin banyak wawasan dan pengetahuan yang dimiliki. Dengan belajar seorang yang tadinya pemula akan terus berkembang hingga menjadi penulis yang profesional.

Setiap penulis wajib untuk terus belajar; Belajar terkait penulisan yang benar dan sesuai dengan kaidah EYD; Belajar mekanisme penulisan yang benar, yang menarik dan diminati; Belajar melihat trend yang ada di masyarakat, sehingga tulisan yang kita buat uptodate dan tidak ketinggalan jaman.

5. Menyimpan tulisan yang sudah ditulis

Langkah kelima terkait cara menjadi penulis bagi pemula adalah dengan menyimpan semua tulisan yang sudah dihasilkan pada suatu wadah. Dengan begitu akan terlihat progres dan perkembangan tulisan yang sudah kita buat.

Menyimpan tulisan dapat dilakukan di mana saja, bisa di buku tulis atau catatan, bisa juga di media digital seperti komputer, laptop, hardisk, flashdisk atau juga di blog. Disarankan untuk penyimpanan sebaiknya di simpan di wadah yang lebih pribadi sebelum tulisan kamu dipatenkan.

6. Meminta teman dan keluarga untuk membaca tulisan kita

Langkah selanjutnya terkait bagaimana cara menjadi penulis bagi pemula adalah dengan meminta tolong teman dan keluarga dekat untuk membaca hasil tulisan kita.

Ini adalah cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah tulisan kita bagus atau tidak, enak dibaca atau tidak. Selain itu jangan sungkan untuk meminta saran dan pendapat dari teman terkait hasil tulisan kita. Saran dan pendapat dari mereka sangat dibutuhkan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas tulisan kita.

Bina-Qurani-Cara-Menjadi-Penulis-Pemula-Yang-Menghasilkan-Uang

Source: Photo By Chuttersnap Unsplash

7. Memperbanyak Relasi

Langkah berikutnya tentang cara menjadi penulis bagi pemula adalah dengan memperbanyak relasi. Perbanyak relasi dari kalangan editor, komunitas belajar menulis dan juga penerbit. Semakin banyak relasi yang kita punya, kita akan semakin bersemangat untuk terus menulis dan menghasilkan karya.

Tidak hanya itu, dengan banyaknya relasi terutama relasi dari kalangan editor dan penerbit akan memberikan peluang yang besar bagi tulisan kita untuk diterbitkan dan diproduksi secara masal.

8. Jangan menyerah dan terus berusaha

Apabila tahapan-tahapan cara menjadi penulis bagi pemula sudah dilewati dengan baik, poin terakhir yang harus kita miliki adalah jangan pernah menyerah dan terus berusaha.

Banyaknya persaingan di dunia writing, jangan menjadikan kita patah arang lalu mundur teratur. Justru harus menjadi motivasi agar kita semakin kreatif dan inofatif untuk menghasilkan karya tulis yang diterima oleh masyarakat.

Demikian kiat-kiat dan tips-tips cara menjadi penulis bagi pemula. Semoga dapat memberikan manfaat dan menjadi motivasi untuk terus berkarya.

Intinya teruslah belajar dan banyak membaca agar wawasan dan pengetahuan semakin luas, sehingga akan lebih mudah dalam menciptakan karya tulis yang diterima masyarakat.

Thumbnail Source: Photo By Ba Barboza Unsplash

TAGS
#cara menjadi penulis profesional #cara menjadi penulis #cara menjadi youtuber #cara menjalin relasi #menjadi penulis #penulis berpenghasilan #penulis lepas di media online #tahapan menjadi penulis
Login